Bintang UY Scuti: Penjelasan, Letak, Ukuran dan Jarak terhadap Bumi

Bintang adalah salah satu benda yang kita kenal sebagai penghias ruang angkasa. Bintang merupakan benda langit yang jumlahnya sangat banyak. Sebenarnya yang dimaksud sebagai bintang adalah benda- benda langit yang bisa mengeluarkan cahayanya sendiri tanpa bantuan dari benda lain. Ukuran bintang bermacam- macam, ada yang besar, ada yang kecil dan bahkan ada yang sangat besar. Di sistem tata surya kita sendiri ada banyak sekali bintang dan yang terbesar adalah matahari. Sementara planet bumi sendiri, sebagai planet yang kita tinggali tidak disebut dengan bintang sebab tidak bisa mengeluarkan cahaya sendiri.

Bintang Terbesar di Alam Semesta: Uy Scuti

uy scutiApabila kita mendengar bintang terbesar, pasti kita akan berfikir ke arah matahari. Hal ini karena memang matahari merupakan bintang terbesar di tata surya kita. Namun tahukah kamu bahwa ternyata di luar sana masih banyak bintang yang lebih besar dari matahari. Dan salah satu bintang yang disebut- sebut sebagai bintang terbesar di alam semesta adalah Bintang Uy Scuti. Memang belum terlalu banyak berita mengenai bintang ini, namun pada kesempataan kali ini kita akan mengetahui beberapa hal mengenai bintang Uy Scuti.

Ukuran Bintang Uy Scuti

Bintang Uy Scuti sejauh ini meruapakan bintang yang paling besar ukurannya yang pernah ditemukan oleh astronom. Sebelum ini, bintang yang dianggap paling besar adalah UY Canis Majoris. Sebenarnya untuk perbedaan ukuran dua bintang ini tidak terlalu besar, hanya seperti bola futsal dan juga bola basket yang besar. Namun apabila dilihat dari keyataannya perbedaan ukuran ini tentu memiliki selisih yang sangat jauh. Untuk ukuran sebenarnya dari bintang Uy Scuti ini adalah memiliki panjang sekitar 1.054.378.000-1.321.450.000 mil. Waw, besar sekali bukan? Dan apabila kita ibaratkan posisi UY Scuti ini ada di posisi Matahari, maka planet- planet di tata surya yang berada di orbit sebelum Jupiter akan tenggelam di badan UY Scuti. Sungguh ukuran ini akan sangat luar biasa bagi manusia seperti kita.

Massa Bintang Uy Scuti

Kita telah mengetahui ukuran yang dimiliki oleh bintang UY Scuti. Dengan luas yang sedemikian itu, maka massa yang dimiliki oleh juga banyak sekali. Untuk massa yang pasti, sebenarnya para astronom kita belum bisa menentukan seberapa banyak massa bintang ini. Namun sebagai perkiraan saja, dibandingkan massa yang dimiliki oleh matahari, maka massa UY Scuti ini sekitar 21 miliar kali lebih berat. Hmm memang luar biasa memang bintang yang satu ini.

Jarak UY Scuti dari Bumi

Bintang UY Scuti adalah bintang yang digadang- gadang sebagai bintang yang paling besar di alam semesta. Bintang ini terlihat terang namun juga kecil. Hal ini karena jarak antara UY Scuti dan Bumi sangatlah jauh. Meskipun sebenarnya Bumi dan UY Scuti masih dalam satu galaksi yang sama, namun letak UY Scuti ini berbeda lokasi konstelasi yang jaraknya sangat jauh dari bumi. hal inilah yang menyebabkan bintang UY Scuti terlihat tidak lebih besar dari titik apabila dilihat melalui teleskop luar angkasa. Lantas berapakah jarak sebenarnya bintang UY Scuti dengan Bumi ini? Apabila diukur dengan angka, jarak UY Scuti dan Bumi ini sekitar 2,9 kiloparsec atau sekitar 9.500 tahun cahaya.

Nah itulah beberapa informasi yang bisa kami bagikan mengenai bintang UY Scuti yang merupakan bintang terbesar di jagat raya. Semoga informasi ini bermanfaat untuk kita semua.