15 Fungsi Air Hujan Bagi Tanaman dan Kehidupan Manusia


Air hujan yang turun di permukaan bumi akan mengalami banyak keuntungan bagi makhluk hidup karena ketika air hujan turun semua keadaan akan menjadi lebih baik lagi terutama bagi makhluk hidup yang segala sesuatu sangat bergantung pada air hujan.

Berikut adalam beberapa fungsi air hujan yang turun bagi kelangsungan makhluk hidup :

1. Air hujan berperan penting dalam bidang pertanian 

Air hujan yang turun di permukaan bumi sangat memberikan dampak baik bagi kehidupan petani. Tak heran jika petani sangat senang jika hujan turun, karena dapat memberikan pengaruh baik bagi hasil panennya sehingga banyak petani yang sangat menunggu musim hujan datang. Dan ketika musim hujan sudah datang banyak sekali para petani yang melakukan pekerjaannya disawah untuk menanam padi atau menunggu hasil panennya berhasil karena memiliki banyak keuntungan bagi para petani’

2. Air hujan berperan penting dalam kehidupan manusia

Air hujan yang turun dari langit sangat memiliki manfaat bagi kehidupan manusia untuk memenuhi kebutuhan pokok dalam kehidupan sehari-harinya. Air hujan yang jatuh ke permukaan bumi akan meresap ke dalam tanah kemudian akan menjadi air tanah. Dan selanjutnya manusia akan memanfaatkan air tanah tersebut untuk dikelola kembali dalam memenuhi kebutuhan hidupnya seperti :

  • Untuk mencuci pakaian
  • Untuk dimasak lalu dijadikan air minum
  • Untuk mandi sehari-hari
  • Untuk meyiram tanaman

3. Air hujan sangat berperan penting bagi perekonomian

Air hujan juga ikut berperan dalam perekonomian manusia karena air hujan juga memiliki peran penting bagi pekerjaan manusia seperti pengolahan hutan, perikanan, dan pertanian. Dan ketika pada musim kemarau manusia pasti akan merasakan kekurangan air begitu juga dengan bidang yang mereka jadikan sumber pencarian ekonominya seperti gagal panen, masalah dalam perikanan dan pohon-pohon di hutan yang mulai gugur akibatnya sangat merugikan sekali bagi manusia yang hanya bergantung pada bidang perekonomian yang sangat membutuhkan air.

4. Air hujan sangat berperan penting di bidang perikanan

Air hujan sangat berperan penting di bidang perikanan karena ketika hujan datang air di laut, sungai dan danau. sungai juga memiliki beberapa manfaat sungai bagi kehidupan manusia. Dan akan mengalami kenaikan air yang mencukupi untuk ikan berkembang biak di dalam permukaan air, tak heran jika di tempat laut, sungai dan danau dijadikan sumber kehidupan manusia karena ikan juga bermanfat bagi kehidupan manusia untuk dikonsumsi sebagai penambah protein. Air hujan memiliki peran sebesar 80% untuk kehidupan ikan di laut, jika pada musim kemarau di bidang perikanan akan mengalami kerugian besar dalam pengelolaan ikan di laut.

5. Air hujan sangat berperan penting dalam pelestarian lingkungan

Air hujan yang turun ke permukaan bumi sangat berperan penting dalam pelestarian lingkungan, seperti untuk tumbuhan melakukan fotosintesis, penanaman pohon-pohon dihutan maupun untuk ditanam sendiri. Karena jika air hujan turun semua tanaman atau pohon-pohon akan tumbuh subur, lebat, indah dan mempercepat proses fotosintesis. Air hujan juga sangat berperan dalam mempertahankan kehidupan alam dan pelestarian lingkungan .

6. Air hujan sangat berperan penting untuk kelangsungan hidup hutan

Air hujan sangat berperan penting bagi kelangsungan hidup hutan. Karena di dalam hutan banyak hewan-hewan, tumbuhan, pohon-pohon yang menggantungkan hidupnya pada air semakin hujan turun yang ditentukan dalam kurun beberapa waktu pergantian musim semua makhluk hidup yang hidup di hutan akan mengalami kestabilan dan seimbang karena pasokan air yang cukup untuk memenuhi kebutuhan fotosintesis atau minum bagi hewan yang ada dihutan.

