5 Cara Melestarikan Flora dan Fauna sebagai Pelajar

Flora dan fauna adalah salah satu contoh kekayaan alam yang sangat penting untuk kita jaga dan kita pelihara. Flora adalah tumbuh- tumbuhan yang ada di planet Bumi, sementara fauna adalah binatang- binatang yang ada di Bumi. Adapun keduanya memiliki fungsi yang sangat penting bagi kelangsungan kehidupann di Bumi, khususnya kita sebagai manusia. Mengapa demikian? Hal ini tentu saja karena manusia dalam memenuhi kebutuhannya, terutama persoalan makanan, sangat bergantung kepada flora dan juga fauna ini. adapun flora kedudukannya sebagai produsen dalam rantai makanan. Sementara fauna adalah sumber protein hewani yang sangat dibutuhkan oleh manusia. Maka dari itulah kita sebagai manusia di Bumi sangatlah berkewajiban untuk melestarikan keduanya.

Upaya Melestarikan Flora dan Fauna oleh Pelajar

Melestarikan flora dan fauna merupakan tugas manusia secara umum, semua golongan dan semua kalangan. Jadi, tidak bisa hanya dibebankan kepada manusia dewasa saja, justru sikap cinta lingkungan (termasuk melestarikan flora dan fauna) perlu ditanamkan sejak usia dini. Sebagai seorang pelajar, tentu ada berbagai cara yang dapat dilakukan untuk melestarikan flora dan fauna yang bisa dilakukan dengan mudah. Adapun beberapa upaya yang dapat dilakukan oleh pelajar untuk melestarikan flora dan fauna antara lain sebagai berikut:

  1. Ikut dalam berbagai kegiatan cinta lingkungan

Salah satu cara yang dapat dilakukan oleh pelajar dalam melestarikan flora dan fauna adalah dengan ikut berbagai kegiatan yang berhubungan dengan cinta lingkungan, baik itu bersih- bersih alam maupun penanaman berbagai tumbuhan maupun pelepasan binatang ke alam atau habitat aslinya. Dalam ikut acara seperti ini maka akan menyumbangkan kelestarian bagi flora dan fauna jenis tertentu di Bumi dan pembiasaan cinta alam kepada para pelajar.

  1. Ikut mengkampanyekan dalam perlindungan satwa dan flora langka yang dilindungi

Satwa maupun tumbuhan langka yang ada di kerak Bumi harus kita jaga dengan sepenuhnya karena merupakan aset yang sangat penting. Sebagai pelajar kita bisa turut mengkampanyekan untuk ikut dalam melestarikan berbagai satwa maupun tumbuhan yang sifatnya langka supaya tidak habis diburu orang. Hal itu juga bisa melindungi salah satu kekayaan yang dimiliki oleh negara. Kampanye yang bisa dilakukan adalah dengan upaya secara langsung, melalui media cetak maupun media elektronik.

  1. Tidak ikut dalam aksi perburuan satwa langka/ liar

Selain ikut dalam mengkampanyekan perlindungan terhadap binatang langka atau tumbuhan langka, kita juga harus menjauhi aksi perburuan terhadap satwa dan tumbuhan langka. Meskipun satwa atau tukmbuhan langka apabila dijual akan mahal, namun kita tidak boleh tergiur dengan uang tersebut. Selalu ingat bahwa mengambil satwa atau tumbuhan liar dapat dikenai sanksi atau hukuman karena sudah diatur dalam Undang- Undang.

  1. Ikut dalam acara penghijauan atau reboisasi

Banyak kegiatan positif yang dapat dilakukan oleh pelajar dalam menjaga kelestarian fauna dan flora, salah satunya adalah ikut dalam program penghijauan atau reboisasi. Acara penghijauan atau reboisasi banyak diselenggarakan di kalangan pelajar seperti untuk mengisi waktu liburan atau peringatan hari tertentu.

  1. Menanam berbagai tanaman dimulia dari lingkungan rumah dan sekolah

Selanjutnya hal yang bisa dilakukan oleh pelajar adalah menanam berbagai tanaman yang bisa dilakukan dari unsur- unsur lingkungan sekitar sepert rumah, sekolah dan tempat- tempat umum lainnya seperti taman dan lainnya. Hal ini dilakukan untuk menanamkan jiwa cinta lingkungan pada pelajar dan menjadi contoh bagi orang- orang yang ada di sekitarnya.

Nah demikianlah hal- hal yang dapat dilakukan oleh pelajar dalam melestarikan flora dan fauna. Semoga bermanfaat untuk kita semua.