Sponsors Link

Ruang Publik Untuk Kehidupan

Sponsors Link

Taman, lapangan, alun-alun, dan trotoar adalah sebagian kecil dari tempat yang bisa disebut sebagai ruang publik. Pastinya banyak dari kita yang memanfaatkan tempat-tempat tersebut baik untuk berolah-raga, nongkrong, atau mungkin sekadar melewati tempat-tempat tersebut setiap hari saat beraktivitas. Secara spasial ruang publik didefinisikan sebagai tempat dimana setiap orang memiliki hak untuk memasukinya tanpa harus membayar uang masuk atau uang lainnya. Ruang publik tidak harus berbentuk ruang atau tempat secara fisik. Ruang mengandung makna yang lebih dari sekedar tempat yang bisa anda gunakan untuk melakukan kegiatan.

Sponsors Link

Pengertian ruang publik secara metafora dan harfiah

  • Ruang publik metafora artinya ruang publik yang berarti sebuah ungkapan. Ruang tidak dimaknai menurut wujud fisiknya tetapi menurut peranan ruang tersebut. Pada hal ini, ruang berperan untuk mewadahi apa yang menjadi isi-nya yaitu hubungan antarmanusia. Maka dari itu, ruang terbentuk dalam konteks sosial, yaitu proses komunikasi antar manusia.
  • Ruang publik harfiah dimaknai secara langsung sesuai sifat fungsional dan perwujudan fisiknya.

Setelah kita mengetahui secara luas mengenai pengertian ruang publik, kita akan menjelaskan mengenai ruang publik bagi kehidupan. Berikut adalah penjelasannya :

Arti Penting Ruang Publik

Ruang publik baik dalam artian metafora maupun harfiah memiliki makna yang penting bagi masyarakat. Dengan adanya ruang publik, masyarakat akan lebih meningkatkan interaksi secara langsung. Dimana saat ini kebanyakan orang lebih menyukai hubungan di dunia maya. Tentunya hal itu tidak sepenuhnya negatif, namun akan lebih baik jika masyarakat menyeimbangkan antara interaksi di dunia maya dan interaksi secara langsung.

Bukan hanya memberi manfaat pada masyarakat secara individual, ruang publik juga memberikan dampak yang baik terhadap sektor yang lain kepada lingkungan, jika ruang publik ditingkatkan maka pengguna kendaraan bermotor akan berkurang dan akan mengurangi yang akan menjadi  terjadinya penyebab pemanasan global. mengurangi penggunaan kendaraan bermotor kualitas hidup akan meningkat dengan berkurangnya polusi udara. Tanaman yang dirawat dan dibudi dayakan di ruang terbuka hijau pun akan memberikan banyak manfaat.

Nilai positif ruang publik

  • Menjadi lahan untuk mengembangkan bisnis terutama pedagang menengah kebawah.
  • Untuk kesehatan, berbaur dengan alam akan menurunkan tingkat stress. Anda bisa menghirup udara segar dan melepaskan penat. Selain itu, masyarakat juga akan didorong untuk melakukan kegiatan fisik untuk kebugaran tubuh.
  • Masyarakat akan terhindar dari sikap antisosial dan lebih sering berkomunikasi satu sama lain.
  • Masyarakat akan terbiasa untuk bertegur sapa atau bahkan melakukan hal sederhana seperti saling melempar senyum kepada sesama pengguna ruang publik walaupun tidak saling mengenal.
  • Membuka pikiran masyarakat agar tidak memandang seseorang berdasarkan status sosial. Dengan kebiasaan bermasyarakat maka akan tercipta suatu pola pikir bahwa perbedaan dan keberagaman adalah hal yang indah.

Pengembangan Ruang Publik

Sebagian besar dari Anda pasti pernah mendengar tentang Ruang Terbuka Hijau ( RTH ) dan Ruang Terbuka Non Hijau ( RTNH ). Jadi seperti apa RTH maupun RTNH yang bisa meningkatkan kualitas suatu kota?

Jika anda berpikir bahwa ruang publik terbuka haruslah disediakan oleh pemerintah, ternyata anda sendiri pun juga bisa memiliki ruang terbuka. Salah satu caranya dengan memiliki pekarangan rumah atau kebun di belakang rumah. Tidak perlu terlalu luas, yang terpenting anda bisa memanfaatkannya dengan baik seperti bisa menanam beberapa tanaman agar menjadikan udara lebih segar. Jika Anda tinggal di perumahan yang memiliki ruang terbatas, anda masih bisa berpartisipasi mengembangkan ruang terbuka yang ada. Jika lingkungan tempat tinggal anda memiliki taman, anda bisa berpartisipasi dengan cara memberikan beberapa tanaman, dan anda bisa selalu menjaga kebersihan saat anda menggunakan ruang terbuka publik tersebut.

Ruang publik yang harus dikembangkan 

  • Taman kota, taman kompleks, taman hutan raya
  • lapangan atau ruang olahraga dengan fasilitas yang lengkap
  • taman bermain untuk anak
  • gedung yang bisa digunakan untuk kegiatan warga
  • jalur pejalan kaki dan jalur sepeda
  • pemakaman

Ruang Publik Secara Ideal

Menurut Carr, ruang publik harus memiliki tiga hal yaitu responsif, demokratis, dan bermakna. Responsif dalam arti ruang publik adalah ruang yang dapat digunakan untuk berbagai kegiatan dan kepentingan luas yang memiliki fungsi lingkungan hidup. Artinya ruang publik dapat digunakan oleh masyarakat umum dari berbagai latar belakang sosial, ekonomi, dan budaya serta akses bagi berbagai kondisi fisik manusia. Memiliki arti ruang publik harus memiliki tautan antara manusia, ruang, dan dunia luas dengan konteks sosial. Dengan kata lain, ada sistem pemaknaan dalam ruang publik.

