8 Macam macam Fase Bulan dan Pergerakannya

Tahukah anda bahwa jarak bulan ke bumi adalah 239.000 mil atau secara akuratnya 384.000 kilometer. Ukuran bulan lebih kecil dari pada bumi yaitu hanya berjarak 3.476 kilometer atau berdiameter 2159 mil .Bagian bagian dari bulan semua mendapatkan sinar yang terang dari sinar matahari secara bergantian secara teratur dan akurat, tetapi ada bagian bulan yang tidak mendapatkan sinar matahari selama bertahun tahun, bulan tersebut dinamakan sebagai  fase bulan. Fase bulan selalu berubah ubah dan memiliki bentuk serta cahaya yang berbeda beda termasuk Perubahan dari bulan kebulan sabit untuk menjadi bulan purnama lalu akan kembali keposisi sabit satu bulan  yaitu 29 hari.

Inilah hubungan fase bulan yang selalu konsisten berlawanan mengikuti arah jarum jam  selama ratusan tahun. Dan berikut adalah macam macam fase bulan :

1. Bulan baru ( ada tetapi tak terlihat) – adalah dimana sisi bulan yang berhadapan akurat dengan bumi tetapi tidak mendapat penyinaran apapun dari matahari. Akibatnya bulan ini ada tetapi cenderung sulit terlihat dari bumi.

2. Waxing crescent atau bulan sabit muda – Awalnya muncul dilangit sebagai bulan baru yang berbentuk seperti segaris batang kayu lalu perlaahan berubah menjadi bulan sabit. Bentuknya melengkung kearah kiri daan akhirnya lama kelamaan berubah menjadi setengah lingkaran bulan. Kondisi ini akan berlangsung selama 7 hari dan peride ini disebut kuartal pertama bulan. Bulan baru adalah dimana sisi bulan yang berhadapan akurat dengan bumi tetapi tidak mendapat penyinaran apapun dari matahari. Akibatnya bulan ini ada tetaapi cenderung sulit terlihat dari bumi.

3. Third quartel 3 ( bulan kuartal 3) – Dimana posisi bulan hanya terlihat setengah bagian saja jika dilihat dari permukaan bumi

4. Waxing Gibbous – Bentuk bulan yang mempunyai kecenderungan seperti setengah bulan berubah menjadi terlihat lebih besar pada permukaannya yang datar. Kondisi Setelah 7 hari kemudian maka periode ini disebut sebagai kuartal kedua bulan.

5. Bulan purnama atau bulan penuh – adalah dimana sisi bulan yang tepat berhadapan dengan bumi dan mendapatkan sinar matahari secara keseluruhan  ini terjadi ketika bulan berada disisi yang berlawanan dari bumi.

6. Wanning Gibbous atau bulan muda yang mengecil – Pada kuartal bulan ketiga bulan purnama yang terlihat dari bumi adalah setengah bulan terapi hanya terlihat setengahnya saja yaitu dari sisi kanan yang makin lama makin mengecil.

7. First Quartel (bulan kuartal satu) – Bulan paada kuartal satu bulan hanya terlihat setengah dan perlahan memghilang lalu muncul kembali dengan bentuk dan ukuran yang sama.

8. Wanning Crescent atau bulan tua yang mengecil – Dari bumi kita dapat melihat dengan jelas posisi bulan sabit dan sabit,  yang mendapat sinar matahari akan nampak bersinar setengah bulan saja itu dikarenakan adanya pantulan dari cahaya matahari . Bulan sabit mulai menghilang ketika menginjak kuartal terakhir yang menjadikan setengah buln kembali keposisi bulan sabit tetapi kearah kanan dan kembali kearah titik dimana bulan itu mulai  mengecil lalu menghilang.

Pergerakan pada Bulan


Dalam berputar didalam porosnya bulan mempunyai pergerakan yang sistematik dan tidak ada planet di tata surya lain kecuali bumi dan matahari yang dapat mempengaruhi kondisi , bentuk serta kecepatan bulan  ketika berjalan memutari atau mengelilingi  bumi. Bulan selalu akurat, jelas dan terkoordinasi sehingga bergerak sepanjang waktu.

Ada tiga pergerakan bulan yang tidak mengalami perubahan dari waktu kewaktu :

a.Gerakan teratur bulan mengelilingi bumi

Bulan menmgelilingi bumi dari waktu kewaktu sehingga tiap kuaryel bulan selalu nampak berbeda dan berubah ubah. Posisi bulan tersebut termasuk bentuk dan pergerakannya dipengaruhi kehadiran bumi dan matahari yang ketiganya dapat bekerja saling berkesinambungan, tidak pernah berhenti dan tidak saling merugikan. Masing masing memiliki tugas dan porosnya masing masing.

b. rotasi bulan

Bulan selalu melakukan rotasi diatas porosnya, setiap kali  bulan melakukan pergerakann rotasi  maka diperlukan waktu yang sama panjangnya ketika sedang berevolusi mengitari bumi selama ratusan tahun. Tidak heran jika posisi bulan menghadap bumi maka kita dapat melihat pemandangan yang ada didalam bulan dengan jelas.

c. Gerakan teratur bulan mengelilingi matahari

Selain berputar padaa porosnya lalu mengelilingi bumi ternyata bulan juga bergerak mengelilingi matahari. Uniknya dalam satu tahun bulan hanya satu kali saja megelilingi matahari sedangkan ketika mengililingi bumi justru bulan membutuhkan waktu 12 kali.


Periode pergerakan bulan inilah yang diabadikan sebagai kalender masehi yang hingga sekarang  dipakai dalam kehidupan manusia di lapisan atmosfer bumi yaitu dalam satu tahun dipastikan ada 12 bulan.

Catatan:

  • Bulan adalah satelit tunggal bagi bumi dimana bulan memiliki sumber cahaya yang berasal dari pantulan kuat dari sinar matahari sepanjang hari.
  • Keadaan bulan jauh berbeda dari bumi , bulan tidak mempunyai udara apapun, tidak memiliki air dan dipastikan tidak ada kehidupan apapun termasuk amoba atau jenis spora.
  • Bulan mengelilingi bumi dalam jaangkaa waktu 29 hari 12 jam dan 44 menit serta 2,8 detik , secara keseluruhan adalah sekitar 29.5305882 hari waktu yang diperkirakan dan dibutuhkan untuk manusia melakukan pergerakan berupa berjalan, berdiri, melakukan aktifitas dan lain lain.

, , ,
Oleh :
Kategori : Ilmu Bumi