4 Perbedaan Rawa dan Sungai

Air merupakan salah satu sumber daya alam yang sangat dibutuhkan oleh makhluk hidup. Tidak hanya manusia yang membutuhkan air, namun binatang dan tumbuhan pun tidak bisa hidup tanpa adanya air. Tuhan memilih Bumi sebagai planet di tata surya yang bisa ditempati oleh makhluk hidup bukan tanpa alasan. Ada banyak sekali alasan mengapa planet Bumi menjadi satu- satunya planeit yang mendukung kehidupan, dan salah satu alasannya adalah kesediaan air. Air di Bumi jumlahnya lebih banyak daripada daratan. Air di bumi bisa dibedakan menjadi air laut dan air daratan. Sumber air di daratan ada banyak sekali, diantaranya adalah sungai, rawa, danau, dan lain sebagainya. Pada kesempatan kali ini kita akan membahas mengenai perbedaan antara rawa dengan sungai.

Perbedaan Rawa dan Sungai

Rawa dan sungai adalah contoh dari sumber- sumber air yang berada di daratan Bumi. Adapun kita menemukan rawa- rawa di daerah- daerah pedalaman. Sementara sungai lebih banyak ditemukan dan bisa membelah di kawasan pemukiman rakyat. Adapun keduanya memiliki perbedaan yang berarti. Beberapa perbedaan antara rawa dan sungai antara lain sebagai berikut:

  1. Bentuk Rawa dan Sungai

Pertama yang akan kita sebutkan dari perbedaan rawa dan sungai adalah dari bentuknya. Sungai merupakan sumber air yang bentuknya panjang, bahkan sangat panjang. Sungai ini juga tidak terlalu lebar (meskipun di beberapa tempat sungai juga tergolong lebar). Panjang sungai bahkan bisa memenuhi sebuah pulau dari ujung timur hingga barat atau utara hingga selatan. Sungai berasal dari sumber air di pegunungan dan mengalir hingga ke laut. Sungai yang dekat dengan laut biasanya sangat lebar dan disebut dengan muara sungai. Sementara rawa merupakan sumber air yang tidak terlalu panjang seperti sungai namun biasanya lebih lebar daripada sungai pada umumnya.

  1. Letak Rawa dan Sungai

Selain dari bentuknya, perbedaan rawa dan sungai juga dilihat dari letaknya. Rawa biasanya terletak di hutan- hutan tropis dan jauh dari pemukiman penduduk. Rawa ini biasanya berada di sekitaran tanah gambut atau berlumpur yang selalu basah. Rawa juga berada di daerah yang sulit dijangkau oleh manusia dengan kendaraannya. Sementara sungai lebih umum, terdapat di wilayah yang tidak terlalu terpencil, bahkan di tengah pemukiman penduduk. Bahkan di kota besar, bantaran atau pinggiran sungai sering digunakan sebagai tempat tinggal. Di negara maju sungai berada di tengah kota. Sementara di Indonesia sungai lebih banyak terdapat di pinggir sebuah wilayah karena digunakan pula sebagai pembatas suatu daerah.

  1. Aliran Air

Perbedaan antara sungai dengan rawa selanjutnya adalah mengenai aliran airnya. Rawa adalah sumber air yang sebagian besar airnya berupa genangan yang tidak banyak bergerak. Oleh sebab itu rawa lebih banyak di singgahi binatang- binatang yang buas. Sementara itu sungai adalah sumber air yang airnya jelas mengalir menuju ke muara sungai untuk kemudian dialirkan ke laut. Ketika curah hujan lebih banyak, rawa mungkin bisa meluap airnya menjadi lebih banyak yang menggenangi daratan, namun sungai bisa berupa derasnya aliran air sungai tersebut sebelum selanjutnya meluap.


  1. Ekosistem

Perbedaan dari rawa dan sungai selanjutnya adalah dari segi ekosistem. Ekosistem ini bisa berupa komponen biotik dan komponen abiotik. Komponen biotik ini berupa tumbuhan dan juga binatang, sementara itu komponen abiotik berupa suhu, tanah, udara, dan lain sebagainya. Ekosistem di rawa dihuni oleh binatang- binatang yang buas dan berbahaya seperti ular, buaya, dan lain sebagainya. Sementara itu sungai memiliki binatang yang lebih bersahabat seperti ikan dan udang kecil. Tumbuhan yang hidup di rawa biasanya lebih besar daripada di sungai.

Nah itulah beberapa perbedaan yang dimiliki oleh rawa dan juga sungai. Perbedaan rawa dan sungai memang sangat banyak, dan bisa dilihat dari segi fisik maupun non fisik. Semoga informasi ini bermanfat untuk kita semua.

, , ,
Oleh :
Kategori : Sungai