Gerak Semu Harian Bintang: Pengertian, Proses Terjadinya, Dampak dan Fungsinya

Benda- benda langit jumlahnya sangat banyak. Kita dapat menemukan berbagai benda langit seperti bintang, satelit, planet di tata surya, komet, asteroid dan lain sebagainya. Benda- benda langit tersebut ada yang memiliki lintasan atau orbit maupun tidak. Bintang- bintang tersebut seolah- olah muncul dari suatu arah dan tenggelam di arah lainnya. Gerakan ini disebut dengan gerakan semu harian bintang, pada kesempatan kali ini kita akan membahas mengenai gerak semu harian bintang secara lebih jelas.

Pengertian Gerak Semu Harian Bintang

Bintang memiliki gerakan seolah- olah berpindah tempat. Salah satu bintang yang memiliki gerak semu harian paling banyak kita lihat adalah matahari yang merupakan bintang terbesar sekaligus pusat di sistem tata surya kita. Selain matahari, ternyata ada pula bintang- bintang lainnya yang seolah- olah memiliki gerakan yang bisa kita rasakan dari Bumi. Namun gerakan ini bukanlah gerakan aslinya. Namanya adalah gerakan semu, sehingga gerakan ini tidak nyata. Yang menjadi tampak bergerak adalah posisi kita sendiri di Bumi yang bergerak. Sama halnya dengan gerak semu harian matahari, gerak semu harian bintang juga disebabkan oleh gerakan berputarnya Bumi pada porosnya atau yang biasa disebut dengan rotasi Bumi. Sehingga dapat dikatakan bahwa gerak semu harian bintang adalah akibat atau efek dari rotasi bumi yang menyebabkan bintang seolah- olah bergerak dari peredarannya padahal sebenarnya adalah diam dan bumi yang bergerak.

Proses Gerak Semu Harian Bintang

Gerak semu harian bintang merupakan gerakan yang dapat kita lihat seolah- olah bintang yang bergerak. Tidak ada proses yang khusus mengenai terjadinya gerak semu harian bintang. Semua ini adalah karena efek dari bumi yang berputar pada porosnya. Bumi mengalami gerakan perputaran pada poros atau rotasi dari arah barat ke timur, sehingga seolah- olah matahari dan bintang lainnya muncul dari sebelah timur dan tenggelam di sebelah barat. Ketika belahan bumi kita menghadap matahari maka pada saat itu kita akan mengalami waktu siang hari. Namun ketika belahan bumi kita tidak menghadap matahari maka pada saat itulah malam hari. Keika malam hari itulah bintang- bintang yang lain akan terlihat karena tidak tertutupi oleh cahaya matahari.

Dampak Gerak Semu Harian Bintang

Gerakan bintang seolah- olah bergerak merupakan gerakan yang tidak nyata, namun semua ini terkadang memberikan suatu dampak. Bintang- bintang yang dimaksud termasuk juga matahari yang merupakan bintang terbesar. Gerak semu  harian bintang setidaknya memiliki dampak sebagai berikut:

  • Penentuan waktu

Dampak yang paling utama dirasakan oleh manusia mengenai adanya gerak semu harian bintang adalah tentang waktu. Adanya jam di dunia ini bisa jadi berdasarkan gerakan semu harian bintang khususnya matahari. Kita bisa membedakan waktu antara pagi, siang, sore dan malam karena adanya gerakan semu harian bintang. Sebelum ditemukannya jam, orang- orang pada zaman dahulu hanya memanfaatkan posisi matahari serta bayangan benda yang dibentuk oleh cahaya matahari sebagai penanda waktu telah berubah. Sebagai contoh adalah penentuan waktu ibadah sholat ketika belum ada jam, maka digunakanlah posisi bayangan benda. Bahkan ada jam matahari, dimana jam tersebut hanya memiliki satu jarum yang tidak bergerak. Yang bergerak adalah matahari hingga bayangannya menunjukkan angka yang tepat di jam tersebut.


  • Terdapat perbedaan waktu

Gerakan semua harian bintang juga menyebabkan adanya perbedaan waktu antara satu daerah dengan yang lainnya. Seperti halnya di negara kita, di Indonesia saja wilayahnya dibagi menjadi tiga daerah waktu, yaitu waktu Indonesia Barat, Waktu Indonesia Tengah dan Waktu Indonesia Timur. Hal ini karena letak wilayahnya berbeda masa ketika menjumpai matahari. Sebelah timur lebih dulu terkena sinar matahari daripada sebelah barat, sehingga Papua mengalami pagi lebih dulu daripada Jawa.

  • Pemandangan yang indah

Gerakan semu harian bintang menyebabkan pemandangan yang indah. Terlebih ketika bintang itu adalah matahari. Terbit dan tenggelamnya matahari akan menimbulkan pemandangan yang indah. Langit akan terlihat bagus dengan cahaya kuning kemerah- merahan serta udara akan terasa hangat.

  • Terjadinya siang dan malam

Gerakan semu harian bintang adalah yang menyebabkan terjadinya siang dan malam. Siang dan malam saling terjadi dalam porsi yang sama sehingga. Hal ini juga dipengaruhi oleh bentuk bumi yang bulat sehingga daerah mengalami siang dan malam dalam kangka waktu yang sama

Itulah beberapa dampat kadri gerak semu harian bintang. Dampak- dampak ini kita rasakan sehari- hari. Dari sinilah maka gerak semu harian bintang bermanfaat bagi manusia.


Fungsi Gerak Semu Harian Bintang

Gerak semu harian bintang memiliki berbagai macam dampak seperti yang telah disebutkan sebelumnya. Gerakan semu harian bintang memiliki fungsi bagi manusia dan yang paling banyak adalah sebagai penanda waktu dan perbedaan waktu antara wilayah satu dengan wilayah yang lainnya.

Demikianlah penjelasan mengenai gerak semu harian bintang dan juga dampaknya. Semoga pa yang disampaikan dapat bermanfaat untuk kita semua.

, , , , ,
Oleh :
Kategori : Fenomena Alam