Ruang publik bukanlah sekadar ruang yang dibangun seperti manusia membuat kertas dan membiarkan si pemilik kertas untuk melakukan apapun pada kertas kosong tersebut. Bukan karena warga kota tidak membayar untuk mengakses ruang publik lalu tempat tersebut dibiarkan seadanya. Karena pada dasarnya ruang publik dibangun untuk dimanfaatkan semaksimal mungkin.

Hal yang perlu diperhatikan dalam pembentukan ruang publik secara ideal :

  • Kemudahan akses : masyarakat tentu akan merasa senang mengunjungi tempat yang memiliki akses jalan yang bagus, dekat dengan pemberhentian kendaraan umum, maupun mudah dijangkau dengan berjalan kaki.
  • Desain yang fleksibel : artinya tempat tersebut bisa digunakan untuk berbagai kegiatan. Tidak terbatas pada satu atau dua kegiatan.
  • Ketenangan : ruang terbuka akan sangat baik jika memiliki kualitas dimana orang akan merasakan ketenangan. Anda bisa membaca, mendengarkan musik maupun menulis dan mendapat inspirasi dengan merasakan ketenangan.
  • Memiliki daya tarik : hal ini memungkinkan warga datang karena tertarik dengan keistimewaan yang ada di ruang publik tersebut. Bisa dimulai dengan membuat konsep yang unik seperti taman jomblo atau taman lansia. Atau bisa diberikan fitur lain seperti sewa sepeda gratis, air mancur, adanya pertunjukan serta atraksi dan sebagainya.
  • Keramahan : keramahan berhubungan dengan siapa yang akan mengunjungi ruang publik tersebut. Ruang publik yang baik tentunya harus bisa diakses oleh semua orang, tanpa perlu memandang status sosial maupun umur. Dan jika ruang publik tersebut berupa gedung atau tempat dimana perlu adanya petugas yang berjaga, pastikan bahwa petugas yang ada selalu mengutamakan kenyamanan para pengunjung. Dengan cara memberikan pelayanan yang prima dan ramah

Permasalahan Ruang Publik

Ada saat dimana pembangunan sebuah ruang publik gagal. Arti penting dari ruang publik kian diabaikan apalagi di kota-kota besar dimana bisnis berkembang pesat. Ruang publik seringkali digantikan oleh mall, cafe, dan juga gedung-gedung perkantoran maupun hotel.

Ada beberapa masalah dimana ruang publik terlihat sepi tanpa pengunjung. Hal ini sering terjadi karena :

  • Fasilitas yang tidak terawat.
  • Kebersihan yang tidak terjaga.
  • Kurangnya tempat duduk.
  • Ruang terbuka tanpa pepohonan yang membuat pengunjung kepanasan.
  • Fitur yang seharusnya menjadi daya tarik ruang publik tidak bisa difungsikan.
  • Tempat yang kurang strategis sehingga aksesnya sulit.
Sponsors Link

Kriteria Ruang Publik di Indonesia

Jika membicarakan Indonesia, saya tidak akan mengulas tentang ruang publik yang terlalu rumit. Hal yang paling dibutuhkan adalah ruang untuk pejalan kaki yang layak. Bukan berarti ruang publik lain seperti taman tidak dibutuhkan. Namun, saya merasa bahwa hal yang paling kritis tapi tidak mendapat perhatian di Indonesia adalah jalur pejalan kaki.

Coba bayangkan jika tidak ada trotoar khusus untuk memfasilitasi pejalan kaki. Banyak pedagang kaki lima di pinggir jalan, tentunya mereka membabat habis sisa ruang yang bisa digunakan untuk berjalan kaki. Kemudian untuk jalan yang hanya disisakan sedikit ruang tanpa aspal di kanan atau kiri jalan, tentu saja pejalan kaki harus menggunakan ruang jalan kecil itu dengan baik agar tidak membahayakan diri sendiri.  Lebih buruk lagi jika jalanan tersebut memang tidak cukup lebar untuk dilewati apalagi jika ada dua mobil dengan arah berlawanan maka akan menjadi hal yang sangat membahayakan.

Selain ruang untuk pejalan kaki ada masalah yang lain seperti tidak adanya lampu lalu lintas di persimpangan jalan yang ramai dengan kendaraan yang merebutkan lahan jalan yang menyebabkan kemacetan. Dan hal seperti ini juga menyulitkan pejalan kaki karena tidak ada lampu lalu lintas dan jalanan zebra cross dimana mereka diberi kesempatan untuk melintasi jalan dengan aman.

Baca juga artikel geografi yang masih menyangkut ruang publik kehidupan :

Semoga penjelasan artikel ini bisa bermanfaat.

Sponsors Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , ,
Post Date: Thursday 15th, October 2015 / 09:34 Oleh :
Kategori : Ilmu Sosial