Flora dan Fauna Khas Kepulauan Riau yang Jarang Diketahui

Sebagai negara kepulauan terbesar di dunia, Indonesia memiliki banyak sekali kelebihan jika dibandingkan negara lain. kelebihan tersebut terletak di persebaran fauna di Indonesia dan juga persebaran flora di Indonesia. Negara kita ini merupakan salah satu negara yang memiliki kekayaan biodiversitas terbesar di dunia. Untuk dapat menggolongkan persebaran flora dan fauna yang ada kita dapat menggunakan garis khayal garis wallace sebagai salah satu acuan utama, sebuah garis khayal yang digunakan untuk membagi wilayah indonesia menjadi tiga kawasan utama. setiap kawasan akan memiliki ciri khas yang berbeda dan keunikan yang berbeda pula.

Fauna dan flora yang ada di Indonesia kebanyakan mungkin merupakan fauna flora yang dipengaruhi oleh kawasan asia dan australia. Meskipun pada ciri-ciri fauna peralihan terdapat perbedaan. Akan tetapi ada juga beberapa satwa di Indonesia yang bisa dikatakan endemik. Satwa endemik sendiri merupakan satwa yang bisa dikatakan hanya bisa ditemukan di lokasi itu saja. satwa seperti ini bisa kita temukan di beberapa daerah di Indonesia. seperti misalnya Komodo yang dapat dapat kita temukan di Taman Nasional Pulau Komodo ada juga beberapa flora khas yang hanya bisa ditemukan di Indonesia. semua itu adalah sebuah bentuk keanekaragaman hayati di Indonesia yang menarik.

Kali ini kita akan membahas mengenai beberapa flora dan fauna khas dari salah satu provinsi di Indonesia. Flora dan fauna khas kepulauan Riau yang memiliki keunikan dan bisa  dikatakan jarang diketahui. Mungkin, sudah banyak orang yang mengetahuinya tapi tak banyak yang tahu bahwa flora dan fauna tersebut merupakan khas Riau. Ada beberapa flora dan fauna khas kepulauan Riau yang bisa kalian ketahui seperti:

  • Kakap

ikan kakapPada bagian fauna yang dianggap sebagai salah satu hewan khas dari kepulauan Riau adalah ikan kakap. Ikan yang memiliki nama ilmiah Lutjanus sanguineus ini merupakan ikan yang sangat terkenal di Riau. Hal tersebut dikarenakan ikan ini memiliki habitat hidup yang sangat cocok dan berada di sekitar kepulauan Riau.

Perairan yang penuh karang dan sangat banyak sumber makanan adalah salah satu kawasan yang sangat dinikmati oleh hewan ini. Tak mengherankan memang jika hak tersebut akhirnya membuat Riau memiliki beberapa jenis ikan kakap. Jika kalian ingin menemukan atau memancing ikan kakap dengan kualitas yang cukup baik dan banyak. Maka salah satu kawasan yang cukup menjadi spot adalah perairan sekitar kepulauan Riau.

Selain terkenal sebagai hewan yang di anggap sangat khas dengan kawasan kepulauan Riau. Ikan kakap ini sendiri juga menjadi salah satu identitas kebudayaan masyarakat Riau. Identitas tersebut dapat ditemukan pada masakan yang menggunakan ikan kakap sebagai bahan utama pembuatannya, yaitu Asam Pedas.

Kepulauan Riau sendiri memiliki banyak sekali jenis ikan kakap. Bahkan bisa dikatakan terbanyak di indonesia. Kita bisa menemukan beragam jenis ikan kakap, mulai dari kakap merah, kakap putih, kakap kuning dan beberapa jenis ikan kakap lain yang mungkin sangat jarang kita temukan di pasaran.

Klasifikasi ilmiah Ikan kakap:

Kingdom : Animalia

Filum : Chordata

Kelas :   Actinopterygii

Ordo : Perciformes

Famili : Lutjanidae

  • Sirih

daun sirihNama tumbuhan yang satu ini bisa dikatakan sudah sangat umum di tengah masyarakat Indonesia. Apalagi ada beberapa tradisi di Indonesia yang menggunakan sirih sebagai salah satu bahan utamanya. Tradisi makan sirih memang banyak ditemukan di beberapa daerah. Namun, bagi masyarakat kepulauan Riau, tradisi makan sirih adalah salah satu hal yang tak boleh terlewatkan. Masyarakat Riau sangat menjunjung tinggi dan melestarikan tradisi yang satu ini. Hal inilah yang menjadi salah satu alasan kenapa sirih merupakan salah satu flora dan fauna khas kepulauan Riau.

Sirih sendiri merupakan tumbuhan yang termasuk kedalam golongan fitofarmaka. Tanaman yang masuk kedalam golongan ini adalah jenis tanaman yang bisa dikatakan dapat digunakan sebagai bahan untuk obat-obatan. Tumbuhan merambat ini sendiri memang cukup terkenal sebagai salah satu tumbuhan yang memiliki banyak sekali manfaat dalam bidang kesehatan. Salah satu manfaat dari sirih adalah sebagai salah satu tumbuhan dengan antiseptik alami. Maka tak ,mengherankan jika beberapa produk medis, menggunakan daun ini sebagai bahan utama.

Tumbuhan rambat ini sendiri dapat mencapai tinggi kurang lebih hingga 15 meter. Tumbuhan yang satu ini secara umum memiliki daun yang agak kekuningan. Namun, tak jarang juga kita menemukan daun sirih yang memiliki warna merah. Atau daun sirih dengan bercak putih pada daunnya. Sedangkan yang ada di kawasan kepulauan Riau sendiri merupakan daun sirih normal yang memiliki warna daun kekuningan. Terkadang juga disertai dengan bercak putih pada daunnya.

Keberagaman dan keanekaragaman flora serta fauna merupakan sebuah hal yang sangat menarik. untuk dapat melestarikannya kita harus menjaga ekosistem dan habitat dari flora dan fauna itu tumbuh dan berkembang, itu tadi beberapa info mengenai flora dan fauna khas kepulauan Riau. Semoga informasi tadi bermanfaat.

fbWhatsappTwitterLinkedIn