5 Sumber Daya Alam Di Dataran Tinggi

Alam menyediakan beragam jenis kebutuhan yang bisadimanfaatkan untuk seluruh makhluk hidup. Segala jenis kebutuhan yang berasaldari alam jika dikelola dengan sangat baik dapat meningkatkan kesejahteraan danjuga kelangsungan hidup makhluk hidup ini dikenal dengan istilah sumber dayaalam.

Sumber daya alam atau SDA ini ada yang bersifat tidak terbatas meskipun digunakan secara terus menerus, namun ada pula yang akan habis jika manfaatkan tanpa adanya kebijakan dalam penggunaannya. Tidak semua tempat di planet Bumi mempunyai sumber daya alam yang sama, hal ini bergantung dari lokasi, struktur geografis, kondisi iklim, dan suhu udara. Oleh karena itulah terjadi perbedaan sumber daya alam antara satu daerah dengan daerah lainnya.

Hal ini juga berlaku di dataran tinggi di mana sumber dayaalamnya tentu berbeda dengan yang berada di dataran rendah. Dan berikut iniadalah sumber daya alam yang dapat ditemukan di dataran tinggi:

  • Sumber Mata Air

Wilayah dataran tinggi khususnyapegunungan, banyak ditemukan sumber mata air alami. Tidak heran jika saat inisudah banyak perusahaan air minum yang memanfaatkan sumber mata air pegununganuntuk dijadikan sebagai air minum.

Sumber mata air yang berasal daripegunungan diyakini sangat baik untuk dikonsumsi, sebab mata air tersebut tidakmengandung bahan kimia berbahaya, aman dari bakteri, mengandung banyak oksigendan kerasa lebih segar. Tidak hanya itu saja, sumber mata air yang mengalirjuga cukup deras sehingga banyak dimanfaatkan sebagai sumber tenaga bagiPerusahaan Listrik Tenaga Air.

Wilayah dataran tinggi memang menjadi titik hulu bagi beberapa sungai yang mengalir hingga ke dataran rendah. Bahkan air terjun yang banyak ditemukan di dataran tinggi juga selain menjadi sumber mata air dapat juga menjadi objek wisata alam yang menarik untuk dikunjungi.

  • Perkebunan

Beberapa jenis tanaman perkebunan hanyadapat tumbuh dengan optimal di ketinggian di atas 700 meter di atas permukaanlaut. Tidak heran jika dataran tinggi banyak dimanfaatkan untuk melakukankegiatan budidaya khususnya untuk perkebunan.

Banyak perkebunan yang melakukan usahabudidaya di dataran tinggi, seperti perkebunan teh, perkebunan kopi, perkebunanstroberi, perkebunan apel, perkebunan tembakau dan lain sebagainya. Bahkanperkebunan jenis tersebut tidak hanya untuk meningkatkan perekonomian setempatnamun juga menjadi tujuan wisata bagi edukasi dan alam untuk orang-orang yangberasal atau tinggal di dataran rendah.

  • Pertanian

Ada beragam jenis hasil pertanian yangdiperoleh dari dataran tinggi, mulai dari sayur mayur, buah-buahan, dan hasilpertanian lainnya yang tidak dapat tumbuh di dataran rendah. Khusus untuk sayurmayur sebagian besar dibudidayakan di kawasan dataran tinggi sebab beberapajenis sayuran seperti kentang, wortel, kubis, brokoli tumbuh dengan baik saatberada di suhu dan iklim tidak terlalu panas serta kondisi tanah yang subur.

Bahkan hasil pertanian di beberapa negaramenjadi sektor andalan yang turut berkontribusi dalam pendapatan negara. Tidakheran jika sebagian besar penduduk yang tinggal di dataran tinggi banyakbekerja sebagai petani sayuran untuk meningkatkan taraf hidupnya.

  • Hasil Tambang

Hasil tambang yang dapat ditemukan dikawasan dataran tinggi memang tidak sebanyak yang berada di dataran rendah ataulepas pantai. Meskipun begitu, hasil tambang ini memiliki nilai jual yang amattinggi karena memang hanya dapat ditemukan di dataran tinggi saja.

Belerang dan kapur menjadi hasil tambangyang bisa ditemukan di dataran tinggi, bahkan sebagian sebagian besarpekerjanya merupakan penduduk yang tinggal di sekitar wilayah tempatpenambangan.

Belerang misalnya, hanya dapat ditemukan di kawasan yang masih cukup tinggi atau aktif akan aktivitas gunung berapi seperti di Gunung Tangkuban Parahu dan Kawah Ijen. Belerang yang keluar dari dalam perut bumi merupakan hasil dari proses gas-gas serta larutan yang mengandung belerang.

  • Flora Dan Fauna

Dataran tinggi juga menjadi tempat tinggal bagi flora dan fauna tertentu atau dengan kata lain hanya dapat ditemukan di dataran tinggi saja. Tidak heran jika flora dan fauna tersebut termasuk ke dalam kategori dilindungi karena memang menjadi endemik dataran tinggi, salah satunya flora endemik di pulau Jawa yakni edelweis yang banyak tumbuh sekitar pegunungan khusunya zona alpina.

Selain flora, ada pula fauna langka yangjuga bisa ditemukan di dataran tinggi seperti lutung, macan tutul, babi hutan,elang dan lain sebagainya. Hampir sebagian besar fauna tersebut masuk ke dalamkawasan hutan yang dilindungi karena populasinya mulai terancam punah.

fbWhatsappTwitterLinkedIn