4 Jenis Flora di Jepang Serta Fungsi dan Persebarannya

Sejak masa yang lampau keberadaan tumbuhan mengambil peranan penting bagi kehidupan manusia. Banyak sekali aspek yang dipengaruhi oleh keberadaan dari tumbuhan. Bahkan tak jarang terkadang sebuah tumbuhan atau flora dijadikan sebuah simbol akan sesuatu hal. Dalam ha tersebut kita banyak sekali mengenal beberapa jenis tumbuhan yang digunakan sebagai penggambaran akan sesuatu. Hal tersebut dikarenakan tumbuhan memang memiliki peranan dan bersinggungan langsung dengan pola hidup dari manusia  itu sendiri. Tumbuhan sendiri merupakan salah satu golongan makhluk hidup yang bisa dikatakan memiliki persebaran yang cukup luas. Ada banyak sekali faktor yang mempengaruhi persebaran flora dan fauna di dunia. Faktor tersebutlah yang kemudian juga mengambil peran penting dalam penentuan karakteristik dari tumbuhan tersebut.

Kali ini kita akan membahas beberapa jenis flora di Jepang  yang mungkin belum banyak kita ketahui. Mungkin sudah ada beberapa jenis flora yang bisa kita ketahui, Namun itupun masih sangat edikit terbatas. Sebagai salah satu tempat persebaran flora asiatis jepang memang memiliki banyak sekali jenis. Beberapa jenis flora yang ada di jepang seperti

1. Sakura

SakuraJika berbicara mengenai jenis flora di Jepang, maka sangat mustahil untuk tidak memasukan jenis ini. Sakura merupakan salah satu bunga yang sangat penting keberadaanya bagi bangsa jepang. Bunga yang satu ini merupakan salah satu jenis bunga yang sudah dijadikan sebagai simbol negara Jepang.

Bunga sakura sendiri merupakan salah satu jenis pohon yang masuk kedalam famili Rosaceae. Pohin ini masih berkerabat dekat dengan aprikot dan juga persik. Maka tak mengherankan jika sebutan dari bunga yang satu ini adalah Cherry Blossom. Biasanya sakura akan mulai mekar pada bulan maret dan bulan april.

Pada bulan-bulan tersebut akan banyak di adakan festival untuk merayakan bunga sakura yang sedang mekar. Selain itu mekarnya bunga sakura sendiri juga sangat berpengaruh pada kenaikan tingkat pariwisata yang ada di jepang. Bunga sakura sendiri merupakan salah satu contoh tumbuhan yang bisa dikatakan tumbuhan yang memiliki pengaruh dan berkaitan dengan pola kehidupan manusia.

2. Petasites japonicus

Petasites japonicusPada dasarnya ada banyak sekali cara pemanfaatan flora dan fauna sebagai Sumber daya alam. Salah satu pemanfaatan yang diketahui adalah sebagai sumber pangan. Hal tersebut juga dapat diterapkan pada salah satu jenis flora di Jepang ini. Petasites japonicus atau yang orang jepang sebut sebagai fuki, merupakan sebuah tumbuhan liar yang sangat bermanfaat.

Tumbuhan ini tergolong sebagai tumbuhan terna liar yang banyak diketemukan di jepang. persebarannya di jepang sendiri berada di Hokkaido, Honshu, Shikoku, Kyushu, Okinawa, dan hampir di seluruh daerah jepang. tumbuhan yang satu ini sangat menyukai tanah yang cukup basah. Namun, tumbuhan ini sangat tidak tahan dengan angin yang terlalu kencang. Batang tumbuhan ini sendiri bisa dikatakan beracun dan tidak dapat di konsumsi. Namun, pada bagian daun dapat di konsumsi secara normal.

Tak sedikit perkebunan Petasites japonicus yang bisa kita temukan di jepang. Jika dibiarkan di alam liar tumbuhan ini memiliki cita rasa yang agak pait dan getir. Namun setelah dibudidayakan tumbuhan ini menjadi tidak terlalu pahit dan getir.

3. Cinnamomum camphora

Cinnamomum camphoraCinnamomum camphora atau yang lebih biasa dikenal sebagai kayu kamper merupakan salah satu tumbuhan yang cukup terkenal di jepang. Pada dasarnya pohon jenis ini merupakan pohon asli dari tiongkok, Taiwan, selatan Jepang, Korea, dan Vietnam.

Pohon jenis ini merupakan salah satu jenis flora yang dilestarikan di Jepang. pada dasarnya adalah beberapa cara melestarikan flora dan fauna yang bisa kita gunakan. Seperti di jepang sendiri yang melindungi secara khusus keberadaan pohon ini.

Bahkan ada beberapa jenis pohon yang di anggap khusus karena keberadaannya. Persebaran pohon kamper sendiri kini banyak sekali dan telah tersebar luas di beberapa negara. Namun, pada beberapa negara justru pohon ini dianggap sebagai pohon invasif karena mengganggu flora lokal. Sejak dulu keberadaan pohon ini biasanya dijadikan sebagai salah satu sumber pengharum oleh masyarakat jepang.

4. Chrysanthemum

ChrysanthemumJenis flora di jepang yang satu ini merupakan salah satu bunga nasional yang dimiliki oleh jepan selain sakura. Jika kita sedang berada di jepang maka kita akan sering melihat bunga ini ada di pekarangan atau sebagai hiasan yang ada di dalam rumah.

Aroma harum dan warna yang menarik telah menarik hati masyarakat jepang sejak lama. Bahkan karena aroma wangi yang dimilikinya tak jarang terkadang bunga yang satu ini dijadikan sebagai penambah aroma pada teh. Maka tak mengherankan jika kita banyak sekali menemukan teh bunga Chrysanthemum di Jepang.

Pada dasarnya bunga yang satu ini memiliki kedekatan yang cukup erat dengan tumbuhan kenikir yang banyak kita temukan di indonesia. Keduanya adalah tumbuhan yang berasal dari suku Asteraceae. Persebaran bunga yang satu ini di jepang sendiri bisa dikatakan sangat luas, dan memiliki jenis yang cukup banyak.

Itulah tadi beberapa jenis flora di jepang yang bisa kalian ketahui. Bagi negara jepang setiap flora memiliki arti khusus dan fungsinya dalam kehidupan sehari-hari. Bahkan beberapa jenis dijadikan sebagai bunga nasional yang sangat mewakili negara jepang itu sendiri. Semoga informasi tadi bermanfaat.

, , , ,
Oleh :
Kategori : Biogeografi
Video Edukasi

Bulan adalah satelit alami Bumi satu-satunya dan benda langit yang paling terang setelah Matahari. Bagaimana bila bumi tidak memiliki bulan? Simak videonya!

Rekomendasi Film

Inilah rekomendasi film science fiksi yang bikin kamu cerdas seketika karena bikin mikir banget!