Categories
Ilmu Sosial

Negara Guiana: Karakteristik, Kondisi Ekonomi dan Penduduknya

Negara Guiana atau dalam bahasa Perancis bernama Guyane merupakan sebuah departemen luar negeri milik negara Perancis yang berada di Amerika Selatan tepatnya di kawasan Karibia. Negara ini juga bisa disebut dengan nama Guyana Perancis bersamaan dengan dua negara besar lainnya yang berada di bagian utara Amerika Selatan yakni negara Guyana dan negara Suriname memperoleh julukan sebagai Guiana Shield.

Karakteristik Negara Guiana

Negara Guiana yang beribu kota di Cayenne dengan luas wilayah mencapai 83.534 km persegi dan menjadi wilayah terbesar kedua milik Perancis bahkan wilayah terluas terbesar di Uni Eropa.

Secara astronomis negara Guiana berada di antara garis lintang 3o sampai dengan 6o LU dan di antara garis bujur 51o hingga 55o BB. Negara ini juga berbatasan dengan beberapa wilayah daratan dan perairan, antara lain:

Negara ini terdiri atas dua wilayah geografis utama yakni kawasan pesisir yang dihuni oleh sebagain besar penduduk Guiana dan kawasan hutan hujan lebat yang masih sulit untuk diakses. Meskipun begitu hampir sebagian besar daratan di negara Guiana berupa hutan hujan yang menyebar hingga ke bagian puncak pegunungan Tumuc-Humac di perbatasan negara Brazil.

Titik tertinggi negara Guiana bernama Bellevue de Iā€™Inini yang terletak di Maripasoula dengan tinggi mencapai 851 meter di atas permukaan laut. Terdapat beberapa gunung lain yang juga dapat ditemukan di Guiana antara lain Gunung Cottica (744 meter), Mont Itoupe (826 meter), Pic Coudreau (711 meter) dan Gunung Kaw (377 meter).

Terdapat pula beberapa pulau kecil lepas pantai, tiga Kepulauan Salvation yang mencangkup Pulau Devil dan pulau yang dikhususkan untuk suaka burung Iles du Connetable (berada jauh dan terisolasi dekat Brazil).

Guiana memiliki sebuah danau buatan bernama Petit-Saut yang dibangun sebagai Pembangkit Listrik Tenaga Air bagi wilayah utara Guiana. Di tahun 2007, sebagian kecil dari hutan Amazon dilindungi sebagai Taman Amazon Guiana dan telah menjadi salah satu hutan nasional di Perancis.

Luas Taman Amazon Guiana mencapai 33.900 km persegi di atas komune Camopi, Maripasoula, Papaichton, Saint-Elie dan Saul.

Iklim di negara Guiana termasuk ke dalam iklim hutan hujan tropis. Hal ini disebabkan karena lokasinya berada di 6 derajat dari garis khatulistiwa, tidak heran jika suhu udara negara ini akan terasa panas dan lembab di sepanjang tahun.

Curah hujan juga cukup tinggi di setiap wilayah di Guiana karena adanya Zona Konvergensi Intertropis serta badai petir. Musim hujan terjadi antara bulan Desember sampai Juli dengan curah hujan mencapai lebih 330 mm per setiap bulan.

Sedangkan musim panas terjadi antara bulan Agustus hingga November dengan kawasan timur mengalami musim kemarau dan curah hujan kurang dari 60 mm. Berdasarkan pembagian iklim Koppen, negara Guiana masuk sebagai iklim monsun tropis.

Kondisi Ekonomi Dan Kekayaan Alam Negara Guiana

Sebagai negara yang menjadi bagian dari departemen Perancis, mata uang yang digunakan negara Guiana adalah Euro dengan domain level teratas kode negara adalah gf. atau fr. yang terkadang sebagai penggantinya.

Perekonomian Guiana sangat bergantung pada negara Perancis, terutama dalam subsidi di bidang perdagangan. Meskipun begitu, negara Guiana juga tetap mengandalkan kekayaan alam yang dimilikinya mulai dari hasil perikanan, hasil tambang (emas), dan kayu.

Bidang manufaktur tidak terlalu banyak, sedangkan sebagian besar sektor pertanian masih belum berkembang dan hanya ada di sekitar kawasan pantai serta sepanjang Sungai Maroni. Pisang dan tebu menjadi hasil pertanian yang sempat diandalkan oleh negara Guiana, namun saat ini keberadaannya hampir menghilang dan telah digantikan oleh kegiatan peternakan (sapi dan babi).

Di tahun 2019 besarnya PDB Guiana mencapai US$17.099 atau hanya sekitar 41,7% dari PDB rata-rata per kapita negara Perancis, dan 49% dari wilayah metropolitan Perancis di luar wilayah Perancis.

Penduduk Negara Guiana

Diperkirakan ada sekitar 294.071 penduduk pada tahun 2021 yang berada di Guiana dan sebagian besar tinggal di kawasan pesisir. Penduduk Guiana berasal dari berbagai macam etnik. Percampuran antara Afrika dan Perancis menjadi kelompok etnik terbanyak di Guiana.

Terdapat pula kelompok etnik yang berasal dari Kreol, Martinik, Guadeloupe, dan Saint Lucia. Keturunan bangsa Eropa terutama Perancis juga banyak ditemukan di Guiana. Kelompok etnik dari Asia juga dapat ditemukan di Guiana seperti Tiongkok, Laos, India bagian timur, Vietnam dan Libanon.

Mayoritas penduduk Guiana menganut agama Katolik Roma. Namun bagi etnik Maroon yang merupakan keturunan dari Afrika dan kelompok etnik asli Amerika, mereka memiliki agama tersendiri.

Bahasa Perancis menjadi bahasa resmi negara Guiana yang banyak dituturkan oleh penduduk Guiana. Selain itu, penduduk Guiana juga menggunaan bahasa lain seperti Inggris, Portugal, Mandarin, dan lainnya.

Fakta Menarik Negara Guiana

  1. Dilihat secara geologis, batuan yang mendasari negara Guiana merupakan bagian dari massa kristal pada Dataran Tinggi Guyana.
  2. Ada sekitar 5.500 jenis tumbuhan yang hingga kini telah tercatat tumbuh di hutan Guiana.
  3. Karnaval menjadi acara terbesar di Guiana. Karnaval tersebut berlangsung lama yakni pada sore hari Minggu, di antara Epiphani awal Januari hingga Rabu Abu pada bulan Februari atau Maret.