7 Sungai Terpanjang Di Benua Amerika Beserta Penjelasannya

Sudah sejak zaman dahulu sungai telah menjadi sumber daya alam yang sangat penting bagi sebagian besar makhluk hidup. Tidak hanya dijadikan sebagai tempat tinggal bagi beberapa makhluk hidup saja, para arkeolog menemukan banyak peradaban yang pernah hidup dan berkembang di sepanjang sungai, salah satunya yaitu di dekat Sungai Nil. Sebagian besar sungai yang ada di seluruh dunia mempunyai peran penting bagi perkembangan suatu daerah. Maka tidak heran jika negara tersebut dilewati oleh sungai, perkembangan negara itu menjadi lebih cepat dibandingkan dengan negara pedalaman.

Setiap sungai juga memiliki keunikan dan karakteristik yang tentunya berbeda dengan sungai – sungai lainnya, termasuk panjang dari aliran sungai itu sendiri. Jika kalian berpikir sungai terpanjang di dunia yaitu Sungai Nil, jawaban kalian kurang tepat. Sungai paling panjang di dunia jatuh pada Sungai Amazon yang terletak di Benua Amerika, kemudian disusul oleh Sungai Nil diurutan kedua. Berbicara mengenai Benua Amerika, selain Sungai Amazon masih terdapat beberapa sungai lainnya yang tergolong sungai terpanjang di Benua Amerika. Apa sajakah sungai – sungai terpanjang itu, berikut ini adalah daftarnya:

  1. Sungai Amazon

Sungai Amazon ini terletak di Amerika Selatan dengan memiliki panjang aliran sungai sekitar 7.200 km. Aliran dari Sungai Amazon ini melewati beberapa negara di Amerika Selatan antara lain Brazil, Peru, Ekuador, Kolombia dan Bolivia. Sumber Sungai Amazon berasal dari dataran tinggi inter-Andes dekat dengan Samudra Pasifik hingga bermuara atau berakhir pada Samudra Atlantik di khatulistiwa. Karakteristik dari Sungai Amazon yaitu berada di pedalaman Hutan Amazon dengan aliran sungai yang berliku – liku serta menjadi habitat dari beberapa hewan endemik seperti ikan piranha yang terkenal dengan ikan terganas di dunia. Selain ikan piranha terdapat pula jenis ikan lain seperti Arapaima atau Piracuru yang termasuk ikan air tawar terbesar di dunia, memiliki bobot sekitar 200 kilogram dengan panjang tubuh mencapai 3 meter.

  1. Sungai Parana

Sungai yang diambil dari bahasa Spanyol ini mengalir dari wilayah Brazil, Paraguay dan Argentina dengan panjang 2.570 km. Akan tetapi menjadi lebih panjang jika dihitung dari wilayah hulu di Sungai Paranaiba, Brazil yaitu 3.998 km. Sungai ini berasal dari Sungai Paranaiba dan Sungai Grande yang terletak di Brazil Selatan. Sepanjang 200 km Sungai Parana mengarah ke selatan untuk membetuk batas alami antara Paraguay dan Brazil hingga akhirnya berakhir di Sungai Iguazu. Saat bergabung dengan Sungai Iguazu, Sungai Parana menjadi pemisah antara Paraguay dengan Argentina.

  1. Sungai Missouri

Sungai Missouri adalah sungai kedua terpanjang di benua Amerika. Sungai ini terletak di sebelah barat Amerika Serikat tepatnya di Missouri. Panjang jadi Sungai Missouri sendiri sekitar 3.768 km dan merupakan anak sungai dari Sungai Mississipi. Aliran Sungai Missouri melewati Dataran Besar yang merupakan daratan terkering di Amerika Utara. Sumber dari Sungai Missouri berasal dari Pegunungan Rocky yang merupakan bagian dari negara Montana dan terus mengalir ke arah timur lalu berbelok ke arah selatan berbatasan dengan Kanada hingga bertemu dengan Sungai Mississipi di bagian utara St. Louis. Keberadaan Sungai Missouri sendiri sangat penting bagi suku asli Amerika yang bertempat di Dataran Besar dan juga pernah dijadikan sebagai jalur ekspedisi oleh Lewis dan Clark pada tahun 1804 – 1806.

