Sponsors Link

5 Manfaat Troposfer bagi Kehidupan

Sponsors Link

Atmosfer merupakan lapisan gas yang menyelimuti sebuah planet dari permukaannya sampai planet tersebut jauh diluar angkasa. Lapisan atmosfer yang menyelimuti bumi disebut atmosfer bumi. Atmosefer mempunyai banyak lapisan yang menyususnnya yaitu troposfer, stratosfer, mesosfer, termosfer serta eksosfer. Setiap lapisan mempunyai fungsi dan manfaat masing-masing bagi kelangsungan hidup makhluk yang hidup di bumi. Atmosfer bumi mempunyai ketebalan lebih dari 500 km dari permukaan bumi. Atmosfer yang menyelimuti bumi ini tersusun dari berbagai gas yang melingkupi dan menyelimuti bumi. Komposisi yang menyusun sebuah atmosfer bumi yaitu meliputi nitrogen, oksigen, argon. Karbondioksida, methana, helum, hidrogen, xenon, ozon serta neon. Gas penyusun atmosfer terbesar yaitu nitrogen yaitu mencapai 78,08%. Sementara terbesar kedua yaitu oksigen sebesar 20,95%. Zat penyusun lainnya seperti argon yaitu sebesar 0,93%, karbondioksida sebesar 0,035%, methana sebesar 0,00017%, helium sebesar 0,0005%, hidrogen sebesar 0,00005%, xenon sebesar 0,000009%, ozon sebesar 0,000004% serta neon sebanyak 0,00185.

Sponsors Link

Salah satu lapisan atmosfer yaitu troposfer. Troposfer merupakan lapisan atmosfer yang paling dekat dengan bumi dan menempati lapisan atmosfer terendah. Troposfer mempunyai ketebalan sekitar 16 km di khatulistiwa, sedangkan kutub ketebalannya mencapai 7-8 km. ketebalan rata-rata lapisan troposfer dari permukaan bumi yaitu 11 km. pada lapisan troposfer inilah terjadinya gejala-gejala dan fenomena cuaca seperti awan, hujan, petir, kabut dan fenomena alam lainnya. Suhu udara di lapisan troposfer ini mencapai -60 C.

Lapisan troposfer ini mempunyai manfaat bagi bumi serta kehidupan yang ada didalam bumi. Beberapa manfaat troposfer tersebut yaitu:

1. Terjadinya cuaca

Lapisan troposfer merupakan satu-satunya lapisan atmosfer yang dapat terjadinya cuaca serta fenomena alam yang ada di bumi seperti hujan, angin darat, angin laut,  awan, petir, kabut serta fenomena alam lain. Manusia dan makhluk hidup yang ada di bumi mengetahui cuaca yang ada di bumi ini dengan melihat lapisan troposfer dari permukaan bumi. Dengan adanya cuaca dan fenomena lainnya sehingga manusia mengetahui serta membantu manusia untuk melakukan berbagai aktifitas yang ada di bumi. Seorang nelayan serta seorang pelayar akan sangat terbantu dalam melakukan aktifitasnya dalam berlayar dengan melihat cuaca serta iklim yang terjadi di bumi.

2. Merupakan lapisan yang terdapat uap air

Lapisan ini merupakan lapisan yang terdapat uap air yang diperlukan untuk kepentingan kehidupan manusia. Lapisan atmosfer lainnya tidak mengandung uap air. Suhu di permukaan troposfer rendah. Kerendahan suhu pada lapisan troposfer ini menyebabkan uap air tidak bisa menembus kelapisan atmosfer yang lebih tinggi. Uap air di lapisan ini akan segera mengalami kondensasi sebelum mencapai tropopuse kemudian akan jatuh lagi kembali ke bumi dalam bentuk struktur bumi yang lain yaitu berbentuk cair yang kita sebut dengan hujan serta bisa juga dalam bentuk padat yang disebut dengan salju atau es. Salju atau es bisa sampai ke bumi hanya pada bagian tertentu dipermukaan bumi seperti di kutub utara serta negara-negara yang berada di sekitar kutub utara bumi.

3. Tempat terjadinya hujan

Hujan sangat berguna bagi kehidupan manusia yang ada di bumi. Proses terjadinya hujan merupakan salah satu sumber air yang sangat berguna bagi kehidupan yang ada dibumi. Manusia, hewan serta tumbuhan membutuhkan air untuk melangsungkan kehidupannya. Manusia menggunakan air untuk berbagai kebutuhan sehari-hari. Dari mulai aktifitas bangun tidur sampai akan melaksanakan tidur lagi air tidak bisa lepas dari kehidupan manusia. Seperti halnya manusia, tumbuhan serta hewan juga sangat membutuhkannya untuk keberlangsungan kehidupannya di bumi.

Sponsors Link

4. Sumber udara yang dibutuhkan untuk kehidupan

Lapisan ini merupakan lapisan yang paling banyak mengandung karbondioksida yang banyak diperlukan bagi kelangsungan hidup mahkluk hidup yang ada di bumi dan merupakan ruang publik untuk kehidupan. Manusia membutuhkan oksigen untuk bernapas serta tumbuhan membutuhkan karbondioksida untuk bernapas mempertahankan hidupnya. Lapisan troposfer ini merupakan lapisan yang mengandung karbondioksida terbanyak.

5. Lapisan melajunya pesawat terbang

Pesawat terbang melintas terbang dilapisan troposfer ini. Pesawat sekarang telah memudahkan manusia untuk melakukan perjalanan jauh ke berbagai negara dengan waktu yang singkat dan tempat yang nyaman melalui jalur udara yaitu melalui lapisan troposfer ini.

Sponsors Link

Demikian beberapa manfaat lapisan troposfer yang menyusun atmosfer di bumi kita. Jaga lapisan atmosfer di bumi kita agar tetap bisa bermanfaat serta dapat melindungi kita dari berbagai benda berbahaya serta kejadian yang dapat membahayakan bumi kita ini. Melindungi lapisan atmosfer ini bisa dilakukan dengan memulai dari hal-hal kecil dari diri kita sendiri sehingga dapat memberi contoh kepada orang lain.

Hal-hal kecil yang bisa kita lakukan seperti mengurangi penggunaan minyak wangi dengan semprot yang dapat merusak atmosfer bumi jika banyak yang melakukan dan menggunakan minyak wangi dengan semprot. Dari hal-hal kecil maka kita dapat menyelamatkan bumi dan atmosfer kita dari kerusakan. Mari jaga bersama bumi kita demi keselamatan bersama.

Sponsors Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , , ,
Post Date: Thursday 21st, January 2016 / 07:08 Oleh :
Kategori : Meteorologi