Kepulauan Seribu : Letak – Perekonomian dan Kenampakan Alamnya

Indonesia merupakan negara kepulauan yang memiliki lebih dari 17.000 pulau dari yang besar hingga yang kecil. Bahkan banyak sekali pulau di Indonesia yang belum berhuni dan bernama karena saking banyaknya. Rakyat Indonesia sendiri banyak yang belum mengenal pulau- pulau di Indonesia. Salah satu daerah yang ada di Indonesia adalah Kepulauan Seribu.

Mungkin nama ini sudah tidak asing lagi bagi sebagian masyarakat Indonesia, namun ada sebagian lain dari masyarakat Indonesia yang belum mengetahui banyak tentang daerah ini, dimana letaknya dan bagaimana keadaan wilayah serta kehidupan sosial disana. Nah pada kesempatan kali ini kita akan membahas mengenai Kepulauan Seribu secara lebih lengkap.

Mungkin bagi kita masyarakat Indonesia yang awam, kita akan mengira bahwa nama Kepulauan Seribu merupakan wilayah di bagian timur Indonesia atau bahkan di wilayah perbatasan Indonesia. Namun siapa sangka ternyata Kepulauan Seribu merupakan sebuah Kabupaten yang ikut dalam wilayah Provinsi DKI Jakarta. Ya, secara administrasi wilayah Kepulauan Seribu merupakan sebuah Kabupaten yang berada di bawah Provinsi DKI Jakarta. Dulu, wilayah kepulauan ini merupakan sebuah kecamatan di wilayah Jakarta Utara. Seperti yang kita tahu bahwa wilayah Jakarta Utara memang berbatasan dengan laut.

kepulauan seribuWilayah Kabupaten Seribu memiliki luas sekitar 11,8 km persegi. Sesuai dengan namanya yakni kepulauan, wilayah ini memang terdiri atas pulau- pulau kecil yang jumlahnya mencapai 110 pulau baik yang berpenghuni maupun tidak. Pulau utama yang menjadi ibukota pemerintahan di wilayah ini adalah Pulau Pramuka. Dengan luas yang demikian, wilayah ini dihuni sekitar 27. 041 jiwa (berdasarkan sensus 2006) yang tersebar di 11 pulau. Selain beberapa pulau yang dihuni, wilayah Kepulauan Seribu juga terdiri atas beberapa pulau yang khusus dijadikan tempat wisata, seperti Pulau Bidadari.

Wilayah Kepulauan Seribu ternyata memiliki sejarah yang cukup panjang sehingga menjadi wilayah Kabupaten Administrasi. Seperti yang disebutkan di awal bahwa wilayah Kepulauan Seribu pada mulanya adalah sebuah kecamatan yang berada di Jakarta Utara. Namun dalam rangka untuk meningkatkan pelayanan dan kesejahteraan masyarakat di wilayah Kepulauan Seribu ini maka status kecamatan ditingkatkan menjadi Kabupaten Administrasi Kepulauan Seribu dan ditetapkan dalam Peraturan Pemerintah Nomor 55 Tahun 2001.

Sekarang di wilayah ini dibagi menjadi dua kecamatan yakni Kecamatan Kepulauan Seribu Utara dan  Kecamatan Kepulauan Seribu Selatan. Di wilayah Kepulauan Seribu juga didirikan kawasan konservasi alam yaitu Taman Nasional Laut Kepulauan Seribu (TNKS). Kawasan konservasi ini didirikan untuk menjaga kelestarian kelautan, budidaya laut dan juga pariwisata supaya tidak terjadi kerusakan yang parah.

Seperti informasi yang telah disampaikan sebelumnya, bahwa Kepulauan Seribu dihuni oleh lebih dari 20 ribu jiwa penduduk. Seperti wilayah kepulauan lainnya yang  memiliki lebih banyak wilayah laut, mata pencaharian penduduk di wilayah ini mayoritas adalah nelayan. Oleh karena banyaknya yang bekerja sebagai nelayan maka perdagangan yang paling maju adalah perdagangan ikan. Namun perdagangan ikan.

Selain perdagangan ikan, sektor yang mulai dikembangkan di wilayah ini adalah sektor pariwisata. Ada beberapa pulau yang menjadi tujuan pariwisata antara lain adalah Pulau Bidadari, Pulau Onrust, Pulau Kotok Besar, Pulau Puteri, Pulau Matahari, Pulau Sepa, dll. Di  wilayah ini dibangun semacam penginapan atau losmen yang sering disebut dengan Homestay.

Kepulauan Seribu merupakan daerah yang terdiri dari pulau-pulau karang. Dulunya pulau-pulau ini terbentuk dari koloni kerang yang mati yang berada di laut dangkal. Maka dari itulah wilayah ini tidak lepas dari yang namanya pantai. Pantai di wilayah ini sebagian besar dikelilingi oleh hutan mangrove. Laut di kepulauan seribu rata- rata merupakan laut dangkal yang banyak terdapat terumbu karang serta memiliki pantai pasir putih. Tidak heran banyak orang yang sengaja pergi ke kepulauan seribu untuk berwisata.

Wilayah Kabupaten Adminustrasi Kepulauan Seribu terdiri atas banyak sekali pulau hingga mencapai ratusan. Pulau- pulau yang berpenghuni ada sekitar sebelas pulau, yaitu:

  • Pulau Untung Jawa
  • Pulau Pari
  • Pulau Lancang
  • Pulau Tidung Besar
  • Pulau Tidung Kecinl
  • Pulau Sebira
  • Pulau Panggang
  • Pulau Pramuka
  • Pulau Kelapa
  • Pulau Kelapa Dua
  • Pulau Harapan

Serta beberapa pulau yang dikembangkan untuk kegiatan pariwisata, diantaranya adalah:

  • Pulau Bidadari
  • Pulau Onrust
  • Pulau Kotok Besar
  • Pulau Putri
  • Pulau Matahari
  • Pulau Sepa

Itulah beberapa pulau yang ada di wilayah kepulauan seribu. Pulau-pulau diatas bukan merupakan seluruh pulau yang ada di kepulauan seribu, melainkan masih banyak lagi. Hal ini karena jumlah pulau di wilayah kepulauan Seribu memang banyak sekali bahkan hingga mencapai lebih dari seratus pulau. Hal ini karena jumlah pulau di wilayah kepulauan Seribu memang banyak sekali.

Itulah beberapa informasi yang dapat kami sampaikan mengenai Kepulauan Seribu, semoga bermanfaat untuk kita semua.

, , , , ,
Oleh :
Kategori : Kepulauan