5 Cara Menghemat Gas Alam dan Penjelasannya (Paling Lengkap)

Gas alam adalah salah satu sumber daya alam yang banyak dihasilkan di Indonesia. Gas alam dihasilkan dari dalam bumi. Gas alam banyak digunakan sebagai sumber energi, tidak hanya panas namun juga penghasil listrik. Gas alam merupakan salah satu sumber daya alam yang banyak dihasilkan di Indonesia. Tambang gas alam terbesar di Indonesia ada di Aceh, selain itu tambang gas alam juga berada di daerah- daerah lain. Salah satu daerah penghasil gas alam di Indonesia juga ada di pulau Jawa. Bahkan jumlah gas alam di Indonesia lebih banyak dibandingkan dengan minyak bumi. Namun meski jumlah gas alam banyak, bukan berarti kita bebas menggunakan gas alam tanpa batasan. Semua jenis sumber daya alam baik yang dapat diperbarui maupun yang tidak dapat diperbarui harus digunakan dengan sebaik mungkin, dengan jumlah yang cukup. Apalagi sumber daya alam yang tidak dapat diperbarui pemulihannya akan membutuhkan waktu yang sangat lama, maka dari itulah sangat perlu untuk dihemat supaya tidak cepat habis. Ada beberapa cara yang dapat kita lakukan untuk dapat menghemat gas alam yang kita punyai. Beberapa cara yang dapat kita lakukan antara ;ain sebagai berikut:

  1. Menggunakan gas alam dengan bijak dan secukupnya

Salah satu cara yang dapat kita gunakan untuk menghemat persediaan gas alam adalah dengan menggunakan gas alam secara bijak. Maksudnya adalah kita menggunakan gas alam untuk hal- hal yang memang dibutuhkan atau bermanfaat bagi manusia, dan itupun dalam jumlah yang cukup. Kita tidak boleh berlebihan dalam memanfaatkan gas alam karena hal ini akan berdampak menimbulkan hal yang tidak diinginkan.

  1. Menggunakan bahan bakar alternatif

Untuk menghemat penggunaan gas alam, kita bisa memanfaatkan sumber energi alternatif pengganti gas alam. Bahan bakar alternatif yang dapat kita gunakan ini tentu saja yang perolehannya jauh lebih mudah dan membutuhkan waktu yang cepat, karena gas alam sendiri perolehannya dalam waktu yang sangat lama. Bahan bakar alternatif yang dapat kita gunakan contohnya adalah biogas. Biogas merupakan bahan bakar yang dihasilkan dari bahan- bahan biotik atau dari makhluk hidup yang perolehannya lebih mudah, dan tidak takut akan mudah habis. Biogas berasal dari kotoran binatang , sisa- sisa  makhluk hidup atau sisa- sisa smapah hijau (kompos). Kelebihan biogas ini selain perolehannya mudah, juga harganya lebih murah daripada gas alam.

  1. Memperhatikan etika lingkungan

Gas alam merupakan kekayaan yang berasal jauh di dalam bumi, hal ini karena gas alam berasal dari fosil makhluk hidup yang hidup di zaman dulu. Gas alam keberadaannya seringkali kita jumpai berada pada satu tempat dengan minyak bumi. Jika suhu bumi tinggi maka jumlah gas alam lebih banyak, namun jika suhu gas rendah maka jumlah minyak bumi lebih banyak daripada gas alam. Karena termasuk  sumber daya alam, maka dalam mengeksplorasi gas alam harus memperhatikan prinsip etika lingkungan.

  1. Membuat peraturan yang jelas mengenai penggunaan gas alam

Penghematan penggunaan gas alam juga dapat dicapai apabila ada peraturan yang jelas mengenai penggunaan gas alam. Peraturan ini akan membatasi penggunaan gas alam agar lebih teratur.

  1. Menekan pertumbuhan penduduk

Penghematan gas alam juga dapat dicapai apabila kita melakukan cara mengatasi pertumbuhan penduduk supaya penggunaan gas alam dapat dihemat sesuai dengan jumlah orang yang menggunakannya. Jumlah penduduk yang banyak, berarti akan banyak pula konsumsi gas alam yang akan dikeluarkan. Namun apabila jumlah penduduk sedikit, maka jumlah gas alam yang dikonsumsi juga akan sedikit.

Itulah beberapa hal yang dapat kita gunakan sebagai upaya penghematan dalam penggunaan gas alam. Semoga artikel ini bermanfaat bagi pembaca.

, , , ,
Oleh :
Kategori : Ilmu Bumi