Sejarah Negara Siprus – Sistem Pemerintahan – Perekonomian

Negara Siprus terletak di Timur Laut Mediterania yang merupakan pulau terbesar ketiga di kawasan ini. Negara Siprus merupakan salah satu negara anggota di Uni Eropa. Sehingga memberikan kemudahan bagi wisatawan asing yang ingin mengunjungi negara Siprus sebab ada kelebihan tersendiri bagi negara – negara anggota Uni Eropa salah satunya kemudahannya dalam pembiayaan. Keunikan yang ada di Siprus dapat dilihat dari bangunannya, yaitu dapat dilihat berbagai macam fasilitas yang modern namun tidak meninggalkan unsur sejarahnya.

Iklim di negara Siprus termasuk ke dalam subtropis yang sedikit kering. Sehingga saat musim panas akan terasa sangat panas, dan suhu terpanas bisa mencapai 95 derajat Farenhait. Sedangkan pada musim dingin tidak terlalu dingin, terutama di daerah bagian pesisir pantai. Negara Siprus merupakan negara yang berbentuk pulau, sehingga tidak heran jika negara ini dikelilingi oleh pantai dan perairan.

Sebagian besar Siprus didominasi oleh dua pegunungan, yaitu Pegunungan Troodos yang menutupi hampir sebagian besar wilayah bagian selatan dan Daerah Kyrenia. Sedangkan titik tertinggi Siprus berada di puncak Gunung Olympus dengan tinggi 1.952 m dan termasuk ke dalam Pegunungan Troodos. Sedangkan untuk daerah Kyrenia mempunyai ketinggian mencapai 1.024 m.

Batas Wilayah Negara Siprus

Meskipun Siprus dikelilingi oleh lautan, bukan berarti negara ini tidak mempunyai batas – batas wilayah dengan negara lain. Pada bagian utara, Siprus berbatasan dengan negara Turki. Sedangkan pada bagian timur berbatasan dengan negara Israel, Lebanon, dan Suriah. Pada bagian selatan berbatasan dengan negara Mesir dan di sebelah barat berbatasan dengan Laut Mediterania.

Siprus termasuk pulau terbesar ketiga di Laut Mediterania setelah Italia, Sardinia dan Sisilia. Negara ini terletak pada 34o dan 36o LU dan 32o dan 35o LS. Ada beberapa sumber mengatakan bahwa negara Siprus masuk ke dalam wilayah Eropa, Timur Tengah dan Asia Barat.

Sejarah Singkat Negara Siprus

Menurut sejarah, nama Siprus berasal dari bahasa Yunani yaitu Kύπριoς yang dibaca ku-pi-ri-jo. Para ahli menyimpulkan jika kata tersebut berasal dari beberapa arti, pertama mempunyai arti pohon cemara Mediterania atau kypárissos. Kedua berasal dari kata kpros yang berarti pohon pacar, dan terakhir berasal dari kata Eteocypriot yang berarti tembaga, hal ini juga didukung dengan banyak ditemukan tembaga di pulau ini.

Seiring berjalannya waktu, pulau ini akhirnya menggunakan nama Latin Klasik untuk tembaga yaitu aes Cyprium. Hingga akhirnya disingkat menjadi Cuprum yang berarti tembaga. Meskipun masih ada beberapa orang yang menyebutkan nama negara ini dengan sebutan Cypriote atau Cyprian.

Siprus menjadi negara yang cukup terkenal di kawasan Mediterania bagi wisatawan asing. Negara Siprus merupakan negara persemakmuran dari Kerajaan Inggris, kemerdekaan diumumkan pada tanggal 16 Agustus 1960, namun Siprus merayakan hari kemerdekaan pada tanggal 1 Oktober 1960. Saat masih dijajah oleh bangsa Inggris, Siprus akan diberikan kepada negara Yunani. Akan tetapi keputusan tersebut ditolak oleh bangsa Turki yang berada di Siprus (meskipun mereka hanya kaum minoritas).

Hingga akhirnya keinginan tersebut terpenuhi dan jadilah negara Siprus yang merdeka. Akan tetapi di dalam negara Siprus terbagi menjadi 2 kelompok, salah satu kelompok menginginkan bersatu dengan Yunani sedangkan yang lain tidak. Kelompok yang ingin bersatu dengan Yunani melakukan kudeta dan dibalas oleh Turki. Akibat peristiwa tersebut, Turki menempati wilayah bagian utara Siprus.

Sistem Pemerintahan Negara Siprus

Negara Siprus merupakan negara yang berbentuk Republik Presidensial. Sehingga kepala negara dan kepala pemerintahan dipimpin oleh seorang Presiden. Dan pada tanggal 1 Mei 2004, negara ini memutuskan untuk bergabung sebagai anggota Uni Eropa. Akan tetapi hanya bagian selatan saja yang bisa ikut bergabung. Meskipun daerah utara telah memaksa pemerintah untuk bersatu dengan daerah selatan, keinginan tersebut tidak dapat dipenuhi. Hingga kini hanya bagian selatan saja yang menjadi anggota Uni Eropa.

