14 Manfaat Barang Tambang dan Penjelasannya

Planet Bumi adalah planet di tata surya  yang sangat kaya. Sifat Bumi selain dapat ditinggali manusia karena keadaannya, juga karena kekayaan alam yang dimiliki Bumi sangatlah banyak. Kekayaan yang dimiliki Bumi berbeda- beda, ada yang berupa flora dan fauna ada pula yang berupa bahan- bahan galian yang terdapat di dalam Bumi. Hasil- hasil Bumi ini kita kenal sebagai sumber daya alam. Menurut sifatnya, sumber daya alam ini dikelompokkan menjadi dua yaitu sumber daya alam yang dapat diperbaharui dan sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui. Adapun yang dimaksud sumber daya alam yang dapat diperbaharui adalah hasil kekayaan alam yang dapat dipulihkan dengan cepat. Sumber daya alam yang dapat diperbarui ini contohnya adalah bahan- bahan yang bersifat alami, seperti air, udara, pohon, binatang dan sebagainya. Sementara itu, sumber daya alam yang tidak dapat diperbarui adalah sumber daya alam yang pembentukannya memerlukan waktu yang sangat lama, dan jumlahnya pun terbatas. Sumber daya alam yang tidak dapat diperbarui ini contohnya adalah barang- barang tambang, seperti timah, emas, perak, tembaga, nikel dan lain sebagainya.

Manfaat Barang Tambang

Barang tambang adalah barang yang ada di dalam Bumi sperti inti Bumi. Barang tambang memiliki banyak manfaat yang bisa kita dapatkan dan bisa digunakan oleh manusia. Berbagai manfaat barang tambang disesuaikan dengan jenisnya masing- masing. Sebagai contoh, minyak bumi digunakan untuk menjadi bahan bakar, biji besi untuk membuat bagunan, dan lain sebagainya. Adapun berbagai manfaat dari barang tambang yang kita peroleh antara lain adalah sebagai berikut:

  • Sebagai bahan bakar kendaraan

Salah satu manfaat dari barang tambang adalah sebagai bahan bakar dari kendaraan. Kendaraan adalah salah satu barang yang sangat penting karena menjadi alat mobilitas penduduk di Bumi. Barang tambang memiliki salah satu kegunaan yaitu sebagai bahan bakar kendaraan yang menyebabkan kendaraan dapat digunakan. Adapun barang tambang yang dapat digunakan untuk membuat bahan bakar adalah minyak bumi.

  • Sebagai bahan dasar aspal

Selanjutnya manfaat bahan bakar lainnya adalah sebagai bahan dasar pembuatan aspal. Aspal adalah salah satu bahan untuk menghaluskan jalan. Jalan adalah akses yang paling penting untuk mobilitas di atas bumi yang bisa menghubungkan satu daerah dengan daerah yang lainnya. Aspal ini adalah barang tambang yang juga diolah dengan barang tambang lainnya. Salah satu barang tambang yang dapat digunakan sebagai pembuat aspal adalah minyak bumi dan juga aspal itu sendiri.

  • Sebagai bahan dasar minyak gas

Minyak gas adalah satu barang yang penting bagi kehidupan manusia. salah satu barang tambang yang digunakan sebagai bahan dasar pembuatan minyak gas adalah minyak bumi. Minyak bumi memang merupakan barang tambang yang posisinya sangat vital. Jadi, minyak Bumi sangat dibutuhkan oleh manusia untuk melakukan berbagai macam kegiatan. Piersediaan minyak bumi sangat terbatas dan minyak bumi sendiri terbentuk karena adanya sisa- sisa fosil dari makhluk hidup zaman dahulu sehingga terbentuknya ini harus melalui masa yang panjang, yaitu sekitar ratusan hingga jutaan tahun lamanya. Oleh sebab itulah sekarang ini digalakkan upaya- upaya penggunaan energi alternatif, terutama untuk mengganti penggunaan minyak bumi agar tidak cepat habis.

