3 Proses Terjadinya Gunung Meletus dan Contohnya di Indonesia

Gunung api yang masih aktif mengalami sebuah siklus memuntahkan material dalam bumi yang disebut dengan erupsi gunung berapi. Gunung meletus mengalami sebuah proses yang berkaitan dan berurutan antara satu tahap dengan tahap lainnya. Ada beberapa tahap proses terjadinya gunung meletus antara lain sebagai berikut:

  1. Terdapat endapan magma di perut bumi

Proses terjadinya gunung meletus diawali dengan adanya magma di dalam perut bumi atau inti Bumi. Magma sendiri merupakan batuan cair yang berada di perut Bumi. Magma dapat terbentuk akibat panasnya suhu di dalam interior Bumi.

  1. Terdapat gas yang bertekanan tinggi

Suhu panas yang ada di dalam Bumi mampu melelehkan batuan penyusun lapisan bumi. Ketika batuan- batuan tersebut meleleh maka dihasilkan gas yang kemudian bercampur dengan magma. Magma ini terbentuk di kedalaman 60 hingga 160 km di bawah permukaan Bumi.

  1. Magma didorong gas yang memiliki tekanan tinggi

Magma yang mengandung gas kemudian akan terdorong sedikit demi sedikit ke permukaan Bumi karena memiliki massa yang lebih ringan daripada batuan padat yang ada di sekelilingnya. Magma yang mengandung gas berada dalam kondisi dibawah tekanan bauan- batuan berat yang berada di sekitarnya. Tekanan inilah yang menyebabkan magma meletus atau yang disebut dengan erupsi gunung berapi atau gunung meletus.

Nah itulah beberapa tahap atau proses terjadinya gunung meletus. Proses tersebut saling berkaitan antara satu dengan yang lainnya. Gunung meletus juga bukan merupakan hal yang langka terjadi di Indonesia. Karena Indonesia merupakan negara yang berada di Iingkaran cincin api maka gunung api ada banyak jumlahnya di Indonesia dan banyak aktif.

Contoh Gunung Meletus

Gunung api yang aktif di Indonesia jumlahnya banyak dan sering mengalami erupsi. Kita tidak jarang mendengar berita tentang gunung meletus yang ada di Indonesia. Adapun beberapa peristiwa gunung meletus yang ada di Indonesia antara lain sebagai berikut:

  1. Meletusnya Gunung Sinabung

Peristiwa gunung meletus yang pertama adalah meletusnya gunung Sinabung. Gunung Sinabung adalah salah satu gunung yang paling aktif di Indonesia. Gunung Sinabung adalah gunung yang berada di wilayah Sumatera Barat. Gunung Sinabung akhir- akhir ini mengalami erupsi yang panjang. Gunung ini sering mengalami erupsi pada waktu- waktu tertentu. Banyak masyarakat yang berada di sekitar gunung Sinabung mengungsi dalam kurun waktu tertentu. selain itu akibat Gunung Sinabung meletus banyak masyarakat yang mengalami kerugian karena lahan pertanian mereka rusak terkena abu vulkanik muntahan gunung Sinabung.

  1. Meletusnya Gunung Merapi

Gunung terkenal aktif di Indonesia selanjutnya adalah gunung Merapi. Gunung Merapi adalah gunung yang berada di Jawa Tengah. Gunung ini berada di kawasan kompleks gunung di Jawa Tengah dan merupakan gunung yang paling besar di kompleks tersebut. Peristiwa erupsi dasyat gunung Merapi terjadi di tahun 2010. Pada Saat itu banyak korban berjatuhan akibat letusan gunung Merapi, termasuk juga Juru Kunci Mbah Marijan.

  1. Meletusnya Gunung Kelud

Gunung Kelud adalah gunung yang berada di wilayah Jawa Timur. Gunung Kelud mengalami letusan yang dasyat, bahkan material abu vulkanik dari Gunung Kelud ini hingga ke wilayah Jawa Tengah, termasuk Yogyakartka yang tertutup dengan abu tebal.

Nah itulah beberapa contoh gunung- gunung yang meletus di Indonesia. Gunung ini meletus dalam beberapa periode tertentu. Setiap gunung memang memiliki siklusnya sendiri. Semoga informasi yang disampaikan dalam artikel ini bermanfaat.

fbWhatsappTwitterLinkedIn