Tidak Hanya Pantai, 5 Gunung di Bali Ini Bisa Jadi Pilihan Destinasi

Pulau Bali menjadi salah satu pulau yang paling terkenal akan keindahan alamnya. Tidak heran jika Bali selalu ramai didatangi oleh para wisatawan asing setiap tahunnya dari berbagai negara di seluruh dunia untuk menikmati salah satu panorama alamnya yaitu pantai. Kenampakan alam Bali tidak hanya sekedar pantai saja, namun juga bisa ditemukan di wilayah dataran tinggi seperti gunung dan pegunungan. Dan saat ini beberapa daerah di Bali juga sudah memanfaatkan potensi alam yang berada di dataran tinggi sebagai salah satu objek wisata selain pantai.

Berbicara mengenai gunung, memang jumlah gunung yang terdapat di pulau Bali tidak sebanyak yang ada di pulau Jawa dan Sumatra. Bagi pecinta alam, gunung yang terdapat di Bali memiliki tantangan serta ciri khas tersendiri yang mungkin tidak dapat ditemukan di gunung – gunung lain di Indonesia. Maka setiap tahunnya banyak pendaki dari lokal maupun luar mencoba untuk mendaki gunung – gunung tersebut. Lalu ada gunung apa saja yang terdapat di Bali? Berikut adalah daftarnya!

  1. Gunung Agung, Kabupaten Karang Asem

Gunung Agung merupakan salah satu gunung tertinggi di Bali berada di Kecamatan Rendang, Kabupaten Karang Asem. Tercatat tinggi Gunung Agung sekitar 3.142 di atas permukaan laut. Untuk menuju ke Gunung Agung, pengunjung bisa menggunakan sepeda motor dari Denpasar selama kurang lebih 2 sampai 3 jam perjalanan. Sedangkan lamanya pendakian Gunung Agung bisa ditempuh selama 6 hingga 8 jam yang tentunya disesuaikan dengan kondisi fisik pendaki serta jalur pendakian yang dipilih. Gunung Agung termasuk gunung api aktif dan hampir setiap tahun gunung ini akan mengeluarkan debu vulkanik dari dalam perut bumi. Jika Gunung Agung sedang aktif atau erupsi dan mengeluarkan asap pekat, sering kali jalur penerbangan akan terganggu akibat terhalang oleh asap serta terlalu berbahaya untuk melakukan penerbangan.

  1. Gunung Batukaru, Kabupaten Tabanan

Gunung Batukaru berada di Kecamatan Penebel, Kabupaten Tabanan ini juga tidak boleh terlewati terutama bagi para pendaki. Gunung yang menduduki posisi kedua setelah Gunung Agung sebagai gunung tertinggi di Bali ini mempunyai tinggi sekitar 2.276 meter di atas permukaan laut (mdpl). Untuk bisa mencapai Gunung Batukaru bisa dilakukan dengan berkendara terlebih dahulu dari Kota Denpasar menggunakan sepeda motor selama 2 jam, dan dilanjutkan dengan melakukan pendakian selama 3 – 4 jam untuk bisa sampai ke puncak Gunung Batukaru, tergantung dari kondisi fisik pendaki, cuaca hingga medan. Rasa lelah saat mendaki akan terbayar karena dari puncak gunung akan terlihat keindahan danau dan juga terdapat Pura Puncak Kedaton. Jadi sebaiknya jika berkunjung di Gunung Batukaru harus mengetahui terlebih dahulu jadwal upacara atau sembahyang, hal ini untuk menghormati masyarakat sekitar yang ingin beribadah di puncak Gunung Batukaru.

