9 Karakteristik Tanah Masam dan Penjelasannya

Tanah merupakan salah satu sumber daya alam hayati yang dapat diperbarui keberadaannya. Tanah adalah tempat hidup kita sebagai makhluk yang menghirup udara. Selain sebagai alas untuk hidup, tanah juga memiliki banyak peranan lain yang dapat menunjang kehidupan kita, seperti untuk bercocok tanam yang pada akhirnya menghasilkan makanan. Namun tanah di setiap tempat kadang berbeda- beda. Tanah ada banyak jenis dan memiliki karakteristik yang berbeda- beda. Dan salah satu jenis tanah adalah tanah masam. Apa itu tanah masam? Penjelasan mengenai tanah masal akan kita bahas dalam artikel ini disertai dengan karaketristik tanah tersebut.

Pengertian Tanah Masam

Kita mengenal tentang jenis- jenis tanah yang ada di planet Bumi. Berbagai jenis tanah tersebar di wilayah negara ini dan salah satunya adalah yang disebut dengan tanah masam. Tanah masam merupakan tanah yang memiliki kandungan pH normal, yaitu dibawah 6. pH tanah yang normal adalah 6. Tanah yang pH nya kurang dari 6 disebut tanah asam dan tanah yang pH nya lebih dari 7 disebut tanah basa. Tanah masam bukan merupakan jenis tanah yang karakteristikanya alami dari asalnya. Namun tanah ini merupakan tanah yang sedang mengalami krisis. Dengan kata lain, tanah ini dapat dikelbalikan supaya menjadi jenis tanah yang normal dengan menggunakan upaya- upaya khusus. Adapun cara mengatasi tanah masam bisa dilakukan dengan memenfaatkan bahan alami maupun pupuk buatan.

Karakteristik Tanah Masam

Sebelumnya kita telah mengetahui pengertian dari tanah masam. Agar lebih memahami lagi tentang tanah masam, kita pun perlu juga untuk mengetahui karakteristik yang dimiliki oleh tanah masam. Beberapa jenis tanah memang diketahui dari karakteristik yang dimilikinya. Adapun beberapa karakteristik dari tanah masam antara lain sebagai berikut:

  1. Memiliki pH dibawah 6

Karakeristik yang pasti ada dan paling utama dari tanah masam adalah memiliki pH yang rendah yaitu dibawah 6. pH sendiri merupakan tingkat keasaman, yang dimaksud disini adalah tingkat keasaman pada tanah.

  1. Memiliki daya simpan air yang sangat tinggi

Tanah masam memiliki karakteristk lain yaitu daya simpan air yang sangat tinggi. Jadi, tanah masam lebih tahan untuk menyimpan air daripada tanah yang memiliki pH normal. Apabila lebih tahan menyimpan air maka tanah ini lebih lembek daripada jenis tanah yang lainnya dan tentunya lebih lembab.

  1. Memiliki daya isap air yang sangat tinggi

Karakteristik yang ketiga adalah memiliki daya isap air yang tinggi. Jadi tanah masam ini tidak mudah untuk membiarkan air menggenang di permukaan tanah terlalu lama. Tanah ini sangat mudah untuk menyerap air kemudian menyimpan di dalamnya.

  1. Memiliki kapasitas penyangga basa yang sangat besar

Karakteristik selanjutnya dari tanah masam adalah tanah ini memiliki kapasitas penyangga basa yang sangat besar daripada jenis tanah yang lainnya.

  1. Ada keracunan unsur Al, Mn, dan Fe pada tanaman

Tanaman yang ditanam di atas tanah masam diindikasikan mengalami keracunan AI, Mn dan juga Fe.

  1. Memiliki kandungan N, P, K, Ca, Mo dan Mg yang sangat rendah

Tanah masam memiliki kandungan N, P, K, Ca , Mo dan juga Mg yang sangat rendah, lebih rendah darpada tanah yang memiliki pH normal.

  1. Pengikatan unsur N dan kegiatan mikroba menurun

Pada tanah masam terdapat penurunan pada kegiatan mikroba maupun kemampuan pengikatan unsur N.

  1. mg dan kapur dapat bertukar rendah

Magnesium dan juga kapur dapat bertukar rendah di tanah masam ini.

  1. Terkadang disertai kekurangan unsur Cu dan S

Di tanah masam terkadang disertai juga kekurangan kandungan unsur- unsur Cu dan S.

Nah itulah beberapa karakteristik yang dimiliki tanah masam. Dengan demikian kita semua menjadi tahu bahwa tanah masam adalah tanah yang kurang baik untuk bercocok tanam, sehingga para petani mengusahakan berbagai cara untuk mengembalikan pH nya ke tingkat normal. Semoga materi  yang kami sajikan dapat bermanfaat untuk kita semua.

fbWhatsappTwitterLinkedIn