Daerah Penghasil Aspal di Indonesia dan Perusahaan Pengelola Aspal

Perubahan zaman di Indonesia berlangsung sejak Indonesia merdeka. Pembangunan ekonomi serta pembangunan fisik dan non fisik terus dilakukan demi mencpai kesejahteraan bersama. Perbaikan fasilitas umum terus menerus ditingkatkan supaya masyarakat Indonesia lebih mudah menjalankan berbagai aktivitasnya. Tidak hanya di daerah- daerah perkotaan saja, bahkan pembangunan fasilitas umum serta insfrastuktur juga digalakkan hingga ke daerah- daerah tertinggal supaya masyarakat yang berada di daerah tertinggal juga bisa merasakan fasilitas atau kemudahan dari pemerintah. Salah satu wujud pembangunan itu adalah pembangunan jalan.

Jalan merupakan kebutuhan yang sangat penting bagi siapa saja guna melakukan berbagai kegitannya. Jalan merupakan akses utama untuk menghubungkan satu daerah dengan daerah lain. Daerah tanpa jalan bagaikan daerah yang mati tanpan kehidupan karena sulit untuk berkomunikasi. Pembangunan jalan di Indonesia salah satunya berupa pengaspalan jalan. Setiap tahun selalu ada daerah yang dibangun jalannya. Nah, apabila di seluruh Indonesia jalannya di bangun maka berapa banyak kebutuhan aspal di Indonesia? Untung saja negara kita ini memiliki daerah- daerah yang menghasilkan aspal banyak, sehingga kebutuhan aspal dalam negeri bisa dicukupi dari produksi dalam negeri terlebih dahulu. Lalu, dimana sajakah daerah- daerah penghasil aspal tersebut? Kita akan membahas lebih lanjut  dalam artikel ini.

Daerah Penghasil Aspal di Indonesia

Aspal merupakan suatu barang tambang karena didapat dari mengolah kandungan planet Bumi, baik dari kerak Bumi maupun inti Bumi. Aspal merupakan bahan yang digunakan untuk membuat jalan. Kenapa aspal? Tentu karena sifat aspal adalah kuat, dan mudah untuk dipasang melapisi jalan. Aspal juga memiliki sifat yang tanah lama meskipun terkadang hars selalu dilapisi yang baru setiap beberapa bulan. Karena yang melintasi jalan- jalan adalah kendaraan yang besar dan berat maka hal itulah yang membuat aspal sering rusak. Nah, di Indonesia ini terdapat beberapa daerah yang menghasilkan aspal terbanyak. Mana sajakah daerah- daerah tersebut? Daerah- daerah tersebut antara lain:

  1. Pulau Buton, Sulawesi Tenggara

Sulawesi tenggara merupakan salah satu tempat yang paling banyak menghasilkan aspal. Bahkan Sulawesi Tenggara adalah daerah yang paling banyak menghasilkan aspal di Indonesia. Wilayah Sulawesi Tenggara yang dapat menghasilkan aspal dengan kualitas terbaik ada di Pulau Buton. Kekayaan aspal yang dihasilkan oleh Pulau Buton ini bahkan ditaksi mencapai 2.300 Triliun Rupiah. Namun ada cerita yang memprihatinkan dari penghasil aspal terbesar di Indonesia ini. Yaitu adalah keadaan jalan yang ada di daerah ini. Meskipun dikenal sebagai penghasil aspal terbesar, namun pulau ini justru memiliki jalan yang rusak. Jalan- jalan di wilayah pulau Buton ini banyak yang rusak.

  1. Wonokromo, Jawa Timur

Di peringkat kedua sebagai negara penghasil aspal terbesar di dunia adalah Provinsi Jawa Timur. Provinsi Jawa Timur adalh provinsi yang menghasilkan aspal terbesar di Pulau Jawa. Aspal yang dihasilkan dari provinsi Jawa Timur adalah aspal yang berkualitas meskipun jumlahnya tidak sebanyak yang berasal dari pulau Buton. Daerah Jawa Timur yang menghasilkan aspal berada di wilayah Wonokromo, tepatnya di Permigan.

Itulah dua tempat yang menjadi penghasil aspal sekaligus penyuplai aspal terbesar di Indonesia. Daerah- daerah pengasil aspal dan penyuplai aspal di Indonesia memang yang terkenal hanya di dua tempat tersebut, yaitu Sulawesi Tenggara dan juga Jawa Timur. Aspal yang dihasilkan oleh kedua negara ini digunakan untuk mencukupi kabutuhan aspal di dalam negeri.

Perusahaan Aspal di Indonesia

Meskipun daerah penghasil aspal di Indonesia jumlahnya tidak banyak, namun ada banyak perusahaan yang mengelola aspal kemudian didistribusikan ke tempat- tempat di seluruh Indonesia. Perusahaan- perusahaan yang menangani aspal ini jumlahnya lumayan banyak dan tidak harus berkedudukan di tempat- tempat yang menghasilkan aspal. Beberapa perusahaan penghasil aspal di Indonesia antara lain sebagai berikut:

  1. PUTINDO BINTECH
  2. Komoditas : Aspal

    Kantor Operasional : Desa Lawele Kec. Lasalimu , Desa Kabungka Kec. Pasarwajo, Buton

    Kantor Pusat : Jl Makaliwe Raya Office Park No.16a-B Grogol Jakarta Barat

    1. KARYA MEGAH BUTON

    Komoditas : Aspal

    Kantor Operasional : Desa Lagunturu/ Desa Nambo, Lasalimu, Buton

    1. SARANA KARYA (PERSERO)

    Komoditas : Aspal

    Kantor Operasional : Desa Banabungi Pulau Buton Kode Pos, 93754 Telp. 0402-2821270

    Kantor Pusat : Desa Banabungi

    1. METRIX ELCIPTA

    Komoditas : Aspal

    Kantor Operasional : Desa Wakaokili, Desa Lapodi Kec. Pasarwajo, Desa Sandang Pangan Kec. Sampolawa

  1.  
    1. SULTRA RAYA TAMBANG

    Komoditas : Aspal

    Kantor Operasional : Jl Poros Lasalimu – Baubau Lingk Kamaru Kel Kamru

    Kantor Pusat : Jl. Timah No.5 Makassar Sulsel

Nah itulah beberapa perusahaan yang menangani tentang pengaspalan di Indonesia. Perusahaan- perusahaan tersebut mengelola hasil aspal untuk kemudian didistribusikan ke daerah- daerah lainnya guna kepentingan pembangunan. Demikianlah yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

fbWhatsappTwitterLinkedIn