7. Air hujan sangat berperan penting untuk menjaga sumber air tanah

Air hujan sangat berperan penting untuk menjaga sumber air tanah karen air hujan yang turun dipermukaan bumi akan menyerap ke permukaan lapisan tanah sebagai cadangan air yang disimpan dalam kedalaman tertentu. Dengan adanya air hujan yang menyerap ke air tanah, manusia bisa memanfaatkan dengan cara menggali sumur bor dan air PAM yang air nya akan dimanfaatkan untuk memasak, mencuci, menyiram tanaman dan kebutuhan lainnya.

8. Air hujan sangat berperan dalam mengurangi erosi tanah 

Tanah adalah tempat yang menjadi kehidupan manusia sedangkan struktur tanah sangat membutuhkan air untuk selalu dapat mempertahankan kekuatan tanah. Erosi dapat menyebabkan kerusakan-kerusakan alam serta menimbulkan bencana yang sangat merugikan manusia. Hal ini dilakukan karena penebangan hutan secara liar serta pembangunan rumah-rumah yang permukaan tanahnya tidak cocok untuk dibangun rumah, Karena pada dasarnya sistem kontruksi tanah dapat bertahan karena menerima air hujan yang turun dari langit sehingga tidak akan mengalami kekeringan panjang dengan serapan air hujan yang cukup.

9. Air hujan sangat berperan penting dalam menjaga lingkungan dari bencana alam

Air hujan sangat berperan penting dalam menjaga kelestarian lingkungan agar tidak terjadi bencana alam, air hujan yang turun ke permukaan bumi akan di serap oleh pohon-pohon untuk menjaga kelangsungan hidup pohon selama bertahun-tahun dan pohon akan memberikan peran penting bagi kehidupan manusia, dengan adanya pohon dapat melindungi alam agar tiak terjadi bencana.

10. Air hujan sangat berperan penting dalam kecantikan wanita

Air hujan sangat memiliki peran dalam kecantikan wanita, ketika air hujan turun sebaiknya kita ambil sedikit dari air hujan tersebut, karena air hujan dapat mengurangi rontok pada rambut dengan kandungan zat yang sangat baik dan kadar garam dan ph netralnya yang sangat baik dan bisa mempertahankan akar rambut sehingga tidak mudah untuk rontok.

11. Air hujan sangat berperan penting dalam memperbaiki kualitas udara bagi manusia

Ketika air hujan turun dari langit air hujan dalam keadaan kotor, namun air hujan yang sering turun akan membantu manusia merasakan hirupan udara yang lebih baik karena berbagai jenis kandungna polutan dalam udara akan dibersihkan oleh air hujan sehingga ketikaa hujan sudah berhenti, kita akan merasakan kesegaran kembali ketika kita menghirup udara.


12. Air hujan sangat berperan penting untuk air minum

Air hujan yang turun dari langit tidak langsung bisa dikonsumsi untuk diminum. Ada beberapa pakar yang akan menangani dalam proses pemurnian air hujan yang akan ditempatkan di penampungan atau galon setelah itu air hujan akan diteliti oleh para pakar untuk di uji zat yang berbahaya, proses pemurnian ini dilakukan untuk menghilangkan zat yang berbahaya yang terkandung dalam air hujan setelah air hujan sudah dibersihkan dari zat yang berbahaya, manusia dapat menggunakan air minum tanpa harus dimasak karena sudah tidak berbahaya lagi bagi kesehatan manusia

14. Air hujan sangat berperan penting bagi kesehatan

Air hujan befungsi sebagai ketenangan jiwa bagi manusia, walaupun belum teruji kebenarannya air hujan dapat dijadikan obat secara alami yaitu ketika manusia mendengar suara hujan akan merasakan ketenangan karena manusia bisa merasakan efek segar dari keteduhan air hujan yang turun dari langit .

15. Air hujan sangat berperan penting bagi sumber energi untuk pembangkit listrik

Pembangkit listrik yang biasanya disebut dengan PLTA sangat bergantung sekali pada air hujan, walaupun dalam proses pembuatan PLTA biasanya mengambil air dari danau, sungai dan laut tetapi air hujan tetap menjadi kebutuhan utama bagi PLTA karena air hujan yang akan turun ke  laut, sungai atau danau menjadi pengaruh untuk proses PLTA.

Dan itulah berbagai manfaat dari turunnya air hujan untuk memenuhi kelangsungan hidup manusia, hewan, dan tumbuhan.

Baca :

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

,
Post Date: Wednesday 16th, September 2015 / 08:04 Oleh :
Kategori : Hidrologi