7 Jenis Pantai Berdasarkan Proses Pembentukan dan Geografisnya

Ketika kita membicarakan mengenai relief permukaan bumi maka ada banyak hal yang bisa kita bahas. Hal tersebut dikarenakan setiap permukaan dari planet bumi memiliki  keunikan dan karakteristik yang berbeda-beda. Penyebab dari terbentuknya setiap relief muka bumi itu sendiri bisa berasal dari berbagai macam hal. Ada yang memang terbentuk secara alami, dengan adanya dorongan dari faktor-faktor alam.

Namun, ada juga beberapa yang terjadi akibat adanya faktor buatan. Tak sedikit dari beberapa kenampakan muka bumi yang ada berasal dari campur tangan manusia. Campur tangan tersebut bisa baik secara langsung maupun tak langsung. Permukaan bumi sendiri bukanlah sebuah permukaan yang mati, namun permukaan bumi pada dasarnya hidup dalam artian selalu mengalami perubahan dalam bentuk yang bermacam-macam.

Bentuk permukaan bumi sendiri sangat beragam dan bermacam-macam. Fungsi yang mereka miliki pun juga tak sama satu sama lain. Jika sebelumnya memang beberapa permukaan bumi tak memiliki fungsi yang pasti selain keberadaanya secara alami.

Kini, seiring dengan perkembangan jaman yang ada beberapa relief muka bumi tersebut mendapatkan bentuk dan fungsi baru. Mereka berubah bentuk menjadi sebuah destinasi wisata yang selalu menjadi buruan. Ada banyak sekali jenis permukaan bumi yang mengalami dan menemukan fungsi baru ini.

Dari sekian banyak jenis permukaan bumi yang ada, maka salah satu yang cukup terkenal adalah pantai. Sebuah lokasi yang bisa dikatakan tak pernah sepi dan selalu menjadi incaran. Kali ini kita akan membahas mengenai jenis pantai yang ada. Ada beberapa jenis pantai yang bisa kita ketahui seperti

Jika kita mengacu pada pengertian pantai dari Kamus Besar Bahasa Indonesia, maka pantai sendiri memiliki artian tepi laut, pesisir, perbatasan daratan dengan laut atau massa air lainnya dan bagian yang dapat pengaruh dari air tersebut, daerah pasang surut di pantai antara pasang tertinggi dan surut terendah, atau pun landai. Namun, jika kita melihat dari artian geografis maka pantai adalah sebuah endapan sedimen yang muncul dari garis air terendah sampai dengan tebing atau sampai pada zona tumbuhan permanen. Ada banyak sekali jenis pantai yang ada di muka bumi jika kita ingin menelusurinya. Beberapa jenis pantai dapat dibedakan menjadi dua macam golongan utama yaitu

JENIS PANTAI BERDASARKAN PROSES PEMBENTUKAN

Jenis pantai yang satu ini merupakan pembagian pantai berdasarkan proses pembentukannya. Meskipun proses yang dapat mendorong pembentukan dari pantai tersebut tidak terlalu banyak. hal tersebut dikarenakan kebanyakan proses pembentukan dari pantai banyak dipengaruhi proses sedimentasi yang terjadi pada kawasan tersebut. berdasarkan hal tersebut ada beberapa jenis pantai yang bisa kita ketahui, seperti

1. Pantai Spit

Jenis pantai yang satu ini merupakan salah satu jenis pantai yang cukup menarik dan cukup unik. Hal ini dikarenakan jenis pantai yang satu ini sangat berhubungan erat dengan proses sedimentasi. Proses dan bentuk sedimentasi yang terjadi pun sangat bermacam-macam dengan karakteristik yang saling berbeda satu sama lain. Namun, ciri utama pantai spit adalah salah satu ujung dari pantai tersebut bersambung langsung dengan daratan. Hal ini dapat diartikan bahwa konsentrasi sedimentasi sangat besar pada bagian ujung yang bersatu dengan daratan. Dalam hal ini sedimentasi tersebut biasanya berupa pasir pantai atau beberapa jenis bahan yang terbawa arus air.

2. Pantai Baymouth

Pantai yang satu ini bisa dikatakan cukup unik dan menarik, hal tersebut dikarenakan bentukan dari pantai ini yang cukup berbeda. Meskipun proses yang menyebabkannya masih tak jauh berbeda yaitu akibat adanya sedimentasi. Pada pantai baymouth bentuk yang dimiliki oleh sedimen tersebut adalah berbukit-bukit. Kemudian bentukan dari pantai ini cukup menarik karena seolah-olah memotong kawasan teluk dengan dengan lautan. Tentu saja dengan kondisi seperti ini akan sangat berpengaruh besar terhadap ekosistem pantai ada. Teluk yang terpisah tersebut, kemudian akan terlihat seperti danau yang seolah-olah berdiri sendiri.

