Fakta-Fakta Galaksi Andromeda Terlengkap

galaksi andromedaGalaksi merupakan sebutan bagi sistem tata surya, yakni kumpulan beberapa benda langit yang memiliki pusat dan beberapa benda langit lainnya mengalami pergerakan yang berkiblat pada pusat tersebut. Planet yang  kita diami adalah planet Bumi. Planet Bumi merupakan sebuah bagian dari sebuah Galaksi yang disebut dengan Galaksi Bimasakti.

Galaksi Bimasakti sendiri merupakan galaksi yang berbentuk seperti cakram. Galaksi Bimasakti memiliki sebuah pusat yakni matahari, oleh karena itulah planet-planet di tata surya galaksi Bimasakti melakukan gerakan revolusi mengitari matahari. Di jagat raya sendiri ternyata tidak hanya terdapat satu galaksi saja seperti yang kita tempati.

Namun di luar sana ternyata ada galaksi lain yang ukurannya bisa berkali- kali lipat dari ukuran galaksi yang kita tempati. Dengan demikian kita bisa membayangkan sendiri betapa luasnya alam yang kita tempati ini. Mulai dari planet Bumi yang bisa menampung semua manusia saja sudah sangat luas, kemudian planet lain yang ukurannya berkali- kali lipat dari Bumi, kemudian matahari yang ukurannya super besar, kemudian galaksi Bima Sakti yang bisa kita bayangkan keluasannya, dan di luar sana masih ada beberapa galaksi lainnya. Mungkin juga di galaksi lain ada planet yang mirip dengan Bumi yang juga ditinggali oleh makhluk hidup seperti manusia, entahlah.

Dari beberapa galaksi yang ada di alam semesta, salah satu galaksi yang berada paling dekat dengan galaksi Bimasakti (sehingga disebut sebagai galaksi tetangga) adalah galaksi Andromeda. Galaksi Andromeda adalah galaksi yang berbentuk spiral yang letaknya dekat dengan galaksi Bima Sakti. Galaksi ini bahkan bisa dilihat dengan mata manusia pada kondisi tertentu, yakni pada saat langit cerah tanpa cahaya bulan dan juga tanpa polusi cahaya. Nah, pada kesempatan kali ini kita akan membahas mengenai galaksi Andromeda supaya kita bisa lebih mengenal mengenai galaksi tetangga ini.

Galaksi Andromeda merupakan galaksi yang memiliki nama lain Messier 31, NGC 224 dan masih banyak lagi sebutannya (akan dijelaskan di bawah). Galaksi Andromeda memiliki bentuk spiral. Galaksi ini memiliki jarak kira- kira 780 kiloparsec atau 2,5 juta tahun cahaya dari Bumi. Ada beberapa fakta atau data mengenai galaksi Andromeda. Data-data ini diperoleh dari penelitian yang dilakukan oleh ilmuwan. Adapun data-data seputar galaksi Andromeda antara lain sebagai berikut:

  • Konstelasi : Andromeda
  • Asensio Rekta : 00 j 42 m 44,3 d
  • Deklinasi : +41° 16’ 9’’
  • Pergeseran Merah : z= -0, 001001
  • Kecepatan Radial : -301 ± 1 km/s
  • Jarak : 2,5 juta tahun cahaya
  • Tipe : SA(s)b
  • Massa : ~0,8-1 x

Nah, itulah beberapa informasi atau data-data mengenai galaksi Andromeda yang diperoleh dari penelitian yang dilakukan para astronom dan juga para ilmuwan. Galaksi Andromeda, seperti yang telah dijelaskan di atas, bahwa galaksi ini dapat dilihat dengan mata telanjang dalam kondisi tertentu. Berikut

  • Letak Galaksi Andromeda

Galaksi Andromeda merupakan galaksi yang berada di jarak paling dekat dengan galaksi Bima Sakti. Karena kedekatannya, hingga galaksi ini bisa kita saksikan langsung dari Bumi pada saat tertentu. Saat- saat yang bisa kita manfaatkan untuk melihat galaksi Andromeda adalah ketika langit cerah pada malam hari, tanpa cahaya bulan dan juga tanpa polusi cahaya tentunya. Lalu, di sebelah mana sih kita bisa melihat galaksi Andromeda dan berbentuk seperti apakah galaksi ini?

Jadi, galaksi Andromeda berada di langit bagian utara, tepatnya sekitar 41 derajat di sebelah utara garis khatulistiwa. Ketika dilihat dengan mata telanjang, galaksi ini tampak seperti kabut yang tipis. Namun apabila kita amati dengan menggunakan teleskop atau teropong untuk me.ihat bintang maka akan tampak bintang- bintang yang berada di sebelah tepian dari galaksi Andromeda ini yang jumlahnya banyak.

  • Waktu untuk Melihat Galaksi Andromeda

Di atas telah disebutkan bahwasannya waktu yang tepat untuk mengamati galaksi Andromeda adalah ketika langit cerah tanpa cahaya bulan dan juga tanpa polusi cahaya. Namun lebih spesifik lagi waktu untuk melihat galaksi ini adalah ketika memasuki bulan September, Oktober dan juga November. Di bulan- bulan ini tentu akan lebih mudah untuk mengamati keberadaan galaksi Andromeda.

  • Nama Lain Galaksi Andromeda

Galaksi Andromeda memiliki beberapa nama lain yang disematkan kepadanya. Adapun beberapa nama lain dari galaksi Andromeda antara lain adalah Messier 31, NGC 224, UGC 454, 2C 56 (Core), CGCG 535-17, MCG +07-02-016, IRAS 00400+4059, 2 MASX J00424433++4116074, GC 116, h 50, Bode 3, Flamsteed 58, Hevelius 52, Ha 3.3, IRC +40013. Itulah beberapa nama lain dari galaksi Andromeda, banyak sekali ya.

  • Jumlah Bintang di Galaksi Andromeda

Jumlah bintang yang berada di Galaksi Andromeda menurut penelitian adalah sekitar 1 triliun bintang yang terdiri dari berbagai ukuran.

Demikianlah informasi yang dapat kami sampaikan mengenai galaksi Andromeda. Semoga bermanfaat untuk kita semua.

, , ,
Oleh :
Kategori : Astronomi
Video Edukasi

Bagaimana cara merasakan bumi berputar? Apa dampaknya bila bumi tidak berputar?

Rekomendasi Film

Inilah rekomendasi film science fiksi yang bikin kamu cerdas seketika karena bikin mikir banget!