4 Dampak Bom Hidrogen dan Bahayanya

Bom merupakan sebuah bahan peledak yang sering digunakan untuk perang maupun berbuat kejahatan atau kriminal. Bom adalah bahan peledak yang dirangkai dengan menggunakan kabel- kabel khusus dan terkadang dihubungjan dengan waktu. Namun ada pula bom yang tidak dihubungkan dengan waktu, namun dikendalikan jarak jauh. Bahan untuk membuat bom juga berbeda- beda. Komponen ini disusun dan dicampur hingga menghasilkan bahan peledak yang bisa menghasilkan ledakan luar biasa. Beberapa contoh bom yang sering kita temui adalah Bom atom dan Bom hidrogen. Namun pada kesempatan ini kita akan menyoroti lebih mengenai bom hidrogen, khususnya tentang dampak yang dihasilka oleh bom hidrogen.

Bom Hidrogen

Bahan- bahan ini bisa menghasilkan ledakan yang luar biasa besar. Sementara bom hidrogen merupakan bom yang dirakit dengan mengadopsi proses dasar tenaga nuklir yang berlangsung jauh di dalam badan matahari untuk menghasilkan energi. Bom hidrogen ini memiiki daya ledak yang luar biasa. Bahkan ada yang mengatakan bahwa bom hidrogen adalah senjata penghancur tunggal yang paling mengerikan yang pernah diciptakan oleh manusia. Banyak sekali dampak luar biasa yang bisa ditimbulkan dari ledakan bom hidrogen. Berbagai dampak tersebut akan kita jelaskan di bawah ini.

Dampak Bom Hidrogen

Bom hidrogen merupakan kekuatan yang sangat besar yang bisa diciptakan oleh manusia. Bom hidrogen dimiliki oleh negara- negara yang memiliki kekuatan nuklir, seperti Korea Utara. Dampak yang ditimbulkan dari ledakan bom hidrogen bisa sangat besar. Dampak- dampak tersebut antara lain sebagia berikut:

  1. Panas

Panas merupakan salah satu dampak nyata yang ditimbulkan oleh bom hidrogen. Panas yang ditimbulkan dari bom hidrogen ini sangat besar dan bisa melelehkan materi- materi yang ada di sekitarnya. Lebih dari sepertiga energi dari bom hidrogen ini dilepaskan dalam bentuk panas, cahaya dan juga beberapa radiasi ringan lainnya seperti sinar ultraviolet dan juga sinar-X.  Panas yang dihasilkan oleh bom hidrogen bisa menghasilkan efek melelehkan materi- materi yang berada di sekitar bom tersebut atau pusat ledakan. Diantaranya adalah mampu melengketkan tanah dan pasir hingga menjadi kaca, serta dapat menghasilkan bola api dengan ukuran raksasa.

  1. Cahaya

Selain dalam bentuk panas, energi yang dilepaskan bom hidrogen adalah berbentuk cahaya. Cahaya yang dikeluarkan oleh bom hidrogen sangat besar. Dampak utama yang terjadi paling langsung adalah menyebabkan kebutaan temporer maupun permanen pada setiap mata yang menatapnya tanpa perlindungan yang memadai bagi mata.

  1. Ledakan

Ledakan yang dihasilkan oleh bom hidrogen sangat besar. Perbedaan ledakan bom hidrogen dibandingkan dengan jenis ledakan bom lain adalah energi ledak yang jauh lebih besar. Ledakan penghancur dari bom ini terjadi karena panas yang dilepaskan menciptakan tekanan atau gelombang berlebih yang dapat menaikkan teknan atmosferik yang memancar dari ledakan.

  1. Radiasi

Dampak lainnya yang terjadi akibat ledakan bom hidrogen adalah radiasi. Sekitar 15% energi bom hidrogen terbentuk sebagai radiasi, 5% radiasi tersebut berupa radiasi yang dapat menyebabkan ionisasi. Radiasi yang terjadi akibat ledakan bom hidrogen tersebut memancarkan zat- zat tertentu. Zat- zat tersebut terus memancarkan radioaktif berbahaya ketika zat sedang meluruh. Radiasi ini bisa menimbulkan banyak masalah kesehatan hingga menciptakan kelainan pada tubuh.

Nah itulah beberapa dampak yang bisa dihasilkan dari ledakan bom hidrogen. Perlu diingat bahwa bom hidrogen membawa dampak yang sangat besar sehingga dikategorikan sebagai senjata yang berbahaya. Semoga artikel ini bermanfaat untuk kita semua.

, , , ,
Oleh :
Kategori : Bencana Alam
Video Edukasi

Bulan adalah satelit alami Bumi satu-satunya dan benda langit yang paling terang setelah Matahari. Bagaimana bila bumi tidak memiliki bulan? Simak videonya!

Rekomendasi Film

Inilah rekomendasi film science fiksi yang bikin kamu cerdas seketika karena bikin mikir banget!