Negara Vatikan: Karakteristik, Penduduk, Faktanya

Negara Vatikan atau dalam bahasa Italia bernama Città del Vaticano dengan nama resmi Negara Kota Vatikan merupakan sebuah negara enklaf yang dikelilingi oleh tembok di dalam kota Roma tepatnya di negara Italia. Dengan kata lain, Negara Kota Vatikan adalah sebuah negara independen terkecil di dunia di mana wilayah dan jumlah populasinya telah diakui secara internasional.

Karakteristik Negara Vatikan

Negara Vatikan memiliki luas wilayah sekitar 44 hektar dengan jumlah populasi sekitar 800 ribu jiwa tersebut merupakan negara berbentuk eklesiastik atau monarki – sakerdotal yang dipimpin oleh Uskup Roma yaitu Paus.

Sedangkan untuk para pejabat tertinggi merupakan klerus Katolik yang berasal dari berbagai negara di dunia. Istilah Negara Kota Vatikan berbeda dengan Tahta Suci, meskipun demikan banyak orang mengartikan kedua istilah tersebut untuk digunakan secara kolektif.

Negara Kota Vatikan terbentuk pada tahun 1929 melalui Perjanjian Lateran antara Takhta Suci dan Negara Italia. Isi perjanjian tersebut berbicara mengenai pendirian suatu ciptaan baru dan bukan sebagai sisa-sisa Negara Gereja.

Berdasarkan perjanjian tersebut, Takhta Suci mempunyai “kepemilikan penuh, kekuasaan eksklusif, dan yurisdiksi serta otoritas yang berdaulat” atas nama Negara Kota Vatikan.

Secara geografi, Vatikan berada di atas bukit Vatikan tepatnya di sebelah barat laut dari Kota Roma, Italia atau beberapa ratus meter dari Sungai Tiber. Vatikan di kelilingi oleh tembok besar yang juga menjadi pembatas dengan negara Italia sepanjang 3,2 km di mana tembok tersebut mengikuti tembok kota yang dahulu pernah dibangun untuk melindungi Paus dari serangan.

Kekuasaan wilayah Paus tidak hanya kota Vatikan saja, namun juga beberapa gereja, kantor, dan Castel Gandolfo. Dapat dikatakan jika Paus juga menjabat sebagai Kepala Negara dan terdapat seorang gubernur yang menangani kebutuhan sehari-hari.

Secara astronomis Negara Kota Vatikan berada di garis lintang 41o 54’ LU dan di garis bujur 12o 27’ BT. Sedangkan batas wilayah Vatikan yakni:

  • Sisi utara berbatasan: Negara Italia
  • Sisi timur berbatasan: Kota Roma
  • Sisi selatan berbatasan: Laut Tyrrhenia
  • Sisi barat berbatasan: Laut Tyrrhenia

Penduduk Negara Vatikan

Hampir sebagian besar penduduk Vatikan tinggal di dalam tembok kota Vatikan. Beberapa di antaranya merupakan para rohaniawan dan rohaniwati serta Garda Swiss yakni sebuah unit tentara bayaran yang berasal dari negara Swiss. Berdasarkan secara tradisi, Garda Swiss sudah menjadi pasukan pengawal Paus dan Vatikan sejak tahun 1506.

Seluruh penduduk Vatikan beragama Katolik dengan bahasa resmi negara ini berupa bahasa Latin. Sedangkan untuk bahasa sehari-hari penduduk banyak menggunakan bahasa Italia.

Ekonomi Negara Dan Kekayaan Alam Negara Vatikan

Perekonomian Vatikan tergolong unik yakni ditunjang oleh aktivitas non-komersial. Artinya ekonomi negara Vatikan berasal dari sumbangan pada umat Katolik di seluruh dunia.

Selain itu, para wisatawan yang berkunjung ke Vatikan juga turut menjadi penyumbang perekonomian negara ini dengan cara membeli beragam souvenir, koin-koin, perangko, mainan kunci, salib kristus, rosario, masuk ke dalam museum, iuran perpustakaan, hingga bantuan dari negara Italia dan Prancis.

Negara Vatikan termasuk negara yang berbeda dengan negara manapun di dunia, karena berada di tengah perkotaan yang dikelilingi oleh negara Italia. Bahkan negara ini mendapat julukan sebagai negara terkecil di dunia. Negara Vatikan termasuk negara yang tidak memiliki sumber daya alam.

Bahkan negara ini diketahui tidak mengalami ancaman bahaya alam kecuali sebagai akibat dari alam yang barada di Roma secara umum seperti gempa bumi.

Fakta Menarik Negara Vatikan

  1. Negara Vatikan mempunyai museum dengan koleksi seni terbanyak di dunia. Setidaknya ada sekitar 70 ribu karya seni yang disimpan di Museum Vatikan.
  2. Michelangelo merupakan salah satu seniman yang membuat lukisan berjudul Adam dan Hawa. Lukisan tersebut dipajang di Kapel Sistine. Selain lukisan, Michelangelo juga membuat patung Pieta yang terletak di sebelah kanan pintu masuk Basilika Santo Petrus dan menjadi satu-satunya karya seni yang ditandatangani olehnya.
  3. Basilika Santo Petrus merupakan gereja Katolik terbesar di dunia. Gereja ini bahkan dapat menampung seluruh gereja di Vatikan. Tidak semua orang datang ke Basilika Santo Petrus untuk beribadah, banyak pula yang menikmati keindahan bangunan ini terutama karya seni dari Michelangelo.
  4. Negara Vatikan mempunyai perpustakan dengan jumlah buku terbanyak di dunia atau sekitar 1,1 juta buku. Bahkan jumlahnya terus bertambah sekitar 6.000 buku baru setiap tahunnya. Sebagian besar buku di perpustakaan ini menggunakan bahasa Italia, Yunani dan Ibrani.
  5. Jika Italia terdaftar sebagai negara paling banyak memiliki situs warisan dunia versi UNESCO, maka Vatikan adalah satu-satunya negara lengkap yang menjadi situs UNESCO sejak tahun 1984.
  6. Sebelum menempati Vatikan, para Paus tinggal di Istana Lateran tepatnya di seberang Vatikan yang masuk ke dalam wilayah Roma. Di tahun 1309, Paus pindah ke kota Avignon, Prancis. Saat kembali lagi ke Roma di tahun 1377, Istana Lateran musnah sehingga kedudukan Paus berpindah ke Vatikan hingga saat ini.
  7. Untuk bertemu dengan Paus secara langsung dapat dilakukan pada setiap hari Rabu sekitar pukul 10.30 pagi. Paus biasa akan bergerak melalui Alun-alun Santo Petrus dan kemudian berbicara menggunakan beberapa bahasa dan berakhir dengan pemberian berkat untuk orang-orang yang sedang berhimpun.
fbWhatsappTwitterLinkedIn