Planet Antares: Penjelasan, Letak, Suhu dam Gravitasinya

Sistem Tata surya merupakan bagian dari alam raya yang paling banyak menyimpan rahasia. Ada banyak hal yang bisa kita pelajari dan banyak pula hal yang belum kita ungkap mengenai hal- hal di luar sana. Susunan tata surya terdiri atas berbagai planet di tata surya, bintang, asteroid, dan benda- benda langit lainnya. Benda langit yang paling sering kita dengar adalah bintang dan juga planet. Bintang dan planet di jagat raya ini jumlahnya ada banyak sekali. Dan pada kesempatan kali ini kita akan membahas mengenai sebuah planet yang juga ada yang menyebutnya sebagai bintang yang sangat populer yaitu Antares, benda langit yang memiliki warna merah sepeti planet Mars.

Mengenal Planet Antares

Sebelum mengenal lebih jauh mengenai planet ini, alangkah baiknya kita mengenal sekilas tentang palnet Antares ini secara umum.  Selain disebut sebagai planet, beberapa orang mengakui bahwa Antares adalah sebuah bintang. Kata “Antares” sendiri memiliki arti sebagai Anti- Ares tau Anti- Mars. Mengapa dinamakan demikian mungkin karena pada zaman dahulu para astronom mengira bahwa Antares mirip dengan planet Mars. Antares merupakan sebuah bintang besar  atau super raksasa yang memiliki warna merah dan sudah mendekati akhir masa hidupnya. Artinya, planet Antares ini akan segera mati setelah tidak ada lagi bahan bakar untuk membakar dan akan meledak hancur menjadi supernova. Antares juga menjadi anggora dalam 20 bintang yang paling terang di dunia.

Letak Planet Antares

Planet atau bintang Antares terletak di konstelasi Scorpius atau Scorpion. Maka dari itulah Antares juga disebut sebagai Scorpii karena bintang ini paling menonjol di konstelasi Scopius ini. Jarak Antares dari planet bumi ini sekitar 604 tahun cahaya. Jarak yang lumayan atau cukup jauh membuat Antares ini tidak terlalu menonjol dari bumi. bahkan warnanya yang sama membuat astronom mengungkapkan bahwa  Antares ini memiliki ciri- ciri yang sama dengan planet Mars yang merupakan planet tetangga kita, yakni bersebelahan dengan letak Bumi.

Ukuran Planet Antares

Antares merupakan bintang yang paling menonjol di konstilasinya. Maka dari itulah ukuran bintang ini juga cukup atau bahkan lebih dari cukup besar. Apabila dibandingkan dengan Bumi, maka ukuran bumi tidak ada apa- apanya. Bahkan ukuran Antares ini beratus- ratus kali lipat dibandingkan dengan matahari. Diameter yang dimiliki Antares 700 kali lebih besar daripada diameter matahari. Sungguh luar biasa besarnya Antares ini, bahkan dibandingkan dengan matahari sekalipun. Apabila kita bermain andai- andai dimana pusat tata surya kita, yakni matahari, diganti dengan Antares, maka planet- planet di depan orbit Mars akan hilang saking besarnya Antares ini.

Gravitasi di Planet Antares

Kemudian untuk gravitasi yang dimiliki oleh planet Antares ini tentu juga sangat kuat. Biasanya kita bisa mengukur kekuatan gravitasi suatu benda langit disesuaikan dengan ukuran yang dimilikinya. Jadi, semakin besar ukuran yang dimiliki maka akan semakin kuat pula gaya gravitasi yang dimiliki benda tersebut untuk menarik benda- benda yang ada di sekitarnya.

Suhu Udara di Panet Antares

Untuk suhu udara yang dimiliki oleh Antares sendiri, sebenarnya tidak sebanding dengan ukurannya yang besar. Artinya apa? Artinya adalah meskipun ukurannya jauh melebihi matahari, namun Antares ini memiliki suhu yang jauh lebih dingin dari matahari. Suhu permukaan yang dimiliki oleh Antares adalah sekitar 6.500 derajat Fahrenheit, sangat berbeda dengan matahari yang mencapai 11.000 serajat Fahrenheit. Hal ini karena Antares semakin memiliki bahan bakar yang tipis untuk melakukan  pembakaran.

Demikianlah informasi yang dapat kami sampaikan mengenai planet Antares. Semoga informasi ini dapat menambah pengetahuan kita.

, , , ,
Oleh :
Kategori : Astronomi
Video Edukasi

Bulan adalah satelit alami Bumi satu-satunya dan benda langit yang paling terang setelah Matahari. Bagaimana bila bumi tidak memiliki bulan? Simak videonya!

Rekomendasi Film

Inilah rekomendasi film science fiksi yang bikin kamu cerdas seketika karena bikin mikir banget!