4 Contoh Flora di Hutan Musim dan Persebarannya

Tumbuhan merupakan salah satu jenis makhluk hidup yang bisa dikatakan sangat banyak persebarannya. Ada banyak sekali jenis tumbuhan yang mendiami setiap muka planet bumi. Bahkan tak sedikit dari tumbuhan-tumbuhan tersebut yang membantu dalam pembentukan relief permukaan bumi.Setiap tumbuhan tersebut memiliki keunikan dan karakteristik yang dapat menyesuaikan dengan lingkungan dimana tumbuhan itu berada.

Karakteristik tersebut bisa dikatakan merupakan salah satu jenis ciri yang melekat dari suatu tumbuhan.Tak sedikit juga dari karakteristik tumbuhan yang terpengaruh karena kondisi dari lingkungan sekitar dan juga menjadi ciri khas dari suatu lokasi. Tumbuhan bisa dikatakan merupakan salah satu faktor utama dan penyokong utama dari suatu lingkungan daerah tertentu.

Ketika tumbuhan tersebut mendiami suatu wilayah makan akan terbentuk sebuah vegetasi yang cukup kompleks. Vegetasi pada suatu wilayah dapat digunakan untuk mengkategorikan sifat dan karakteristik daerah tersebut.

Biasanya hal tersebut banyak sekali kita temukan dan kita dapati pada daerah hutan atau beberapa jenis bioma yang ada di bumi. Setiap bioma atau hutan pastinya akan memiliki tumbuhan yang selalu menjadi ciri khas dari kawasan tersebut

Kali ini kita akan membahas mengenai beberapa jenis flora yang yang menjadi ciri khas suatu kawasan hutan. Kita akan membahas mengenai  beberapa contoh flora di Hutan musim yang sering dapat kita temukan. Hutan musim merupakan salah satu jenis hutan yang bisa dikatakan memiliki ciri khas flora yang cukup berbeda, seperti

Hutan musim sendiri merupakan sebuah kawasan hutan yang banyak ditemukan di kawasan muson tropis. Kawasan tersebut merupakan sebuah kawasan yang memiliki perbedaan jelas antara musim hujan dengan musim kemarau. Kondisi tersebut kemudian juga sangat mempengaruhi jenis-jenis flora yang terkandung di dalamnya. Beberapa contoh flora hutan musim yang bisa kita ketahui seperti

1. Jati

Hutan musim merupakan salah satu jenis hutan yang biasanaya terdiri dari hutan homogen. Hutan jenis ini hanya di dominasi oleh satu jenis tumbuhan saja. Jati merupakan salah satu jenis flora yang banyak sekali ditemukan pada setiap hutan musim. Secara umum bisanya jati banyak ditemukan pada kawasan hutan musim di daerah kering.

Jati atau sering disebut juga dengan nama ilmiah Tectona grandis merupakan salah satu tumbuhan yang memiliki nilai ekonomis yang cukup tinggi. Jika mengacu pada persebaran hutan musim di Indonesia, maka Jati ada banyak sekali ditemukan pada kawasan Pulau Jawa. Tumbuhan yang satu ini memiliki ciri khusus yaitu sering menggugurkan daunnya ketika sedang musim kemarau, untuk kemudian akan menumbuhkannya lagi ketika musim penghujan tiba.

2. Pinus

Pinus atau tusam merupakan salah satu jenis contoh flora di Hutan musim yang bisa kita temukan. Pinus sendiri merupakan salah satu jenis tumbuhan yang masuk ke dalam jenis tumbuhan berumah satu. tumbuhan berumah satu sendiri merupakan jenis tumbuhan yang memiliki organ reproduksi dalam satu tumbuhan. Namun, kedua organ reproduksi tersebut terpisah satu sama lain. Penyebutan pinus di Indonesia sendiri kebanyakan ditujukan untuk tusam sumatra atau yang biasa di sebut Pinus merkusii.

3. Cemara

Bagi beberapa orang mungkin agak susah untuk membedakan antara pohon tusam dan juga pohon cemara. Namun, pada dasarnya kedua jenis pohon tersebut sangat berbeda jauh. Memang secara sekilas kedua jenis pohon ini lumayan mirip pada bentuk tajuk dan daunnya. Namun, jika kita perhatikan dengan seksama perbedaan itu akan sangat terlihat jelas. Pohon cemara sendiri  bukanlah jenis pohon yang masuk kedalam jenis gymnospermae, berbeda dengan jenis pohon Tusam atau Pinus. Pohon cemara sendiri disebut juga sebagai jenis pohon evergreen atau pohon yang selalu hijau. Meskipun pergantian musim selalu terjadi, namun pohon yang satu ini akan selalu terlihat hijau sepanjang tahun.

4. Eukaliptus

Eukaliptus atau ada juga yang menyebutnya dengan nama ekaliptus, kemudian ada juga yang menyebutnya dengan ampupu. Pohon yang satu ini merupakan salah satu jenis pohon hutan musim yang ada pada daerah bawah. Hutan musim yang masuk ke dalam daerah bawah ini adalah jenis hutan musim yang berada pada ketinggian 0 sampai 1.000 mdpl.

Pohon ekaliptus sendiri bisa dikatakan bukan lah jenis pohon yang asli dari kawasan indonesia. Meskipun telah mengalami proses adaptasi, namun pohon yang satu ini lebih banyak ditemukan pada kawasan australia. Sedangkan pada kawasan indonesia pohon jenis ini banyak sekali ditemukan pada kawasan indonesia tengah dan juga kawasan indonesia timur.

Hutan musim bisa dikatakan merupakan salah satu jenis hutan yang sangat unik dan menarik. Hutan yang satu ini akan menunjukan ciri khas yang berbeda-beda sesuai dengan kondisi perubahan lingkungannya. Perubahan ini memang lebih banyak ditunjukkan dengan keberadaan berbagai macam jenis flora yang terkandung di dalamnya.

Itulah tadi beberapa contoh flora di hutan musim yang biasa kita temui. Tumbuhan tersebut merupakan jenis tumbuhan yang selalu kita temukan di dalam area hutan musim.Kondisi dari tumbuhan itu sendiri juga sangat terpengaruh oleh kondisi dari lingkungan sekitarnya. Semoga informasi tadi bermanfaat.

, , , , ,
Oleh :
Kategori : Hutan