5 Contoh Interaksi Protokooperasi dan Penjelasannya

Simbiosis merupakan sebuah hubungan antara satu makhluk hidup dengan makhluk hidup lainnya. Dalam pelajaran sains kita juga mempelajari tentang simbiosis ini. Dalam buku pelajaran dan materi yang disampaikan oleh guru di kelas, simbiosis dibedakan menjadi tiga macam, yatu sismbiosis mutualisme, simbiosis parasitisme, dan simbiosis komensalisme. Adapun pengertian dari masing- masing simbiosis antara lain sebagai berikut:

  • Sismbiosis mutualisme merupakan hubungan antara dua makhluk hidup yang saling berhubungan dimana sifat hubungan keduanua ini adalah saling menguntungkan kedua belah pihak.
  • Simbiosis parasitisme merupakan hubungan antara dua makhluk hidup yang saling berhubungan dimana sifat hubungan keduanya ini adalah satu pihak diuntungkan dan pihak lainnya dirugikan.
  • Simbiosisi komensalisme merupakan hubungan antara dua makhluk hidup yang saling berhubungan dimana sifat hubungan keduanya ini adalah satu pihak diuntungkan dan pihak lainnya tidak dirugikan atau netral.

Nah, selain ketiga jenis simbiosis tersebut,  ternyata masih ada satu lagi jenis simbiosis. Simbiosis yang jarang terdengar namanya ini adalah simbiosis protokooperasi. Pada kemespatan kali ini kita akan membahas mengenai pengertian simbiosis protokooperasi ini dan juga contoh- contohnya dalam kehidupan sehari- hari.

Pengertian Simbiosis Protokooperasi

Kita akan mulai dari pengertainnya terlebih dahulu. Simbiosis protokooperasi merupakan jenis sismbiosis yang mirip dengan simbiosis mutualisme, namun ada beberapa poin yang berbeda. Simbiosis protokooperasi merupakan hubungan timbal balik antara dua makhluk hidup yang bersifat menguntungkan, namun interaksi tersebut tidak akan mengganggu kelangsungan hidup kedua makhluk hidup tersebut, sehingga bukan menjadi prioritas utama interaksi tersebut harus dilakukan. Untuk lebih memahami tentang simbiosis protokooperasi ini kita akan membahas mengenai contoh- contohnya.

Contoh Simbiosis Protokooperasi

Simbiosis protokooperasi adalah hubungan yang laing menguntungkan kedua belah pihak, namun bukan menjadi prioritas utama. Untuk jelasnya kita bisa memahami beberapa contoh di bawah ini.

  1. Hubungan kerbau dengan burung jalak

Contoh pertama dari simbiosis ini adalah hubungan antara kerbau dengan burung jalak. Sebelumya, hubungan antara kerbau dengan burung jalak ini lebih dikenal sebagai sismbiosis mutualisme. Namun setelah ada kategori sismbiosis protokooperasi ini maka hubungan kerbau dengan burung jalak adalah contoh dari sismbiosis ini. Burung jalak hinggap di tubuh kerbau untuk memakan kutu- kutu kerbau. Keduanya sama- sama untung karena burung jalak mendapat makan sementara kerbau akan berkurang kutunya. Namun, hal ini tidak menjadi keharusan bagi jalan karena jalak bisa mencari di tempat lain sementara kerbau juga tidak akan terganggu apabila jalak tidak memakan kutunya.


  1. Hubungan gajah dengan burung bangau

Sama seperti dengan jalak dan kerbau, burung bangai seringkali ditemukan hinggap di tubuh gajah untuk membantu menghilangkan kutu dan sela kulit mati yang ada di tubuh gajah. Namun hal ini tidak menjadi keharusan karena bangau bisa mencari di tempat lain.

  1. Hubungan Burung Oxpecker dengan Zebra

Burung Oxpecker hinggap di tubuh zebra untuk memakani kutu mereka. Keduanya saling diuntungkan, namun apabila tidak terjadi maka tidak akan mempengaruhi kehidupan keduanya, karena burung oxpecker bisa mencari di tempat lain.

  1. Hubungan burung plover dengan buaya

Burung plover merupakan burung yang memakan daging sisa predator seperti buaya. Sehingga burung ini mencari makanan di sela- sela mulut dan gigi buaya. Hal ini mengutungkan bagi buaya karena bisa membersihkan mulut dan giginya. Namun hal ini juga tidak menjadi keharusan bagi burung plover untuk mencari makan di mulut buaya.


  1. Bunga dengan serangga

Contoh lainnya dari simbiosis protokooperasi adalah bunga dengan serangga. Memang benar bahwa dalam proses penyerbukannya, bunga dibantu oleh serangga. Namun selain serangga, bunga juga dibantu oleh beberapa faktor lain seperti jenis- jenis angin, jenis- jenis air atau burung. Sehingga hal ini menyatakan bahwa interaksi antara serangga dan bunga bukanlah interaksi yang mutlak.

Nah itulah beberapa contoh dari sismbiosis protokooperasi yang sejatinya memiliki sifat sama dengan sismbiosis mutualisme, yaitu saling menguntungkan. Semoga kita lebih bisa memahami tentang simbiosis ini. Semoga bermanfaat.

, , ,
Oleh :
Kategori : Fenomena Alam