  1. Sungai Mississippi

Sungai yang berada di Amerika Utara ini memiliki panjang sekitar 3.734 km. Sungai Mississippi menjadi salah satu sungai ikonik bagi masyarakat Amerika Serikat. Nama Mississippi diambil dari bahasa penduduk asli Amerika yang mempunyai arti “Bapak Air”. Sumber mata air sungai ini berasal dari Danau Itasca negara bagian Minnesota, perbatasan Kanada dan terus melewati setidaknya 10 negara yaitu Louisiana, Mississippi, Arkansas, Tennessee, Kentucky, Missouri, Illinois, Lowa, Wisconsin dan Minnesota, bermuara pada Teluk Meksiko. Selain itu, Sungai Mississippi merupakan tempat bagi berbagai macam hewan antara lain 260 jenis ikan (25% ikan berada di Amerika Utara), 326 jenis unggas (40%), 60 jenis kerang, lebih dari 50 spesies mamalia, dan 145 reptil dan amfibi.

  1. Sungai Yukon

Sungai Yukon menjadi sungai utama di sebelah barat laut Amerika Utara. Hulu Sungai Yukon berada di British Colombia, Kanada yaitu sebuah wilayah Yukon Kanada dan bermuara di Laut Bering, Alaska. Panjang Sungai Yukon sekitar 3.190 km dengan debit air sebesar 6.430 meter kubik per detik. Sungai Yukon pernah menjadi jalur transportasi utama pada tahun 1896 sampai dengan 1903 untuk Klondike Gold Rush. Menurut sejarah, Sungai Yukon pernah mengalami pencemaran akibat adanya limbah pembuangan air, instalasi militer dan lain sebagainya. Setelah diteliti oleh US Geological Survey menyatakan bahwa tingkat kekeruhan, logam serta oksigen telarut (Baca: Parameter Kualitas Air) cukup baik pada Sungai Yukon.

  1. Sungai Rio Grande

Sungai ini menjadi sungai utama di Amerika Serikat bagian Barat Daya dan Meksiko Utara. Sumber Sungai Rio Grande berasal dari Colorado selatan – tengah Amerika Serikat dan berakhir pada Teluk Meksiko. Panjang Sungai Rio Grande yaitu 3.051 km (diukur pada tahun 1980), ada kemungkinan panjangnya mengalami perubahan akibat adanya pergeseran dan faktor lainnya. Sungai ini menjadi pembatas alam antara negara bagian Amerika Serikat Texas dan juga negara bagian Meksiko Chihuahua, Coahuila, Nuevo Leon dan Tamaulipas. Sejak pertengahan abad 20, air yang berasal dari Sungai Rio Grande banyak dimanfaatkan untuk dikonsumsi dan juga sebagai sumber pengairan pertanian. Tidak heran ada banyak bendungan dibangun di sepanjanga sungai tersebut. Akibatnya, debit air yang mengarah ke Teluk Meksiko menjadi berkurang sekitar 20%.

  1. Sungai Colorado

Bersama dengan Sungai Rio Grande, Sungai Colorado berada di Amerika Serikat bagian barat daya dan juga utara Meksiko. Sungai Colorado mempunyai panjang sekitar 2.330 km dan aliran sungainya mengalir ke arah daerah aliran sungai gersang yang cukup luas meliputi tujuh negara bagian Amerika Serikat serta dua negata bagian Meksiko. Sungai ini bermula di tengah Pegunungan Rocky di Amerika Serikat dan terus mengalir ke barat daya melewati Grand Canyon dan bermuara di Danau Mead, perbatasan Arizona, Nevada. Alirannya tidak berhenti begitu saja di Danau Mead, Sungai Colorado terus mengalir hingga berhenti di Teluk California.

Demikian daftar sungai terpanjang di Benua Amerika. Semoga dapat menambah pengetahuan kalian.

, , , , , , , ,
Oleh :
Kategori : Sungai