5 Bencana Tsunami Terbesar di Indonesia yang Pernah Terjadi

Jika berbicara mengenai Tsunami maka akan ada dua hal yang teringat yakni Jepang dan juga Tsunami Banda Aceh yang pernah meluluhlantahkan area tersebut menjadi daratan yang benar-benar rata. Membayangkannya saja sudah menyeramkan dan menimbulkan korban jiwa. Dulu Tsunami memang terasa asing di telinga masyarakat Indonesia, Tsunami merupakan istilah dari sebuah fenomena atau bencana alam yang berasal dari Jepang.

Bencana tsunami adalah salah satu jenis bencana alam yang terjadi akibat gelombang lautan yang tinggi. Dimana gelombang lautan tersebut besar dan menerjang daratan, hal ini menjadikan area di sekitarnya tersapu dan hilang. Tsunami berasal dari bahasa Jepang yang berarti Tsu atau pelabuhan dan Nami yang artinya gelombang.

Tsunami bisa disebabkan oleh berbagai hal, pertama karena lempengan dasar laut bergeser yang akhirnya menjadikan penyedotan air di laut. Setelah itu air kembali di muntahkan dalam bentuk gelombang dan menyerang daratan seperti ember yang tumpah. Di Jepang Tsunami sering terjadi karena memang areanya yang sering gempa dan menyebabkan bencana ini terjadi.

Berbicara soal Tsunami nyatanya Indonesia juga pernah terjadi dan menciptakan sejarah menakutkan serta memakan korban jiwa sangat banyak. Apabila di lautan, tinggi gelombang tsunami ini tidak terlalu tinggi, hanya sekitar 1 meter saja, namun kecepatannya yang mencapai 500 hingga 1000 kilometer per jam, kecepatan ini menyamai dengan kecepatan pesawat jet. Karena gelombang berjalan sangat cepat seringkali kapal yang berada di lautan sampai tidak terasa akan kehadiran gelombang ini. Berikut deretan Tsunami yang pernah terjadi di Indonesia dan sangat besar :

  1. Papua – 1996

Papua merupakan pulau besar yang terkenal akan emas dan juga hutannya yang lebat. Namun kenyataan bahwa Papua pernah menjadi area yang tersapu Tsunami dan menjadi Tsunami besar di masa itu. Bahkan banyak suku khas dari Papua yang hilang akibat tidak diketahui keberadaannya karena tersapu. Gempa bumi terjadi pada  17 Februari 1996 dengan magnitudo 8,2 ritcher. Hal ini menimbulkan Tsunami besar ke Papua, bahkan gelombang mencapai beberapa negara seperti Kanada, Jepang, Amerika Serikat, dan Taiwan namun kerusakan tidak separah di Papua.

  1. Aceh – 2004

Tsunami Aceh yang terjadi tahun 2004 lalu tidak akan pernah dilupakan oleh siapapun, bahkan media dunia. Bencana yang terjadi dan meratakan hampir sebagian besar Sumatera ini terjadi akibat gempa berkekuatan 9.1 ritcher yang bahkan menyebabkan ratusan ribu jiwa menjadi korban. Bukan hanya Aceh, beberapa negara juga terkena Tsunami dan juga mengambil korban jiwa seperti Thailand, Sri Lanka dan juga beberapa negara Asia sekitar. Namun paling parah terjadi di Aceh bahkan menghilangkan hampir 40% penduduk Aceh.

  1. Laut Banda – 1938

Tsunami besar yang pernah menerjang Indonesia setelah Tsunami Aceh adalah Tsunami yang pernah terjadi di Laut Banda. Dimana Tsunami ini menghilangkan berbagai kapal yang berlayar dan menimbulkan duka cita bagi indonesia, mengingat Tsunami ini merupakan bencana terbesar ke – 9 yang pernah terjadi di abad ke – 20. Jika dilihat dari gempa yang terjadi memang lebih besar di Aceh. Gempa di Laut Banda berkekuatan 8.5 S.R, namun gelombang yang menghantam setinggi 1,5 meter ditambah kecepatan Tsunami ratusan KM dalam sekali sapu. Hal ini menjadi catatan kelam di sejarah Indonesia bahwa Laut Banda pernah seganas itu pada Indonesia.

  1. Banyuwangi – 1994

Di tahun 1994 Pulau Jawa harus dikagetkan dengan fenomena Tsunami yang menimpa salah satu daerah yaitu Banyuwangi. Sebagai kota yang sangat dekat dengan laut, tentu dampak yang dirasakan sangat besar dan salah satunya adalah banyak korban jiwa yang harus meninggal karena tragedi Tsunami di Banyuwangi ini. Penyebabnya adalah gempa yang terjadi di Samudera Hindia yang akhirnya menyebabkan Tsunami Samudera. Tentu selain rusak, banyak benda, bahkan keluarga yang kehilangan saudaranya karena tersapu air dan entah kemana.

  1. Mentawai – 2010

Terakhir adalah lempengan yang ada di Sumatera dan menyebabkan pergeseran bawah laut. Hal ini jelas menimbulkan masalah pada area sekitar yang harus menerima dampak Tsunami besar dan mengerikan. Mentawai, Sumatera Barat menjadi titik utama terjadinya gempa dan akhirnya berdampak Tsunami pada area Padang dan sekitarnya. Tsunami memang cukup besar dan tekstur tanah di Sumatera Barat termasuk yang tidak terlalu keras sehingga menyebabkan longsor dan pergeseran tanah cukup besar.

Itulah masa-masa berduka masyarakat Indonesia akibat Tsunami. Belum lagi adanya Tsunami karena likuifaksi yang baru terjadi di Sulawesi Tengah khususnya di Palu dan juga Donggala. Tsunami sendiri bisa disebabkan oleh banyak faktor dan salah satunya adalah gempa bumi di dasar laut.

, , , ,
Oleh :
Kategori : Bencana Alam
Video Edukasi

Bulan adalah satelit alami Bumi satu-satunya dan benda langit yang paling terang setelah Matahari. Bagaimana bila bumi tidak memiliki bulan? Simak videonya!

Rekomendasi Film

Inilah rekomendasi film science fiksi yang bikin kamu cerdas seketika karena bikin mikir banget!