Mengapa Bumi Disebut Planet Biru?

Setiap planet yang terdapat di dalam sistem tata surya mempunyai ciri khas serta julukan masing-masing, seperti planet Venus yang dikenal dengan nama Bintang Kejora atau Bintang Fajar, planet Mars yang disebut juga sebagai planet merah, serta planet Saturnus yang terkenal karena memiliki cincin.

Bagaimana dengan planet Bumi? tentu planet yang menjadi tempat tinggal kita juga mempunyai julukan yakni planet biru. Pemberian nama tersebut bukan tanpa alasan dan untuk mengetahui lebih lanjut berikut pembahasannya.

Sebutan planet biru untuk Bumi berdasarkan pada penampakannya jika dilihat dari luar angkasa. Banyak pendapat menyatakan jika warna biru tersebut disebabkan karena planet Bumi memiliki sekitar lebih dari 70% atau ¾ air yang menyebabkan terlihat berwarna biru.

Meskipun begitu, warna biru pada laut juga berbeda-beda tergantung dari seberapa tingkat kedalaman lautan. Contohnya jika laut berada dekat dengan daratan, warna biru yang dihasilkan lebih cerah dan semakin berwarna biru tua jika berada di perairan dalam atau samudera.

Ada hal lain yang juga harus diketahui mengenai laut yang terlihat berwarna biru yakni disebabkan karena refleksi atau pantulan dari langit yang juga berwarna biru di atmosfer. Mengapa langit berwarna biru karena sinar matahari khususnya gelombang biru atau gelombang pendek yang tersebar di atmosfer Bumi ketika siang hari.

Laut akan terlihat berwarna biru terutama saat siang hari sebab molekul-molekul air yang berjumlah sangat besar ini juga menyerap sinar matahari terutama gelombang biru yang memiliki gelombang pendek. Itulah mengapa air laut berwarna biru saat siang hari.

Selain itu, peran sinar matahari juga mempengaruhi penampakan planet Bumi jika dilihat dari luar angkasa. Ketika sinar matahari menyinari salah satu bagian dari Bumi, saat itu daerah yang mendapatkan sinar matahari sedang dalam kondisi siang, sehingga penampakan Bumi berwarna biru dapat terlihat dari luar angkasa.

Tidak heran jika hubungan planet Bumi dengan atmosfer yang dimilikinya sangat erat. Terutama hubungannya dengan lautan yang terdapat pada Bumi.

Namun demikian, pada kenyataannya planet Bumi tidak sepenuhnya berwarna biru. Ada bagian lain yang dimiliki oleh planet Bumi yakni berupa daratan yang memberikan warna coklat kehijauan jika dilihat dari luar angkasa.

Jumlah air yang dimiliki oleh planet Bumi termasuk paling banyak di antara semua planet di tata surya. Menurut para ahli, salah satu keunggulan planet Bumi dibandingkan dengan planet lainnya yakni karena kandungan air di dalamnya.

Hal yang menarik dari air di Bumi yakni jumlahnya tidak pernah bertambah atau berkurang. Dengan kata lain kandungan airnya akan selalu konstan atau selalu sama.

Penyebab mengapa air yang terdapat di Bumi selalu tetap yakni terdapat sebuah siklus khusus yang dikenal dengan nama siklus hidrologi. Adanya siklus hidrologi tersebut sangat berpengaruh pada kehidupan di Bumi.

Bahkan para astronom saat ini juga sudah menemukan planet mirip Bumi yang juga memiliki warna yang sama yakni biru. Namun masih perlu penelitian lebih lanjut apakah planet tersebut benar-benar mirip dengan Bumi atau tidak.

fbWhatsappTwitterLinkedIn