9 Keunggulan Planet Bumi Dibandingkan Planet Lain

Di alam semesta yang luas ini, terdapat banyak sekali galaksi dan sistem tata surya yang hingga saat ini keberadaannya masih menjadi misteri. Beberapa galaksi sudah teridentifikasi salah satunya adalah galaksi dimana kita berada, yaitu galaksi Bima Sakti. Setidaknya ada beberapa galaksi yang posisinya dekat dengan galaksi kita yaitu galaksi Andromeda dan galaksi Triangulum. Berbicara mengenai galaksi Bima Sakti, di dalamnya terdapat milyaran bintang dan di sana juga terdapat tata surya kita. Dahulu di dalam sistem tata surya kita terdapat 9 planet dengan matahari sebagai pusat tata surya. Namun, pada tanggal 24 Agustus 2006 planet pluto sudah tidak dianggap planet lagi. Sehingga saat ini terdapat 8 planet dan matahari masih menjadi pusat tata surya.

Berbicara mengenai planet, planet di dalam tata surya dibagi menjadi 2 bagian yaitu planet dalam dan planet luar. Planet yang masuk ke dalam kategori planet dalam yaitu Merkurius, Venus, Bumi dan Mars sedangkan sisanya seperti Jupiter, Saturnus, Uranus dan Neptunus masuk kategori planet luar. Planet yang paling terkenal di tata surya ini yaitu planet Bumi. Planet Bumi merupakan planet yang spesial. Planet yang sangat ideal untuk dijadikan sebagai tempat tinggal bagi jutaan bahkan milyaran makhluk hidup.

Meskipun saat ini para peneliti sedang melakukan penelitian apakah terdapat planet di luar angkasa sana yang memiliki struktur dan ciri yang sama dengan planet bumi kita. Nyatanya, hingga saat ini masih belum ada planet yang memiliki kesamaan dengan planet bumi. Meskipun beberapa planet tersebut memiliki syarat yang sama seperti planet bumi, tapi belum terpenuhi semua syarat tersebut. Lalu, mengapa apa keunggulan yang dimiliki oleh planet bumi jika dibandingkan dengan planet-planet sejenis. Inilah beberapa keunggulan planet bumi dibandingkan planet lain:

  1. Planet Air

Jika dilihat dari luar angkasa, planet bumi akan terlihat berwarna biru. Hal ini dikarenakan hampir sekitar 70% planet bumi terdiri atas air. Kita tahu jika air adalah elemen yang sangat penting bagi kehidupan. Dan elemen penting ini hanya dimiliki oleh planet bumi. Hal itulah yang membedakan planet bumi dengan planet – planet lainnya yang ada di tata surya ini. Jumlah air yang dimiliki oleh planet bumi cukup ideal. Tidak terlalu banyak untuk menutupi pegunungan dan tidak terlalu sedikit seperti gurun kering yang berada di planet Mars dan Venus.

  1. Jarak yang tepat dengan matahari atau Goldilocks Planet

Planet bumi berada di jarak yang tepat dengan matahari sebagai pusat tata surya yaitu 149,6 juta km. Pada jarak tersebut membuat planet bumi terlihat sesuai dengan di tempat yang tepat. Jika planet bumi berada pada jarak yang terlalu dekat dengan matahari, planet bumi akan terlalu banyak menerima energi dari sinar matahari yang berakibat planet bumi akan mengalami penguapan dengan cepat. Sedangkan jika terlalu jauh, ada kemungkinan planet bumi akan cepat membeku.

  1. Bentuk yang sesuai

Untuk ukuran planet bumi sudah sesuai untuk dihuni oleh makhluk hidup. Jika terlalu kecil ukurannya, planet bumi tidak akan mampu menahan lapisan atmosfer kita yang sangat berharga ini. namun, jika terlalu besar, planet bumi akan menjadi gas yang berukuran raksasa yang sangat panas untuk dihuni. Planet terbesar di tata surya yaitu planet Jupiter, mempunyai tugas yang sangat penting bagi planet bumi yaitu sebagai benteng pertahanan dari puing – puing luar angkasa. Bisa dibayangkan jika ukuran planet bumi lebih besar daripada planet Jupiter. Bisa jadi planet bumi akan mudah mendapat serangan dari batuan – batuan dari luar angkasa.