3. Pantai Tombolo

Jenis pantai yang satu ini satu ini masih merupakan pantai yang terbentuk akibat adanya endapan pada kawasan lautan. Endapan  yang terjadi pada pantai Tombolo ini memang cukup berbeda. Hal tersebut dikarenakan endapan yang muncul berada di antara dua daratan yang terpisah. Pantai Tombolo sendiri adalah sebuah endapan sedimentasi pasir yang menghubungkan sebuah pulau dengan daratan utama. Namun, bisa juga kedau pulau tersebut bukanlah daratan utama. Sehingga jenis pantai Tombolo ini sendiri seakan-akan seperti sebuah jembatan penghubung antara kedua daratan. Meskipun dalam beberapa kondisi kadang jenis pantai Tombolo ini hanya dapat terlihat ketika laut sedang surut.

JENIS PANTAI BERDASARKAN BENTUK GEOGRAFIS

Jika sebelumnya kita telah menyinggung mengenai beberapa jenis pantai yang berdasarkan proses terjadinya. Maka pembahasan ini akan menjelaskan mengenai jenis-jenis pantai berdasarkan bentuk geografisnya. Jenis pantau ini memiliki beberapa kondisi dengan karakteristik yang cukup menarik. Beberapa jenis pantai tersebut adalah

1. Pantai Landai

Sebagaimana yang telah disebutkan, bahwa pantai yang satu ini cenderung memiliki bentuk yang landai. Jika kita mengunjungi pantai ini maka bentukan permukaan dari setiap ujung pantai akan sama tanpa ada perubahan sedikit pun. Meskipun begitu ada juga beberapa kawasan pantai landai yang tidak landai secara penuh. Meskipun begitu terkadang terdapat beberapa persyaratan yang harus diperhatikan dalam penyebutan karakteristik pantai landai ini. Jenis pantai landai ini sendiri dapat kita temukan pada Pantai Mangrove, Pantai Delta, dan Juga Pantai Estuari.

2. Pantai Curam

Pantai curam ini memiliki bentukan yang mungkin sedikit banyak berbeda dengan pantai-pantai yang lain. Hal tersebut dikarenakan pantai curam adalah sebuah kawasan pantai yang terdiri dari perbukitan. Sehingga kita akan sangat sedikit menemukan bibir pantai, jika kita memahami dan mengerti mengenai beberapa pengertian dataran pantai maka tak akan terlalu susah untuk mengerti tentang kondisi dari pantai curam. Jika berbicara mengenai pantai curam yang ada di Indonesia maka kita bisa menemukannya di kawasan pantai selatan Pulau Jawa, atau ada juga beberapa dapat ditemukan pada kawasan Pulau Bali.

3. Pantai Bertebing

Salah satu jenis panti yang cukup  sering kita temukan adalah jenis pantai bertebing. Jenis pantai ini sendiri kadang disebut juga sebagai jenis pantai Flaise. Mungkin dalam beberapa hal kadang jenis pantai yang satu ini cukup sulit untuk dibedakan dari pantai curam. Namun, pada pantai bertebing ini sendiri dapat dibedakan menjadi dua bagian, yaitu pantai bertebing terjal dan juga pantai bertebing bergantung. Penyebab dari pantai bertebing ini sendiri memiliki beberapa penyebab yang bermacam-macam. Salah satu penyebab utama dari terbentuknya pantai ini adalah adanya endapan tebing yang tekikis karena abrasi. Sehingga pada pantai bertebing ini kadang kita masih dapat menemukan beberapa bagian yang memiliki pantai. Namun, ada juga yang selebihnya tak memiliki pantai berpasir.

4. Pantai Karang

Pantai yang satu ini bisa dikatakan merupakan salah satu jenis pantai yang akan memiliki ekosistem cukup unik dan menarik. hal tersebut  dikarenakan jenis pantai yang satu ini akan sangat berhubungan erat dengan kondisi di bawah laut itu sendiri. Sebuah pantai disebut sebagai pantai karang apabila kawasan sepanjang pantai tersebut banyak tersusun dar terumbu karang. Pada kawasan pantai yang satu ini banyak sekali ditemukan di Pulau Sulawesi, Nusa Tenggara dan juga Maluku. Maka tak mengherankan jika kawasan-kawasan tersebut banyak sekali memiliki lokasi objek wisata pantai dengan pemandangan bawah laut yang menakjubkan.

Itulah tadi beberapa jenis pantai dengan berbagai macam proses pembentukan dan kenampakannya. Setiap pantai tersebut memiliki karakteristik sendiri yang berbeda-beda. Setiap pantai tersebut tak bisa diperbandingkan satu dengan yang lain, karena faktor pembentuk yang berbeda. Namun, setiap jenis pantai tersebut akan selalu memiliki penikmat yang tak akan pernah sepi. Semoga informasi tadi bermanfaat.

, , , , ,
Oleh :
Kategori : Geomorfologi
Video Edukasi

Bulan adalah satelit alami Bumi satu-satunya dan benda langit yang paling terang setelah Matahari. Bagaimana bila bumi tidak memiliki bulan? Simak videonya!

Rekomendasi Film

Inilah rekomendasi film science fiksi yang bikin kamu cerdas seketika karena bikin mikir banget!