Gempa Megathrust : Karakteristik – Zona – Dampak – Fenomena

Kita tinggal di Negara Indonesia, dimana berada di pusat khatulistiwa. Beberapa daerah yang ada di Indonesia sering mengalami gempa bumi bahkan bencana tsunami. Daerah itu adalah Aceh hingga daerah Sumatera. Kali ini kami hadir kembali untuk membahas mengenai salah satu fenomena gempa bumi yang pernah terjadi di beberapa belahan dunia.

Gempa bukanlah suatu fenomena yang bisa diabaikan, bahkan gempa kerap kali mendatangkan beberapa kerusakan dan efek yang sangat besar bagi daerah tersebut. Kali ini kami akan mengajak Anda semua untuk lebih memahami mengenai gempa Megathrust sehingga Anda lebih tahu informasinya. Berikut adalah informasi lengkap dan detail mengenai Megathrust yang bisa Anda simak :

Pengertian Megathrust

Gempa yang sering disebut sebagai Megathrust ini adalah salah satu dari sekian banyak jenis-jenis gempa bumi yang ada di dunia. Supaya Anda lebih tahu informasi mengenai Megathrust lebih jelas lagi maka kali ini kami akan menginformasikan mengenai pengertian dari Megathrust. Megathrust sendiri sebenarnya adalah julukan atau sebutan untuk daerah atau lokasi subduksi. Megathrust ini adalah kondisi dimana lempeng satu mendorong lempeng-lempeng yang lainnya sehingga akhirnya terjadi subduksi dan gempa. Hal ini menyebabkan lempeng yang satu bergerak naik dan yang lainnya bergerak turun.

Karena gempa Megathrust terjadi di dataran dekat bumi dan pada lempengan yang dangkal, akhirnya gempa ini memiliki skala atau kekuatan yang sangat besar. Untuk Megathrust sendiri skala gempanya bisa mulai dari 8,0 SR ; 9,0 SR ; bahkan para ilmuwan juga pernah memprediksi jika Megathrust bisa mencapai lebih parah dari 9,0 SR yang artinya itu akan menjadi gempa terparah yang terjadi.

Megathrust ini merupakan salah satu penyebab dari gempa dengan skala besar yang pernah terjadi di seluruh dunia dan juga bisa menjadi salah satu penyebab dari Tsunami parah yang pernah dialami oleh beberapa negara di belahan dunia seperti misalnya Indonesia tepatnya Aceh dan Jepang beberapa waktu lalu. Selanjutnya kita akan membahas lebih detail mengenai zona dari gempa itu.

Zona Megathrust

Gempa MegathrustSeperti yang kita ketahui jika Megathrust adalah salah satu macam-macam gempa bumi yang bisa menyebabkan gempa dan tsunami yang parah. Jika tadi secara singkat kita sudah mengetahui mengenai pengertian dari Megathrust. Sekarang ini kami akan memberitahu kepada Anda semua mengenai zona dari Megathrust sehingga kalian lebih tahu mengenai Megathrust lebih spesifik lagi.

Untuk zona dari Megathrust sendiri sebenarnya adalah bahasa inggris. Di dalam bahasa Indonesia kita bisa menyebut zona Megathrust dengan zona Subduksi Selat Sunda. Zona Megathrust ini mencapai jangkauan yang cukup luas dan juga besar, dan sebagai informasi tambahan yang mungkin tidak kalian ketahui. Zona yang sering disebut dengan zona subduksi Selat Sunda ini merupakan zona yang bertanggung jawab untuk gempa bumi yang besar dan tsunami besar yang terjadi di seluruh belahan dunia. Menurut para ilmuwan, Zona Megathrust ini adalah salah satu zona yang paling aktif di dunia.

Zona Megathrust sendiri dibagi menjadi 3 zona besar yaitu Andaman Megathrust, Sumatra Megathrust, dan juga Java Megathrust. Zona ini sangat luas, memiliki luas atau jangkauan sekitar lebih dari 5.500 km yang dimulai dari utara Myanmar, ke barat daya di wilayah Sumatra, lalu bisa berlanjut ke selatan Jawa dan juga Bali, dan berakhir di negara Australia. Disinilah adalah salah satu tempat pertemuan lempeng Eurasia yang ditabrak atau dihujam oleh lempeng Indo-Australia. Setelah ini kami akan membahas mengenai karakteristik dari gempa yang satu ini.

Karakteristik Megathrust

Tadi kita sudah membahas mengenai pengertian dan juga karakteristrik dari Megathrust, sekarang ini kami akan memberi Anda beberapa informasi mengenai karakteristiknya sehingga Anda lebih memahaminya. Namun sebelumnya Anda juga harus tahu proses terjadinya gempa vulkanik. Sehingga Anda memiliki pengetahuan yang lebih mengenai gempa. Kali ini kami akan membahas mengenai karakteristrik dari si raksasa  atau yang sering disebut sebagai Megathrust itu. Tidak usah berlama-lama lagi, berikut adalah karakteristik dari gempa Megathrust :


  • Skala gempa yang besar

Gempa yang satu ini banyak para ilmuwan yang menyebut sebagai raksasa, raksasa sendiri disebut karena gempa ini memiliki karakteristik yaitu memiliki skala yang cukup besar. Megathrust sendiri memiliki skala mulai dari 8,0 SR hingga lebih dari 9,0 SR. Bahkan Megathrust bisa mencapai 10 SR. Bukankah sangat besar Skala Richternya?

