9 Akibat Gunung Sinabung Meletus – Positif dan Negatifnya

akibat gunung sinabung meletusGunung Sinabung merupakan salah satu gunung tertinggi di Indonesia. Gunung Sinabung adalah gunung yang tertinggi dan terbesar di Provinsi Sumatera Barat, gunung ini memiliki banyak pengaruh bagi kehidupan masyarakat di tanah Minang tersebut. Kita semua tahu bahwa gunung merupakan salah satu sumber daya alam yang ada di planet bumi ini.

Gunung Sinabung juga merupakan salah satu contoh gunung aktif yang masih bisa mengalami erupsi. Bahkan beberapa tahun terakhir gunung Sinabung mengalami erupsi beberapa kali. Lalu, apakah ada akibat yang akan ditimbulkan dari peristiwa erupsi gunung Sinabung ini? Berikut ini akan kita bahas mengenai akibat erupsi gunung Sinabung.

Erupsi gunung berapi merupakan salah satu fenomena alam yang menakjubkan di dunia. Di Indonesia sendiri, masalah erupsi gunung berapi ini adalah fenomena yang seringkali terjadi. Penyebab erupsi ada banyak sekali, demikian pula dengan akibat yang ditimbulkan dari erupsi tersebut. Inilah beberapa akibat gunung Sinabung meletus:

1. Akibat Positif

Selain akibat negatif, erupsi gunung Sinabung juga bisa menimbulkan akibat positif. Beberapa akibat positif yang ditimbulkan dari erupsi gunung Sinabung antara lain sebagai berikut:

  • Menyuburkan tanah

Abu vulkanik yang ditimbulkan oleh gunung Sinabung akan dapat menyuburkan tanah. Hal ini karena kandungan yang ada di dalam abu tersebut.

  • Stok bahan bangunan melimpah

Ketika gunung Sinabung mengalami erupsi, maka saat itu juga di permukaan Bumi ini akan memiliki stok bahan bangunan yang melimpah, seperti batu- batuan dan juga pasir yang melimpah.

  • Timbulnya mata pencaharian baru

Akan ada mata pencaharian yang baru setelah terjadinya erupsi gunung berapi. Apakah mata pencaharian tersebut? Mata pencaharian itu adalah penambang pasir.

Akibat- akibat positif itulah yang bisa disebabkan oleh letusan gunung sinabung. Dampak positif yang dihasilkan oleh gunung berapi memang tidak terlalu kelihatan apabila dibandingkan dengan dampak negatif.

2. Akibat Negatif

Akibat negatif gunung Sinabung meletus atau mengalami erupsi ini sama dengan gunung api lainnya. Beberapa akibat negatif yang bisa timbul karena gunung Sinabung mengalami erupsi antara lain sebagai berikut:

  • Menyebabkan kerusakan lingkungan

Akibat Gunung Sinabung meletus adalah terjadinya kerusakan lingkungan. Kerusakan lingkungan ini akan terjadi oleh material-material yang keluar dari gunung tersebut. Adapun contoh- contoh dari material yang keluar dari gunung antara lain adalah awan panas, lahar panas dan lahar dingin, bebatuan, pasir dan lain sebagainya.

  • Pencemaran udara

Pencemaran udara adalah akibat yang pasti ditimbulkan dari erupsi gunung berapi. Gunung berapi banyak mengeluarkan debu-debu vulkanik yang akan mengotori udara di bumi. debu vulkanik mengandung banyak zat yang berbahaya, dengan demikian kita harus selalu menggunakan masker. Maka dari itulah mengapa ketika gunung api erupsi dan hujan abu sampai di sekitar tempat kita, kita harus selalu menggunakan masker.

  • Menimbulkan kerusakan bangunan

Gunung berapi ketika akan erupsi maka selalu menimbulkan gempa. Gempa yang demikian disebut sebagai gempa vulkanik. Gempa vulkanik dapat menyebabkan kerusakan pada bangunan, baik itu kerusakan ringan maupun kerusakan yang berat.

  • Menimbulkan banyak penyakit

Akibat erupsi gunung berapi lainnya, khususnya gunung Sinabung adalah menimbulkan banyak penyakit. Beberapa penyakit yang timbul dari erupsi gunung berapi antara lain adalah gangguan pernapasan, diare, dan penyakit yang timbul di lingkungan pengungsian.

  • Menyebabkan kebakaran hutan

Lahar panas yang keluar dari mulut gunung berapi akan menyebabkan kebakaran hutan secara alami.

  • Melumpuhkan kegiatan perekonomian sementara

Bencana alam jenis apapun memang menimbulkan banyak dampak negatif. Salah satunya adalah melumpuhkan kegiatan perekonomian. Kegiatan perekonomian yang biasanya berjalan dengan lancar akan terganggu dalam kurun waktu sementara.

Itulah beberapa akibat negatif yang bisa timbul dari gunung meletus. Selain akibat negatif, ada pula akibat positif yang bisa timbul dari erupsi gunung Sinabung. Nah, itulah beberapa akibat yang dapat ditimbulkan dari erupsi gunung berapi, khususnya gunung Sinabung. Dampak ini akan dirasakan terutama oleh orang-orang yang berada di Sumatera Barat.

, , , , ,
Oleh :
Kategori : Bencana Alam