  1. Memiliki bulan yang ramah

Tidak hanya sebagai satelit alam yang dimiliki planet bumi. Bulan juga memiliki peran yang amat penting bagi bumi yaitu memberi kestabilan pada rotasi bumi dan mencegah pergerakan tiba – tiba dari kedua kutub. Tidak hanya itu saja, bulan juga membantu dalam mengatur pasang surut air laut yang ada di planet bumi.

  1. Adanya lapisan ozon

Bisa dibayangkan jika planet bumi tidak memiliki lapisan ozon. Bisa jadi sejak awal terbentuknya planet bumi, tidak akan ada ditemukan kehidupan di dalamnya. Betapa pentingnya lapisan ini bagi planet bumi. Lapisan ozon ini berfungsi untuk melindungi bumi dari radiasi sinar ultra violet yang sangat berbahaya. Sinar ini sangat berbahaya bagi semua makhluk hidup terutama manusia. Seperti yang telah diketahui, dahulu terdapat tumbuhan dan organisme yang tidak diketahui menghasilkan oksigen dan melepaskannya ke atmosfer. Lapisan tersebut itulah yang melindungi hewan – hewan terdahuli dari radiasi yang berbahaya.

  1. Rotasi yang stabil

Planet bumi juga mengalami perputaran pada sumbunya dengan kecepatan yang konstan. Selain itu, planet bumi juga berputar mengelilingi matahari. Akibatnya yaitu, terjadi pergantian siang dan malam serta pergantian musim di berbagai belahan bumi. Rotasi bumi tersebut membuat pergantian siang dan malam menjadi teratur dengan frekuensi yang stabil. Sehingga tidak terjadi perubahan suhu yang ekstrim di planet bumi.

  1. Terdapat medan magnet

Hanya planet bumi saja yang memiliki medan magnet. Medan magnet ini berfungsi sebagai penangkap partikel – partikel sinar radiasi matahari dan luar angkasa. Partikel – partikel tersebut dikumpulkan dalam sebuah zona yang bernama sabuk Van Allen. Sabuk Van Allen terletak di 3.000 – 18.000 km dari permukaan tanah. Tetapi, beberapa partikel tersebut ada yang terlepas dari sabuk Van Allen. Partikel yang terlepas dan jatuh di dekat dengan kutub akan menghasilkan cahaya yang indah di langit atau biasa disebut dengan Aurora.

  1. Sumber Energi

Sebenarnya sumber energi yang dimiliki oleh planet bumi masih berkaitan dengan benda angkasa lain yaitu matahari. Sinar matahari yang masuk ke dalam bumi, dimanfaatkan oleh tanaman untuk melakukan fotosintesis. Nutrisi – nutrisi yang dihasilkan dari proses fotosintesis ini menjadi sumber kehidupan baik secara langsung maupun tidak langsung.

  1. Selalu menjadi yang baru

Penelitian terbaru mengatakan jika lempeng tektonik menjadi elemen yang penting bagi kelangsungan hidup. Secara sederhana, karbondioksida membantu menangkap panas yang berasal dari sinar matahari agar bumi tetap hangat. Gas ini biasanya terdapat di bebatuan dalam jangka waktu yang cukup lama. Pergeseran lempeng tektonik ini membantu menggerakan batuan tersebut untuk meleleh dan akhirnya melepaskan karbondioksida kembali ke atmosfer dalam bentuk gunung berapi. Gunung berapi inilah yang menghasilkan sumber mineral yang penting bagi kehidupan.

Itulah tadi keunggulan planet bumi dibandingkan planet lain. Jaga selalu bumi kita ya dan semoga penjelasan tadi bisa bermanfaat.

, , ,
Oleh :
Kategori : Astronomi