Perbedaan Inggris Dan Britania Raya

Banyak orang beranggapan jika negara Inggris yang kita kenal selama ini merupakan sebuah negara yang berada di benua Eropa. Dalam bahasa Indonesia, kata Inggris mengacu pada Britania Raya di mana di dalamnya terdapat Inggris, Irlandia Utara, Skotlandia, dan Wales.

Namun kata Inggris yang berasal dari “English” atau “England” lebih kepada penyebutan kata untuk wilayah dari bahasa Latin, yakni Anglia tepatnya merujuk kepada nama bangsa atau wilayah England yang merupakan salah satu kerajaan pendiri Britania Raya atau bisa disebut United Kingdom.

Menurut sejarah, United Kingdom atau UK terbentuk dari 4 anggota kerajaan yang bersatu kemudian membentuk sebuah kesatuan kerajaan yang disebut sebagai United Kingdom of Great Britain and Northern Ireland. Keempat anggota kerajaan tersebut yakni Inggris, Skotlandia, Wales, dan Irlandia Utara.

Dahulu masing-masing kerajaan terpisah satu dengan yang lain menjadi kerajaan mandiri dan berdaulat. Hingga akhirnya bergabung membentuk kesatuan kerajaan di tahun 1801 dengan nama Kerajaan Bersatu Britania Raya dan Irlandia. Penyatuan tersebut berawal dari wilayah Wales dengan Inggris, kemudian Inggris bersatu dengan Skotlandia dan terakhir Irlandia.

Akan lebih mempermudah dalam membedakan antara Inggris dan Britania Raya, mari disimak penjelasan di bawah ini!

Inggris

Tidak berbeda jauh dengan Skotlandia dan Wales, banyak yang mengira jika Inggris merupakan nama dari sebuah negara dan bukan wilayah yang berdaulat. Pada kenyataannya Inggris adalah sebuah negara terbesar yang masuk ke dalam Inggris Raya (United Kingdom), baik dalam wilayah maupun jumlah penduduk.

Namun pada kenyataannya, banyak orang salah paham jika Inggris merupakan penyebutan untuk seluruh wilayah Inggris Raya. Sebagai negara terbesar yang berada di Britania Raya, membuat Inggris juga sering disebut sebagai Britania Raya.

Tidak hanya itu saja, banyak juga yang menyamakan Inggris sebagai Kerajaan Inggris sebab mempunyai ibu kota yang sama yakni London. Jika ditarik kesimpulan, Inggris merupakan anggota dari United Kingdom dan Britania Raya.

Kota London sendiri selain menjadi ibu kota Kerajaan Inggris juga menjadi ibu kota bagi Kerajaan Bersatu Britania Raya. Penduduk wilayah ini disebut sebagai English dan juga banyak peradaban tertua ditemukan di Inggris, mengingat jika Kerajaan Inggris merupakan kerajaan yang sudah terkenal sejak awal mula peradaban.

Britania Raya

Perlu diingat, jika Britania Raya bukanlah sebuah negara namun penyebutan untuk wilayah terbesar. Disebut “Raya” bukan tanpa sebab, karena kawasan tersebut adalah  pulau terbesar yang ada di Kepulauan Inggris serta menjadi rumah dari beberapa negara seperti Skotlandia, Inggris, dan Wales.

Sedangkan nama Britania atau Britain berasal dari kata Roma Kuno, yakni Britannia. Mengenai tambahan kata “Raya” terdapat dua pendapat, pertama kata tersebut digunakan untuk membedakan antara Britain dengan Brittany yang merupakan salah satu wilayah di Prancis.

Untuk pendapat kedua, kata “Raya” berasal dari ego Raja James I dalam menunjukan kekuasannya yang mencakup semua wilayah yang ada di pulau. Oleh karena itu, Raja James I menyebut dirinya sebagai Raja Britania Raya.

Berdasarkan sejarah, setelah negara Irlandia memperoleh mandat sebagai negara bebas di tahun 1922, maka terbentuklah kesatuan kerajaan baru bernama Kerajaan Bersatu Britania Raya yang mencakup wilayah Pulau Britania dan beberapa kepulauan kecil di sekitarnya.

Karena banyak orang yang masih menyamakan Britania Raya dengan negara Inggris, tidak heran jika penduduk Skontlandia dan Wales perotes sebab mereka tidak ingin disebut sebagai orang Inggris. Hal ini tentu saja dikarenakan mereka adalah penduduk negara Skotlandia atau Wales yang berbeda dengan penduduk dari negara Inggris.

Di dalam Britania Raya, negara Inggris merupakan negara terbesarnya dengan luas wilayah sekitar 57 persen dari total daratan Britania Raya. Sedangkan untuk negara terbesar kedua yakni Skotlandia dengan luas wilayah sekitar 34 persen dari daratan Britania Raya, dan Wales adalah negara terkecilnya dengan luas hanya sekitar 9 persen di daratan Britania Raya.

Selain itu, karena merupakan negara yang berdiri sendiri maka setiap negara juga memiliki benderanya masing-masing, termasuk tim sepak bolanya.

fbWhatsappTwitterLinkedIn