3 Perbedaan Gelombang Laut dan Arus Laut

Air merupakan salah satu sumber daya alam yang ada di Bumi. Air adalah sumber daya alam non hayati atau yang tidak hidup. Keberadaan air sangatlah banyak di Bumi. Bahkan air lebih banyak jumlahnya daripada daratan. Jumlah air adalah dua per tiga di Bumi. Keberadaan air ada yang berupa samudera atau laut dan ada pula yang berupa air tawar seperti sungai, danau, rawa dan sebagainya. Mempelajari mengenai air tentu saja kita tahu bahwa air memiliki beberapa sifat. adapun beberapa sifat air antara lain sebagai berikut:

  • Dapat menembus celah yang kecil
  • Air dapat berubah wujud
  • Air menempati ruang
  • Air memiliki berat/ massa
  • Air menekan ke segala arah
  • Permukaan air yang tenang akan selalu datar
  • Mengalir ke tempat yang lebih rendah
  • Air dapat melarutkan beberapa zat

Nah itulah beberapa sifat dari air. Air yang menggenang baik banyak  maupun sedikit pun juga memiliki sifat. Seperti contoh adalah sungai. Sungai memiliki bentuk yang memanjang sehingga sifat air yang mengalir ke tempat yang lebih rendah sangat terlihat. Dan biasanya pergerakan air ini disebut dengan arus. Arus sungai terlihat dari permukaan, namun arus yang terjadi di laut tidak terlihat di permukaan. Pergerakan air yang terlihat di permukaan laut kita kenal dengan gelombang. Nah pada kesempatan kali ini kita akan membahas tentang perbedaan antara gelombang laut dengan arus laut. Lebih lengkapnya kita akan lihat penjelasan di bawah ini.

Pengertian Gelombang dan Arus Laut

Sebelum mengetahui perbedaan antara gelombang dan juga arus laut, akan lebih baik lagi kita awali dari pengertiannya terlebih dahulu. Adapun gelombang laut merupakan pergerakan naik turunnya air laut yang tidak disertai dengan perpindahan massa dari air laut tersebut. Sementara yang disebut dengan arus adalah pergerakan massa air laut dari satu tempat ke tempat yang lain. Pergerakan arus laut ini ke arah horizontal, sementara pergerakan gelombang laut ini ke arah vertikal sehingga massa air tidak berpindah ke tempat lain, hanya naik turun saja. Itulah pengertian dari gelombang laut dan juga arus laut. Lalu, apakah perbedaan dari keduanya? Untuk membahas mengenai perbedaan antara gelombang laut dan arus laut mari kita lihat dalam uraian berikut:

Perbedaan antara Gelombang Laut dan Arus Laut

Kita telah mengetahui tentang pengertian dari gelombang dan juga arus laut. Dari pengertian di atas sudah tampak jelas bahwa di antara keduanya memanglah berbeda. Perbedaan tampak jelas dilihat dari kategori arah pergerakan massa air tersebut, dimana ada yang vertikal dan ada yang horizontal. Lalu, apakah hanya itu saja? tentu tidak. Adapun perbedaan antara gelombang laut dan juga arus laut adalah sebagai berikut:

  1. Arah Pergerakan Massa Air

Perbedaan pertama dari gelombang laut dan juga arus laut adalah dari arah pergerakannya. Kita tahu bahwa gelombang laut dan juga arus laut merupakan pergerakan massa air. Namun keduanya sangat berbeda. Gelombang laut merupakan pergerakan massa air dengan arah vertikal atau naik turun. Hal ini menyebabkan bahwa massa air tersebut tidak berpindah ke tempat lainnya, melainkan hanyalah naik turun saja. Sementara arus laut merupakan perpindahan massa air laut secara horizontal atau mendatar. Hal ini menyebabkan bahwa  massa air tersebut dapat berpindah tempat dari satu tempat ke tempat yang lain, maka tidak heran bahwa benda yang terseret arus laut ini nanti dapat berpindah tempat ke tempat yang jauh.

  1. Faktor yang mempengaruhi timbulnya

Perbedaan kedua antara gelombang laut dan juga arus laut adalah dilihat dari faktor- faktor yang mempengaruhinya. Adapun beberapa faktor yang mempengaruhi gelombang laut antara lain adalah kecepatan angin di lautan, lamanya angin tersebut bertiup di wilayah laut tersebut, luas daerah yang terkena oleh tiupan angin tersebut, kedalaman air laut serta getaran yang timbul di dasar kulit bumi. Sementara itu beberapa faktor yang berpengaruh terhadap arus laut antara lain adalah perbedaan kadar garam, perbedaan suhu, tiupan angin dan perbedaan tinggi permukaan air laut.

  1. Letak terjadinya

Selanjutnya perbedaan keduanya dilihat dari letak terjadinya. Gelombang laut biasanya nampak di permukaan sehingga menimbulkan sensasi seperti ombak. Sementara itu arus laut biasanya terjadi di bawah permukaan air laut sehingga tidak nampak dari permukaan. Namun perlu diingat bahwa jika ada sesuatu benda terseret ke tengah laut, hal itu bukan karena gelombang laut namun karena kekuatan arus laut yang dapat memindahkan benda dari satu tempat ke tempat yang lain.

Nah itulah beberapa informasi mengenai gelombang laut dan juga arus laut, khususnya perbedaan di antara keduanya. Demikianlah informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat untuk kita semua.

, , , , ,
Oleh :
Kategori : Laut
Video Edukasi

Bulan adalah satelit alami Bumi satu-satunya dan benda langit yang paling terang setelah Matahari. Bagaimana bila bumi tidak memiliki bulan? Simak videonya!

Rekomendasi Film

Inilah rekomendasi film science fiksi yang bikin kamu cerdas seketika karena bikin mikir banget!