  1. Gunung Abang, Kabupaten Bangli

Satu lagi tempat yang menjadi favorit bagi para wisatawan jika berkunjung ke Bali yaitu Kintamani. Di sini terdapat banyak terdapat gunung dan salah satunya bernama Gunung Abang. Gunung Abang berada mempunyai tinggi hingga 2.152 meter di atas permukaan laut, tidak heran jika Gunung Abang menjadi gunung tertinggi ketiga setelah Gunung Agung dan Gunung Batukaru. Untuk sampai ke gunung ini, pengunjung bisa melakukan perjalanan darat terlebih dahulu dengan menggunakan kendaraan kurang lebih selama 2 jam dari Kota Denpasar.

Jika sudah sampai di lokasi, pengunjung harus melakukan pendakian terlebih dahulu yang memakan waktu sekitar lebih dari 3 jam perjalanan untuk sampai di Puncak Gunung Abang. Perlu diketahui jika Gunung Abang berada di antara Gunung Batur di sisi sebelah barat dan Gunung Agung. Jadi tidak heran jika sudah sampai di puncak gunung, pemandangan yang disuguhkan sangat indah yaitu tidak hanya dapat melihat Gunung Abang di sebelah timur tetapi juga pesona dari Danau Batur dan juga Kintamani. Hal yang menarik dari Gunung Abang adalah tempat tersebut merupakan titik tertinggi dari pematang kaldera yang juga mengelilingi Gunung Batur dengan luas sekitar 13,8 x 10 km.

  1. Gunung Catur, Kabupaten Tabanan

Sebagai gunung tertinggi ke empat di Bali, Gunung Catur memiliki tinggi sekitar 2.096 meter di atas permukaan laut. Gunung Catur termasuk gunung yang sudah tidak aktif lagi jadi sangat aman untuk dikunjungi. Lokasi Gunung Catur berada di sebuah kawasan kaldera Bedugul, Kabupaten Tabanan mempunyai puncak yang cukup terkenal yaitu Puncak Mangu. Di puncak ini terdapat sebuah pura yang hingga saat ini masih menjadi tempat sembahyang dan ibadah untuk masyarakat Hindu Bali.

Selama melakukan pandakian, pengunjung akan disuguhkan pemandangan yang asri dan alami, sebab masih dikelilingi oleh pepohonan yang rindang dan udara yang sejuk. Bagi pendaki pemula pun, jalur pandakian juga cukup ramah dan landai, dan menjadi sedikit curam jika sudah mendekati puncak. Jika berhasil mencapai puncak, pengunjung akan melihat dua pohon besar yang saling mengapit dan masyarakat setempat percaya kedua pohon tersebut adalah pintu gebang menuju Pura Puncak Mangu. Perlu diingat juga, di tempat ini pengunjung harus bersikap sopan, menggunakan pakaian yang pantas sebab ini adalah tempat yang sakral dan tempat ibadah.

  1. Gunung Batur, Kabupaten Bangli

Gunung yang terdapat di Kabupaten Bangli ini memiliki ketinggian sekitar 1.717 meter di atas permukaan laut dan berada di kawasan Kintamani. Di tempat ini juga menjadi titik terbaik untuk melihat matahari terbit, maka tidak heran jika banyak wisatawan tertarik untuk datang dan melihat fenomena sunrise tersebut.

Untuk menuju ke Gunung Batur, bisa ditempuh dengan menggunakan sepeda motor terlebih dahulu dari Denpasar selama kurang dari 2 jam perjalanan, kemudian untuk mencapai puncak Gunung Batur harus melakukan pendakian selama kurang lebih 2 – 3 jam, tergantung dari kondisi fisik pendaki, cuaca, serta medan atau jalur pendakian. Jika sudah berhasil mencapai Puncak Gunung Batur, pengunjung atau pendaki dapat menikmati pemandangan indah lainnya seperti kaldera yang berasal dari letusan Gunung Batur serta Danau Batur dengan airnya yang mempesona.

Itulah tadi beberapa informasi mengenai gunung – gunung terkenal yang ada di Bali. Semoga informasi di atas bisa bermanfaat.

, , , , ,
Oleh :
Kategori : Gunung