Sponsors Link

Keunikan Hutan Hujan Tropis Pesisir dan Laut Indonesia

Sponsors Link

Indonesia merupakan negara kepulauan yang memiliki banyak pantai dan laut. Pantai dan laut di Indonesia menyimpan berbagai keanekaragaman hayati dan flora dan fauna yang dilindungi. Kita tentu mengetahui bahwa pesisir pantai tersebut banyak dimanfaatkan untuk pariwisata ataupun pertambangan. Selain itu daerah bibir pantai juga memiliki keanekaragaman flora yang membentuk hutan hujan tropis.

Sponsors Link

Ciri ciri hutan hujan tropis sendiri terletak di wilayah Asia Selatan dan Asia Tenggara, Australia bagian Utara, Afrika, Kepulauan Pasifik, Amerika Tengah dan sebagian Amerika Selatan. Wilayah Indonesia menjadi salah satu wilayah yang menjadi tempat hutan hujan tropis tersebut. Hutan hujan tropis ini berada di wilayah dengan curah hujan 2.000-11.000 mm pertahun, dengan rata-rata suhunya 25 derajat celcius.

Berikut adalah penjelasan mengenai keunikan hutan hujan tropis pesisir dan laut Indonesia :

  1. Hutan hujan tropis yang ada di Indonesia unik karena keanekaragaman spesies flora fauna yang terdapat di dalamnya. Jumlah spesies pohon yang ada di daerah hutan hujan tropis lebih banyak daripada spesies pohon di daerah lainnya. Seperti salah satu jenis jenis hutan di Kalimantan memiliki lebih dari 40.000 spesies tumbuhan yang merupakan hutan terbanyak spesiesnya di dunia.
  2. Hutan hujan tropis di pesisir laut Indonesia merupakan hutan hujan tropis yang berada di lapisan atmosfer dengan ketinggian rendah yaitu zona 1 yang merupakan hutan hujan bawah karena letaknya di daerah dengan ketinggian 0 – 1.000 m dari permukaan lain. Zona hutan hujan bawah berada di Sumatra, Kalimantan, Jawa, Nusa Tenggara, Irian, Sulawesi, dan Maluku. Spesies pohon yang terdapat di sana banyak yang dari family Dipterocarpaceae. Selain itu hutan hujan bawah di Jawa dan Nusa Tenggara memiliki pohon dari genus Altingia, Bischofia, Castanopsis, Ficus, dan Gossampinus, serta family Leguminosae. Sedangkan yang ada di Sulawesi, Maluku dan Papua merupakan hutan dengan spesies pohon Plaquium spp, Pometia pinnata, Intsia spp, Diospyros spp, Koordesiodendron pinnatum, dan Canarium spp.
  3. Jadi keunikan hutan hujan tropis pesisir di Indonesia terletak pada kekayaan spesies yang ada di Indonesia sehingga kita harus memiliki cara mejaga kelestarian hutan. Jenis pohon yang ada di hutan hujan tropis Indonesia tergolong lebih banyak daripada hutan hujan tropis di beberapa negara lainnya. Memang salah satu ciri dari hutan hujan tropis sendiri adalah vegetasi yang beraneka jenis. Di Indonesia sendiri pohonnya bisa mencapai 50 meter dengan daun yang berwarna hijau sepanjang tahun.

Berikut adalah beberapa Keunikan Hutan Hujan Tropis Pesisir dan Laut Indonesia yang wajib anda ketahui dengan berbagai keunikan keanekaragaman hayati di duni yang harus di lestarikan dan dijaga kelestariannya.

Sponsors Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, ,
Post Date: Thursday 03rd, December 2015 / 03:22 Oleh :
Kategori : Hutan