  • Bisa berpotensi Tsunami

Karakteristik kedua dari gempa yang satu ini adalah berpotensi untuk menyebabkan tsunami. Seperti yang sudah dikatakan oleh para ahli jika Megathrust adalah salah satu zona paling aktif di dunia dan juga bertanggung jawab atas berbagai gempa dan tsunami besar. Skala ricthernya yang besar bisa menyebabkan beberapa potensi untuk tsunami.

Dampak Megathrust

Bencana alam seperti gempa bumi misalnya selalu memiliki akibat gempa bumi atau dampak lainnya bagi daerah yang mengalaminya. Sama seperti gempa-gempa yang lainnya, jika gempa lain saja memiliki dampak. Maka begitu juga dengan Megathrust. Gempa yang bisa mencapai sampai 10 SR ini bahkan memiliki beberapa dampak bagi daerah atau zona yang mengalaminya. Maka dari itu kali ini kami juga akan menyampaikan beberapa dampak dari Megathrust yang pernah mengguncang beberapa kota atau negara di berbagai belahan bumi. Berikut adalah dampak yang bisa ditimbulkan oleh Megathrust :

  • Abrasi parah pada pantai

Dampak pertama dari Megathrust adalah bisa merusak bibir pantai atau pantai bisa mengalami abrasi secara parah. Seperti pada informasi sebelum-sebelumnya jika Megathrust ini skalanya sangat besar sehingga berpotensi merusak berbagai hal salah satunya adalah dengan abrasi pantai parah pada bibir pantai. Terutama jika ada tsunami yang disebabkan oleh Megathrust pasti akan terjadi abrasi pada pantai.

  • Bangunan roboh dan kerusakan parah

Karena gempa Megathrust ini merupakan gempa dengan SR atau skala yang besar, maka dampaknya akan banyak sekali ya. Salah satu dampak dari Megathrust ini adalah kerusakan parah pada infrastruktur dan juga bisa merobohkan bangunan besar yang berada di kota-kota. Beberapa ahli mengatakan, terutama jika bangunan pencakar langit atau bangunan tinggi itu memiliki struktur bangunan yang tidak baik dan dibangun secara tidak spesifik maka bangunan itu bisa berpotensi miring dan terjadi kerusakan ketika terjadi gempa. Tidak hanya miring saja, ketika Megathrust terjadi maka bangunan besar itu bisa berpotensi mengalami ambles dan runtuh secara langsung.

  • Kerusakan pada infrasturuktur kota

Jika  Megathrust terjadi, maka akan banyak sekali dampaknya bagi kita. Salah satunya adalah kerusakan parah pada infrastruktur kota, misalnya saja akan terjadi keretakan pada jalan raya, ambruknya beberapa jembatan dan juga infrastruktur lainnya. Megathrust ini memiliki dampak yaitu pada kerusakan infrastruktur yang besar. Sehingga alangkah baiknya jika infrastruktur direncanakan matang-matang dan dibangun dengan baik untuk menghindari kerusakan yang besar seperti ini.

  • Merenggut korban jiwa

Dampak terakhir yang bisa disebabkan oleh Megathrust adalah gempa ini bisa merenggut korban jiwa yang cukup banyak. Mengingat, gempa ini memiliki skala yang cukup besar dan cukup tinggi sehingga akan menimbulkan banyak sekali korban jiwa. Tidak hanya korban luka-luka saja, karena Megathrust ini cukup berbahaya dan memiliki skala besar, dan terkadang sulit untuk di prediksi. Bisa merenggut banyak nyawa juga. Bahkan Megathrust ini pernah terjadi di sekitaran samudra Hindia dan menimbulkan Tsunami besar yang menewaskan lebih dari 230.000 korban jiwa. Angka yang sangat besar bukan? Oleh karena itu lebih baik jika ada peringatan mengenai gempa biasa maupun gempa Megathrust maka sebaiknya kita tidaklah mengabaikannya.

Fenomena Megathrust yang Pernah Terjadi

Dari beberapa informasi yang sudah kami sampaikan di atas mengenai Megathrust, sedikit banyak kita sudah mengetahui informasi lengkapnya. Sekarang kami akan menunjukkan kepada Anda beberapa fenomena dari gempa dahsyat yang satu ini. Kami akan memberikan beberapa informasi mengenai fenomena Megathrust yang pernah terjadi di berbagai belahan dunia ini sehingga Anda tahu apa saja yang pernah terjadi. Berikut ini adalah beberapa fenomena yang pernah terjadi :

  • Gempa dan Tsunami Aceh 2004

Gempa dan Tsunami AcehMasihkah Anda ingat dengan gempa tsunami yang terjadi di Aceh pada tahun 2004 silam? Gempa dengan skala besar ini merupakan tsunami dan juga gempa paling dahsyat yang pernah dialami oleh Indonesia. Tsunami yang terjadi pada tanggal 26 Desember 2004 lalu itu merupakan salah satu fenomena besar dari Megathrust gempa.

