Gerhana Matahari Sebagian: Pengertian dan Proses

Gerhana Matahari Sebagian

Planet bumi yang kita huni saat ini banyak menyimpan fenomena alam yang unik, seperti proses terjadinya pelangi, proses terjadinya aurora, gerhana bulan dan gerhana matahari. Gerhana matahari merupakan fenomena alam yang paling unik dan menyita perhatian karena terjadi dalam jangka waktu yang sangat lama. Fenomena gerhana matari mempunyai beberapa macam yaitu gerhana matahari total, gerhana matahari cincin, gerhana matahari hibrid dan gerhana matahari sebagian. Tahukah kamu apa itu gerhana matahari sebagian? Pada artikel kali ini akan dibahas mengenai gerhana matahari sebagian dari mulai pengertian, proses terjadi dan dampaknya. Berikut ini adalah penjelasannya:

Pengertian Gerhana Matahari Sebagian

Gerhana matahari sebagian atau parsial adalah gerhana matahari yang terjadi ketika sebagian sinar matahari tertutup oleh sebagian permukaan bulan saat mencapai puncak gerhananya. Ketika terjadi gerhana matahari sebagian, ada bagian matahari yang tertutup bulan dan ada bagian yang tidak tertutupi. Ketika terjadi gerhana matahari sebagian, masih ada bagian matahari yang terlihat terang. Gerhana matahari sebagian merupakan fase awal sebelum terjadi gerhana matahari total dan biasanya waktunya akan lebih lama daripada gerhana matahari total. Bentuk gerhana matahari sebagian ini menyerupai bentuk sabit yang besar.

Proses Terjadinya Gerhana Matahari Sebagian

Gerhana matahari sejatinya merupakan fenomena alam yang langka terjadi di dunia. Fenomena alam ini terjadi ketika matahari, bulan dan bumi berada di dalam satu garis lurus, sehingga menyebabkan sinar matahari ke bumi menjadi terhalangi oleh bulan dan menyebabkan adanya bayangan. Dalam proses terjadinya gerhana matahari sebagian terdapat dua bagian bayangan bulan yaitu umbra yang merupakan bagian gelap dan mempunyai bentuk kerucut yang memuncak menuju ke bumi, dan penumbra yang merupakan bagian terang dan mempunyai bentuk menjaduh dari bulan serta semakin melebar. Kawasan yang terletak di wilayah umbra biasanya akan terjadi gerhana matahari total, sedangkan kawasan yang terletak di wilayah penumbra biasanya akan mengalami gerhana matahari sebagian. Proses terjadinya gerhana matahari sebagian atau parsial sebenarnya sama dengan terjadinya gerhana matahari jenis lain, namun terdapat beberapa hal yang membedakan gerhana matahari sebagian dengan gerhana matahari lain.

Pada proses terjadinya gerhana matahari sebagian, posisi matahari, bulan dan bumi berada dalam satu garis lurus namun posisi bulan akan sedikit melenceng, sehingga permukaan bulatan bulan saat mencapai proses puncak gerhana matahari hanya dapat menutupi sebagian sinar matahari. Pada proses gerhana matahari sebagian ini sinar matahari yang tidak tertutup secara 100 persen, sehingga masih terdapat bagian sinar matahari yang tidak tertutupi bayangan bulan. Oleh karena itu, proses gerhana matahari seperti ini dinamakan gerhana matahari sebagian. Gerhana matahari sebagian dapat terjadi ketika posisi planet Bumi terletak pada wilayah bayangan penumbra Bulan. Proses terjadinya gerhana matahari sebagian umumnya berlangsung lebih lama daripada proses berlangsungnya gerhana matahari total. Hal ini disebabkan oleh bayangan dari penumbra yang lebih luas dari bayangan inti, sehingga gerhana matahari sebagian merupakan fase awal dari gerhana matahari total. Gerhana matahari sebagian mempengaruhi daya tarik matahari dan bulan terhadap bumi, sehingga gerhana matahari dapat menggangu lapisan atmosfer terutama lapisan ionosfer.


Ketika terjadi proses gerhana matahari sebagian sebaiknya jangan melihat secara langsung. Hal ini bisa menjadi bahaya ketika kita melihat gerhana matahari dengan mata telanjang, karena bisa menyebabkan kerusakan pada retina mata yang disebut solar retinopathy. Gelombang dari sinar matahari tampak seperti merah, kuning, hijau, jingga, biru, ungu dan nila serta gelombang sinar matahari yang tampak seperti sinar ultraviolaet akan berbahaya jika dilihat secara langsung, karena  gelombang tersebut memiliki energi kuat, frekuensi sangat tinggi dengan panjang gelombang mencapai 290 nm. Gejalan ketika terjadi kerusakan retina mata adalah terdapat titik-titik hitam pada pandangan mata dan tidak mudah untuk disembuhkan. Ketika kita melihat gerhana matahari secara langsung kita merasa biasa dan tidak menyadari mata dalam bahaya, karena retina mata tidak mempunyai sensor sakit. Lalu retina mata akan terbakar dan mengalami kerusakan bahkan kebutaan.

Dampak Gerhana Matahari Sebagian

Gerhana matahari sebagian sebenarnya memiliki dampak yang sama dengan jenis gerhana matahari lainnya, yaitu:

  • Dampak pada hewan

Hewan merupakan makhluk yang terkena dampak langsung ketika terjadi gerhana matahari sebagian, karena hewan adalah makhluk hidup yang bergantung pada alam. Proses terjadinya gerhana matahari sebagian yang menyebabkan bumi menjadi gelap sementara akan menyebabkan hewan mengalami kebingungan dan menjadi gelisah serta bergerak tak beraturan.

  • Dampak Gravitasi Bumi

Gerhana matahari sebagian akan berdampak pada gravitasi bumi meskipun tidak dirasakan secara langsung, namun akan berdampak bagi bumi. Akibat dari gerhana matahari sebagian, posisi matahari, bulan dan bumi akan mengalami perubahan karena pergeseran. Perubahan posisi tersebut mengakibatkan posisi bumi memiliki jarak yang lebih dekat dengan matahari.


  • Dampak Magnet Bumi

Terjadinya gerhana matahari sebagian akan berdampak pada lapisan atmosfer yaitu ionosfer dan menyebabkan terganggunya medan magnet di bumi. Magnet bumi akan bermasalah ketika terjadi proses gerhana matahari sebagian, namun akan kembali normal ketika gerhana matahari selesai.

  • Dampak Saluran Komunikasi

Terjadinya gerhana matahari sebagian juga berdampak pada saluran komunikasi karena terjadi masalah pada lapisan ionosfer, sehingga gelombang radio dan sinyal internet akan terganggu. Hal ini akan memberi dampak secara langsung bagi bidang transportasi khususnya penerbangan.

Nah, itulah penjelasan mengenai gerhana matahari sebagian dari mulai pengertian, proses terjadinya dan dampaknya bagi kehidupan makhluk hidup. Semoga artikel ini bermanfaat.

, , , , , , , , , ,