Sponsors Link

Sumber Daya Alam Berdasarkan Jenisnya – Biotik dan Abiotik

Sponsors Link

Sumber daya alam atau biasa disebut dengan SDA merupakan komponen- komponen yang ada di bumi yang keberadaannya bermanfaat bagi kehidupan manusia, baik itu untuk bertahan hidup maupun untuk menunjang kegiatan sehari- hari. sumber daya alam ini teryata tidak hanya terdiri atas satu macam jenis saja, namun symber daya alam ini dibeda- bedakan menurut kelompok atau klasifikasinya mansing- masing.

Sponsors Link

Sumber Daya Alam atau SDA dibagi menjadi beberapa macam, salah satunya adalah klasifikasi sumber daya alam menurut jenisnya. Menurut jenisnya, jenis jenis sumber daya alam dibedakan menjadi dua macam, yakni sumber daya alam hayati (biotik) dan juga sumber daya alam non-hayati (abiotik). Pada kesempatan ini kita akan membahas mengenai jenis-jenis sumber daya alam berdasarkan jenisnya :

Sumber Daya Alam Hayati (Biotik)

Sumber daya alam hayati merupakan sumber daya alam yang merupakan makhluk hidup. Hayati sendiri merupakan kata yang mempunyai makna “hidup”. Sehingga  sumber daya alam hayati adalah sumber daya alam yang berupa makhluk hidup. Sumber daya alam yang berupa makhluk hidup ini contohnya ada banyak sekali. Bahkan manusia sendiri merupakan sumber daya alam hayati. Beberapa contoh dari sumber daya alam hayati antara lain:

  1. Tumbuh- tumbuhan

Contoh dari sumber daya alam hayati yang pertama adalah tumbuh- tumbuhan. Tumbuh- tumbuhan dikatakan sebagai sumber daya alam karena keberadaannya menebar manfaat bagi siapa saja. Tidak hanya bagi manusia, namun juga bagi hewan dan makhluk lainnya. Di dalam siklus rantai makanan, tumbuhan menempati posisi tertinggi yakni sebagai produsen atau penghasil makanan bagi makhluk- makhluk lainnya. Maka dari itu tumbuha sangat dibutuhkan oleh siapa saja.

Bagi manusia, tumbuhan ini selain memiliki fungsi sebagai sumber makanan juga dapat digunakan untuk menunjang kehidupan sehari- hari. sebut saja batang tumbuhan (kayu), sangat bermanfaat bagi manusia dari berbagai segi. Selain itu, tumbuhan juga sebagai sumber atau penghasil oksigen dan juga zat pati atau karbohidrat ketika melakukan proses fotosintesis. Kedua hasil fotosintesis tersbut sangat dibutuhkan oleh makhluk hidup, baik untuk bernafas maupun untuk makan. Oleh karena itu tumbuhan ini disebut sebagai sumber daya alam. (baca : fungsi lingkungan hidup)

2. Hewan

Tidak hanya tumbuhan saja,  contoh sumber daya alam hayati yang selanjutnya adalah binatang atau hewan. Hewan merupakan sumber daya alam karena keberadaannya sangat bermanfaat bagi makhluk hidup lainnya. Tudak hanya manusia saja, namun hewan ini juga bermanfaat bagi tumbuh- tumbuhan dan juga makhluk hidup lainnya, seperti mikroba atau bakteri.

Bagi manusia, hewan merupakan sumber makanan dan juga sebagai makhluk yang dapat meringankan pekerjaan manusia. Bagi tumbuh- tumbuhan, kotoran yang dikeluarkan oleh hewan ini sangat berguna sebagai pupuk yang dapat menyubutkan tumbuh-tumbuhan tersebut. Dan bagi bakteri atau jasad renik, jasad hewan yang sudah meninggal merupakan makanan yang lezat bagi mereka. Oleh karena manfaatnya yang banyak, hewan dikategorikan sebagai sumber daya alam.

3. Mikroba atau bakteri

Mikroba atau bakteri merupakan sumber daya alam hayati. Mikroba atau bakteri dikatakan sebgaai sumber daya alam karena keberadaannya sangat dibutuhkan oleh semua makhluk yag ada di bumi. Mikroba atau bakteri mempunyai peranan yang sangat penting, yakni sebagai pengurai dari sisa- sisa makanan ataupun dari jasad makhluk hidup yang telah mati.