Tsunami dan Gempa dahsyat ini dikategorikan ke dalam Megathrust karena memang berada di dalam zona Subduksi selat Sunda, untuk skalanya saja saat itu gempa terjadi pada rentang 9,1 SR hingga 9,3 SR.

Gempa yang termasuk ke dalam kategori Megathrust ini sangat besar hingga merenggut banyak sekali jiwa, tercatat sekitar 230.000 hingga 280.000 korban jiwa meninggal dalam fenomena ini. Ratusan ribu korban lain mengalami luka parah dan juga luka ringan. Dalam waktu sehari semalam, provinsi Aceh luluh lantah rata menjadi tanah. Setelah kejadian besar itu, rakyat Indonesia berduka karena kehilangan banyak masyarakat.

  • Gempa dan Tsunami Tohoku, Jepang 2011

Gempa dan Tsunami TohokuDari dalam negeri, beralih kita ke negeri sakura Jepang. Negara ini juga pernah mengalami tsunami dan gempa Megathrust yang sangat besar dan dahsyat. Gempa yang terjadi di Tohoku Jepang ini bisa dibilang masuk ke dalam kategori Megathrust karena skalanya yang sangat besar. Gempa ini memiliki skala sebesar 8,4  SR pada awalnya dan berkembang menjadi getaran sebesar 9,0 SR. Gempa besar ini juga disertai dengan terjadinya Tsunami setinggi 10 meter.

Fenomena alam ini juga merenggut banyak nyawa, menurut catatan Japanese Police Agency, sekitar 15.269 orang tewas, 5.636 orang mengalami luka parah dan ringan, serta sekitar 8.526 orang dilaporkan hilang di beberapa daerah. Gempa dan Tsunami besar ini juga berdampak di beberapa negara salah satunya di Indonesia, terjadi tsunami setinggi 1 meter yang merenggut nyawa 1 orang dan juga beberapa tsunami atau gelombang lainnya di beberapa negara asia dan barat.


  • Gempa di Chile, 2012

Gempa di ChileSalah satu contoh fenomena dari Megathrust adalah gempa di Chile. Setahun setelah terjadinya gempa besar di Jepang. Chile juga mengalami gempa yang kita sebut sebagai Megathrust. Gempa di Chile ini memiliki kekuatan sekitar 8,2 SR hingga 8,8 SR.

Untuk gempa yang terjadi di Chile ini hanya merenggut korban yang sedikit dan beberapa kerusakan. Mengapa? Hal ini karena pemerintah Chile menerapkan struktur dan taraf bangunan sehingga semua rumah dan bangunan dibangun dengan kuat dan ketika gempa besar mengguncang sekalipun tidak akan ada yang sampai runtuh parah.

Prediksi Megathrust di Jakarta

Gempa Megathrust JakartaSekarang Anda sudah tahu mengenai gempa Megathrust bukan? Jika Anda sudah mengetahuinya, maka kali ini kami akan membawa info bagi Anda semua. Beberapa minggu terakhir ini sempat viral di media sosial dan ada prediksi mengenai Megathrust yang akan berupa gempa terjadi di Jakarta. Nah lalu mungkin Anda semua bertanya-tanya apakah itu hoax atau bukan?

Menanggapi fenomena itu, BMKG atau kepanjangan dari Badan Meteorologi, Klimatogi, dan Geofisika Indonesia pun menanggapi isu tersebut. BMKG sendiri menegaskan jika prediksi Jakarta akan mengalami Megathrust atau gempa berskala besar sendiri sebenarnya masih di dalam kajian oleh badan tersebut. Memang beberapa ahli ataupun ilmuwan asal Indonesia memberikan pendapat jika Megathrust akan terjadi di Indonesia tepatnya di Jakarta, namun BMKG sendiri menegaskan jika ini masih perlu dikaji lagi secara ulang dan dipastikan lebih mendalam apakah memang benar akan terjadi Megathrust atau tidak.

Ada beberapa peneliti yang berkata jika kemungkinan Megathrust bisa terjadi, namun ada beberapa peneliti lainnya yang mengatakan Megathrust sangat kecil kemungkinannya untuk terjadi. Maka dari itu BMKG perlu mengkaji lebih lagi fenomena ini. Pihak BMKG menjelaskan kepada masyarakat untuk selalu waspada terhadap getaran dari efek Megathrust bukan tsunaminya.

Nah itu dia beberapa informasi mengenai gempa Megathrust yang bisa kami sampaikan untuk Anda. Sehubungan dengan isu atau prediksi Megathrust di Jakarta, kami menyarankan supaya Anda mengetahui upaya pencegahan gempa bumi. Semoga artikel ini bisa menambah wawasan Anda semua ya.

, , , , ,
Oleh :
Kategori : Bencana Alam