  • Sebagai bahan bakar pembangkit listrik

Barang tambang juga digunakan sebagai pembangkit listrik. Listrik adalah hal yaang sangat penting, bahkan menjadi tumpuan hidup manusia. manusia siang dan malam menggunakan listrik. Kita bisa membayangkan tempat tidak terjamah listrik pasti masih sangat tradisional dan selalu dalam keterbatasan. Biasanya pembangkit listrik menggunakan energi alternatif seperti angin, air dan cahaya matahari. Namun ada pula barang tambang yang menjadi pembangkit listrik, yaitu batu bara.

  • Produksi pembuat besi dan baja

Besi dan baja adalah salah satu barang tambang yang sangat penting kegunaannya terutama dalam bidang pembangunan. Besi dan baja memiliki sifat yang kokoh sehingga banyak dimanfaatkan untuk konstruksi bangunan. Dalam pengolahannya, yaitu ketika masih menjadi biji besi hingga besi dapat digunakan memerlukan berbagai peranan dari barang tambang lainnya. Salah satu barang tambang yang berperan dalam pembuatan besi dan baja adalah batu bara.

  • Bahan bakar pembuatan semen

Semen juga merupakan salah satu bahan pokok dalam pembuatan bangunan. Dalam pembuatannya, semen memerlukan panas khusus. Panas yang dihasilkan api tidak terlalu cocok dalam pembuatan semen. Dibutuhkan panas yang lebih tinggi, yaitu panas yang dihasilkan oleh batu bara.

  • Sebagai pengkristal gula dan tepung

Gula dan tepung supaya dapat digunakan oleh manusia, dalam pembuatannya perlu dikristalkan terlebih dahulu. Nah, barang tambang yang digunakan untuk mengkristalkan gula dan tepung adalah batu kapur.

  • Sebagai penetral limbah

Barang tambang juga ada yang digunakan untuk menetralkan limbah, terutama adalah limbah industri. Adapun barang tambang yang digunakan untuk menetralkan limbah adalah batu kapur.

  • Sebagai bahan pembuat soda api

Batu kapur, selain digunakan sebagai bahan campuran dalam pembuatan bangunan, berperan dalam pengkristal gula dan tepung, serta penetral limbah ternyata juga digunakan sebagai pembuat soda api.

  • Sebagai bahan dasar produski untuk industri besi

Industri besi yang banyak digunakan untuk konstruksi bangunan memiliki bahan baku berupa biji besi yang juga merupakan barang tambang.

  • Sebagai bahan utama pembuatan pita dan kaset

Pita dalam kaset yang digunakan untuk merekam suara dapat terbuat karena penana dari sebuah barag tambang. Barang tambang yang berperan dalam pembuatan pita dan kaset adalah pasir besi.

  • Sebagai bahan dasar tinta kering dan tinta laser pada mesin fotokopi

Mesin fotokopi, dalam operasinya paling tidak melibatkan dua jenis tinta, yaitu tinta kering dan juga tinta laser. Dalam pembuatan kedua jenis tinta ini melibatkan barang tambang yaitu pasir besi.

  • Bahan pembuat uang koin

Uang recehan atau koin yang biasa kita gunakan juga dibuat dengan melibatkan barang tambang,. Barang tambang yang digunakan untuk membuat koin adalah nikel.

  • Sebagai bahan baku pabrik pupuk

Pupuk adalah jamu terpenting dalam pertanian. Tanpa adanya peranan pupuk, pertanian mungkin tidak akan memperoleh hasil yang diinginkan. Adapun pupuk buatan dibuat dengan bantuan barang tambang. Barang tambang yang berperan dalam pembuatan pupuk adalah gas alam.

Nah itulah beberapa manfaat dari barang tambang. Sebenarnya manfaat dari barang tambang sangat banyak karena barang tambang sendiri jumlahnya banyak dan memiliki fungsinya masing- masing. Sekian yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.