12 Langkah-Langkah Penelitian Geografi

Geografi merupakan salah satu cabang ilmu yang penting untuk dipelajari oleh manusia. Geografi sangat penting karena mempelajari tentang bumi beserta dengan aspek- aspek yang berkaitan dengannnya, seperti lapisan tanah, lapisan batuan dan lain sebagainya. Keberadaan ilmu geografi sangat penting karena manusia sendiri hidup di planet Bumi sehingga manusia perlu mengetahui keadaan mengenai Bumi. Selain mempelajari tentang Bumi, geografi juga mempelajari tentang iklim di Indonesia, cuaca dan segala sesuatu yang berkaitan dengan langit bahkan yang berada di luar angkasa. Maka dari itulah aspek- aspek geografi sangatlah banyak dan ilmu geografi dipecah menjadi cabang ilmu geografi yang sangat banyak.

Dalam ilmu geografi, kita juga akan melakukan sebuah studi penelitian. Studi penelitian ini merupakan “Penelitian Geografi”. Penelitian geografi merupakan penelitian yang dilakukan dalam bidang geografi.  Penelitian geografi merupakan penelitian yang logis dan juga ilmiah. Maka dari itulah penelitian geografi dilakukan dengan langkah- langkah yang sistematis. Penelitian geografi dilakukan untuk mendapatkan suatu tujuan yang berupa hasil maupun pemecahan sebuah masalah geografi. Maka dari itulah sebelum dilakukan penelitian geografi, tentunya ada masalah yang ditemukan terlebih dahulu dalam bidang geografi. Pada kesempatan kali ini kita akan mempelajari tentang langkah- langkah metode penelitian geografi. Hal ini dapat digunakan sebagai pedoman bagi yang ingin melakukan penelitian dalam bidang geografi tentunya.

Bagi kita yang sering membuat suatu karya ilmiah, tentu sudah tidak asing lagi dengan sebuah penelitian. Sejatinya, dimanapun berada yang namanya penelitian dilakukan dengan berpedoman kepada langkah- langkah ilmiah dan sistematis. Bahkan tidak hanya di geografi saja, namun juga di sains ataupun penelitian lain pun pasti berpedoman pada langkah- langkah yang ilmiah dan juga sistematis. Nah, bagi Anda yang ingin melakukan sebuah penelitian geografi, ada beberapa langkah yang harus dilakukan demi mendapatkan hasil yang diinginkan. Langkah-langkah penelitian geografi adalah sebagai berikut:

  1. Menentukan masalah

Penelitian geografi pertama kali diawali dengan adanya suatu kasus atau masalah. Masalah yang dimaksud tentu merupakan masalah dalam bidang geografi. Masalah ini bisa berupa keadaan yang berbeda dengan biasanya atau masalah yang ditimbulkan dari adanya suatu tindakan yang dilakukan oleh manusia maupun karena alam. Sebagai contoh misalnya keadaan air di suatu wilayah yang tidak seperti biasanya, dari segi warna, bau, maupun rasa. Nah, hal ini bisa dicari penyebabnya melalui suatu penelitian.

  1. Menyusun rumusan masalah

Setelah ditemukan suatu masalah yang ingin dipecahkan atau diteliti, langkah selanjutnya adalah menyusun rumusan masalah. Rumusan masalah ini bisa disusun dengan kalimat pertanyaan. Rumusan masalah merupakan pertanyaan yang mewakili maksud penelitian dilakukan. Mengapa harus berupa kalimat pertanyaan? Hal ini untuk memudahkan dalam mencapai maksud dilakukannya penelitian.

  1. Menentukan variabel penelitian

Langkah selanjutnya setelah menyusun rumusan masalah adalah menentukan variabel penelitian. Variabel penelitian merupakan suatu objek yang akan diteliti. variabel disini bisa merupakan variabel bebas maupun terikat. Variabel bebas merupakan variabel yang masih bisa diganti- ganti oleh peneliti sementara variabel terikat merupakan variabel yang terpengaruh. Dalam hal ini maka variabel terikat adalah objek yang tidak dapat diganti- ganti. Perlu diketahui bahwa dalam suatu penelitian memang harus ada variabel yang diamati. Jika tidak ada, maka penelitian tidak dapat dilakukan.

  1. Menentukan landasan teori

Setelah menentukan variabel penelitian, langkah selanjutnya adalah menentukan landasan teori. Landasan teori merupakan dasar teori yang akan digunakan untuk menjadi pedoman dalam penelitian. Hal ini perlu ada karena penelitian geografi merupakan penelitian yang ilmiah, sehingga harus ada teori yang mendasarinya.

  1. Menyusun kerangka pemikiran

Selanjutnya adalah menyusun kerangka pemikiran. Kerangka pemikiran merupakan jalannya penelitian atau alur penelitian yang akan dilakukan. Kerangka pemikiran ini akan memudahkan dan tentu saja membuat penelitian menjadi jelas arahnya. Kerangka pemikiran bisa digambarkan dalam sebuah bagan yang kemudian diberi keterangan di bawahnya.

  1. Merumuskan hipotesis

Selanjutnya adalah menyusun hipotesis. Apa itu hipotesis? Hipotesis merupakan jawaban sementara atau perkiraan sementara dari penelitian. Hipotesis yang disusun ini nantinya akan diuji untuk dibuktikan apakah hipotesis tersebut benar atau salah sementara dari penelitian.

  1. Menentukan populasi dan sampel

Setelah disusun hipotesi, selanjutnya kita masuk kepada proses penelitian yakni menentukan populasi dan juga sampel yang akan diteliti. mengapa perlu adanya sampel? Hal ini perlu untuk mewakili populasi. Penggunaan sampel ini akan membuat penelitian lebih sederhana.

  1. Menentukan teknik pengambilan sampel

Sampel yang diambil tidak boleh sembarangan, namun harus menggunakan teknik pengambilan sampel agar lebih akurat.

  1. Menentukan teknik pengumpulan data

Selain menentukan teknik pengumpulan data. Banyak teknik yang bisa digunakan. Hal ini bertujuan supaya data yang digunakan lebih akurat.

  1. Pengolahan data

Setelah sampel dan data diperoleh, proses selanjutnya adalah pengolahan data. Pengolahan data penelitian bisa menggunakan suatu software tertentu ataupun menggunakan alat lain yang mendukung.

  1. Analisis data

Setelah data diolah, kemudian data dianalisis. Analisis data dilakukan dengan tujuan memperoleh hasil yang diinginkan.

  1. Menyusun kesimpulan

Setelah data dianalisis, langkah yang terakhir adalah menyusun kesimpulan. Kesimpulan disusun berdasarkan hasil analisis dan olah data. Kesimpulan yang disusun bisa sejalan dengan hipotesis yang sudah disusun maupun bertentangan.

Nah itulah beberapa langkah-langkah penelitian geografi. Penelitian geografi merupakan penelitian yang ilmiah sehingga tidak bisa dilakukan sembarangan, apalagi untuk mendapatkan suatu kesimpulan yang penting. Demikianlah yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat untuk kita semua.

, , , , ,
Oleh :
Kategori : Geografi Teknik