Negara Siprus terbagi menjadi 6 distrik antara lain, Famagusta, Larnaca, Kyrenia, Nicosia, Limassol, dan Paphos. Selain itu, Siprus mempunyai 4 exclaves di mana dua wilayah yaitu desa Xylotymvou dan desa Ormidhia terdapat Pangkalan Sovereign Inggris Dhekelia. Sedangkan untuk wilayah ketiga terdapat Pembangkit Listrik Dhekelia di daerah ini juga telah dibagi dua oleh jalan Inggris. Dan zona terakhir, merupakan zona penyangga PBB dan mengubah daerah tersebut menjadi Paralimni.

Perekonomian Negara Siprus

Sebagian besar pendapatan negara Siprus berasal dari sektor pariwisata. Hal ini didukung dari banyaknya bangunan – bangunan bersejarah yang ada di Siprus. Selain itu, julukan negara Siprus sebagai Daratan Cinta menjadikan banyak wisatawan asing untuk datang berkunjung dan mereka percaya jika Siprus tempat lahirnya Dewi Cinta, Aphrodit. Selain dari sektor pariwisata, negara Siprus juga mengandalkan pendapatannya dari pertanian berupa anggur, tembakau, kentang dan jeruk. Sektor pertambangan juga berperan dalam perekonomian negara ini, hasil tambang tersebut berupa marmer, gipsum, besi dan hasil pertambangan utamanya yaitu tembaga. Meskipun dikelilingi oleh perairan Mediterania, namun sebagian besar masyarakatnya tidak suka memancing ikan di sini.

Penduduk Negara Siprus

Setelah dilakukan sensus untuk pertama kalinya setelah kemerdekaan, pada bulan Desember 1960. Total populasi negara Siprus mencapai 573.566, angka tersebut terdiri atas orang Turki sebanyak 104.320 jiwa (18,2%), 442.138 jiwa (77,1%) berasal dari Yunani dan sisanya berasal dari negara lain sebesar 27.108 (4,7%). Negara Siprus terbagi menjadi 2 negara bagian, yaitu Siprus Yunani yang sebagian besar masyarakatnya beragama Ortodoks Yunani dan Siprus Turki penganut Islam Sunni.

Pada tahun 2001, populasi Siprus Yunani mencapai 77%, sedangkan Siprus Turki sebesar 18%, sisanya dari bangsa lain yaitu sebesar 5%. Sejak dilakukan sensus pemerintah pada tahun 2011, setidaknya ada 10.520 masyarakat yang tinggal di Siprus berasal dari Rusia. Sehingga secara tidak langsung, bahasa Rusia juga turut mempengaruhi bahasa di Siprus.

Sedangkan penggunaan bahasa yang resmi digunakan negara Siprus yaitu bahasa Yunani dan Turki. Sedangkan bahasa – bahasa lain seperti bahasa Arab Armenia dan Siprus Maronite dijadikan sebagai bahasa minoritas. Namun, bahasa Inggris juga dipakai di beberapa tempat seperti tempat – tempat umum (iklan, rambu jalan dan lain-lain). Meskipun demikian, bahasa Inggris pernah dipakai sebagai bahasa resmi saat Pemerintahan Inggris dan Lingua Franca pada tahun 1960. Jika diurutkan, bahasa Inggris menjadi bahasa kedua negara Siprus kemudian disusul oleh bahasa Rusia.

Fakta – Fakta Negara Siprus

  1. Nama Siprus berasal barang ekspor yang berasal dari pulau ini yaitu tembaga atau copper (kypros).
  2. Di dalam bendera Siprus terdapat peta Siprus.
  3. Negara Siprus dikenal dengan julukan Daratan Cinta dan banyak orang percaya jika Siprus tempat lahirnya Dewi Aphrodit.
  4. Penduduk Siprus mempunyai dua julukan yaitu Cipriot Turki dan Cipriot Yunani.
  5. Orang – orang percaya Siprus menjadi tempat berkumpulnya pada dewa.
  6. Negara ini pernah menjadi bangsa yang paling makmur di dunia saat masa Perunggu dan Tembaga.
  7. Terdapat tiga warisan budaya UNESCO yaitu Gereja Lukis, Choirokoitia, dan Paphos.
  8. Terdapat peninggalan dari abad 4 yaitu Monasteri Stavrouvouni yang terdapat di Pegunungan Troodos.
  9. Negara Siprus pernah menjadi Provinsi Kekaisaran Romawi pada tahun 45 M.
  10. Menjadi salah satu negara yang menawarkan pernikahan terlarang. Banyak agen wisata Siprus yang membuka jasa pernikahan pasangan yang cintanya terlarang secara agama maupun sosial.

Demikian informasi mengenai negara Siprus. Semoga bisa bermanfaat.

, , , , ,
Oleh :
Kategori : Ilmu Sosial
Video Edukasi

Bulan adalah satelit alami Bumi satu-satunya dan benda langit yang paling terang setelah Matahari. Bagaimana bila bumi tidak memiliki bulan? Simak videonya!

Rekomendasi Film

Inilah rekomendasi film science fiksi yang bikin kamu cerdas seketika karena bikin mikir banget!