Karena jasa dari mikroba atau bakteri ini maka terciptalah tanah. Lapisan Tanah merupakan material yang menjadi pijakan semua makhluk hidup yang ada di bumi, selain itu tanah juga berperan sebagai tempat ditanamnya tumbuh- tumbuhan, sehingga tanah ini menjadi sesuatu yang sangat penting. Secara tidak langsung, melalui peristiwa pembentukan tanah melalui mikroba atau bakteri ini menjadikan mikroba atau bakteri sebagai sumber daya alam.

Sumber Daya Alam Non Hayati (Abiotik)

Sponsors Link

 Sumber daya alam non hayati atau abiotik ini merupakan kebalikan dari sumber daya alam hayati atau biotik. Yang dimaksud dengan sumber daya alam non hayati atau tidak hidup ini adalah sumber daya alam yang bukan berupa makhluk hidup. Maksudnya, sumber daya alam non hayati atau abiotik ini merupakan sumber daya alam yang berupa benda mati, dan berupa sumber daya alam fisik. (baca : ruang publik untuk kehidupan)
Sumber daya alam jenis inipun jumlahnya ada banyak sekali disekitar lingkungan manusia. Meskipun berupa benda mati, namun keberadaan sumber daya alam ini sangatlah penting. Oleh karana sumber daya alam jenis tidak dapat memperbaharui diri sendiri (tidak dapat berkembang bisak sendiri), maka penggunaan sumber daya alam jenis ini haruslah berhati- hati dan jangan terlalu boros. Hal ini dilakukan tentu saja dengan tujuan untuk mengantisipasi terjadinya kelangkaan sumber daya alam non hayati ini.

Sumber daya alam non hayati atau abiotik ini contohnya banyak sekali di sekitar kita. beberapa contoh dari sumber daya alam jenis ini adalah:

  1. Batu tambang

Contoh dari sumber daya alam non hayati atau sbiotik yang pertama adalah batu tambang atau barang-barang tambang. Batu tambang atau barang tambang ini merupakan sesuatu yang terbentuk di perut bumi yang mempunyai banyak sekali manfaat bagi manusia. Batu tambang ini selain sangat berguna bagi manusia juga jumlahnya di bumi tidak terlalu banyak. Hal ini menyebabkan manusia harus cermat dan hemat dalam menggunakan batu atau barang tambang ini. Contoh dari batu tambang antara lain adalah batu bara, emas, oerak, intan atau berlian dan lain sebagainya.

2. Angin

Sumber daya alam non hayati atau abiotik yang selanjutnya adalah angin. Angin merupakan benda mati yang keberadaannya selalu berada di sekitar manusia. Angin ini mempunyai banyak sekali manfaat. Selain untuk penggerak kincir angin yang nantinya sebagai sumber listrik, proses terjadinya angin juga bermanfaat untuk membantu proses perkembanagbiakan tumbuhan tertentu. selain itu angin juga mmepunyai banyak manfaat bagi manusia. Hal inilah yang menjadikan angin sebagai sumber daya alam.

Sponsors Link

3. Tanah

Tanah juga merupakan sumber daya alam. Sebelumnya juga sudah dijelaskan bahwasannya tanah ini merupakan sesuatu yang sagat penting bagi manusia dan juga makhluk hidup lain yang ada di bumi. Selain sebagai tempat berpijak, tanah ini juga sangat berguna sebagai media untuk menanam aneka macam tumbuh- tumbuhan. Maka dari itu tanah adalah salah satu jenis dari sumber daya alam. (baca : jenis jenis tanah)

4. Air

Tidak diragukan lagi bahwasannya air merupakan komponen penyusun struktur bumi yang sangat penting keberadaannya. Tidak hanya manusia saja, namun semua makhluk hidup juga memerlukan air. Tanpa adanya air maka semua akan mati. Maka dari itu air merupakan sumber daya alam yang harus dihemat dan tidak boleh digunakan secara berlebihan yang akan menyebabkan pencemaran air jika digunakan secara berlebihan.

Itulah beberapa penjelasan mengenai klasifikasi sumber daya alam berdasarkan jenisnya. Semoga menjadi manfaat bagi kita semua, seklaigus memberikan kita semua pelajara bahwa pemakaian sumber daya alam tidak boleh terlalu berlebihan.

Sponsors Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , ,
Post Date: Monday 23rd, May 2016 / 09:39 Oleh :
Kategori : Ilmu Sosial