Perbedaan Habitat dan Relung dan Penjelasannya (Paling Lengkap)

Setiap makhluk hidup memiliki tempat hidupnya masing- masing. Kita mengenal lingkungan di planet Bumi terdiri atas ekosistem darat, macam-macam laut dan juga udara. Demikian ketiga lingkungan tersebut dihuni oleh makhluk hidup baik binatang maupun tumbuhan yang berbeda- beda. Ada tumbuhan yang hidupnya di darat, di air, dan ada pula organisme yang berterbangan di udara (meskipun terkadang tidak terlihat dengan mata telanjang). Selain tumbuhan ada pula binatang yang tinggal di darat, di air dan juga di udara. Semua ini sudah sesuai dengan fungsi tubuh masing- masing. Kecocokan fungsi tubuh dengan lingkungan tempat tinggalnya ini dibarengi dengan perilaku dari tumbuhan maupun binatang tersebut, sehingga kita tidak bisa menukarnya sesuka kita. Binatang maupun tumbuhan yang hidup di darat akan mati apabila kita pindahkan ke air dan sebaliknya. Mengenai tempat/ lingkungan hidup dari makhluk hidup ini, akan berhubungan dengan habitat dan juga relung. Apa pengertian dari keduanya serta apa perbedaannya? Kita bisa simak di bawah ini.

Pengertian Habitat

Kita semua pasti sudah pernah mendengar kata habitat sejak di bangku sekolah dasar. Ya, memang pengetahuan mengenai makhluk hidup serta lingkungannya sudah dipelajari anak- anak di sekolah. Yang dimaksud dengan habitat adalah lingkungan atau tempat tingga dari makhluk hidup baik individu maupun populasi. Dengan kata lain yang dimaksud habitat adalah lingkungan (yang terdiri dari komponen hidup maupun tak hidup) yang berada di sekitar makhluk hidup yang mempengaruhi dan dimanfaatkan oleh makhluk hidup tersebut. Sebagai contoh habitat adalah lautan, macam-macam danau, gunung, gurun, sungai dan lain sebagainya.

Pengertian Relung

Relung juga disebut dengan niche. Dalam ilmu ekologi yang dimaksud dengan relung adalah sebuah posisi yang ditempati oleh suatu spesies makhluk hidup tertentu berdasarkan rentang fisik yang ditempati serta peranan yang dilakukan oleh makhluk hidup tersebut di dalam komunitasnya. Relung menentukan bagaimana  spesies makhluk hidup tersebut memberikan tanggapan terhadap tersedianya sumber daya hidup dan juga keberadaan pesaing maupun pemangsa dalam ekosistemnya. Relung juga diartikan sebagai sebuah status fungsional dari suatu makhluk hidup berdasarkan adaptasi morfologi, anatomi, fisiologi dan juga perilakunya di tempat hidupnya. Dengan demikian kita mengenal relung lebih sebagai sebuah posisi maupun status suatu spesies di dalam komunitas mereka.

Perbedaan Habitat dan Relung

Di atas sudah diuraikan mengenai pengertian dari habitat dan juga relung. Dari uraian di atas jelas terdapat perbedaan antara habitat dan relung. Kita dapat menyimpulkan point penting dari perbedaan antara habitat dan juga relung. Kesimpulan mengenai perbedaan antara habitat dan juga relung adalah sebagai berikut:

  • Habitat merupakan sebuah tempat hidup makhluk hidup baik hewan maupun tumbuhan yang dapat mempengaruhi kelangsungan hidup makhluk hidup tersebut serta dapat dimanfaatkan oleh makhluk hidup tersebut demi kelangsungan hidup mereka.
  • Sementara relung lebih menjelaskan kepada status fungsional suatu spesies makhluk hidup dalam kaitannya dengan komunitasnya. Namun relung juga menjelaskan lebih kompleks yang memiliki arti di suatu wilayah yang mana terjadi suatu kehidupan yang memiliki kegiatan dalam mencari makanan atau sumber daya hidup namun hanya di tempat itu saja.

Nah itulah kesimpulan mengenai perbedaan antara habitat dan juga relung. Keduanya memang sangat erat dengan kehidupan. Selain kedua istilah tersebut, istilah lain yang juga berhubungan adalah ekologi. Semoga informasi yang disampaikan dalam artikel ini bermanfaat untuk kita semua.

fbWhatsappTwitterLinkedIn