14 Pekerjaan yang Berkaitan dengan Geografi di Sekitar Kita

Memiliki pekerjaan mapan, tetap dengan gaji yang besar merupakan keinginan semua orang. Hal ini karena hampir semua masalah kehidupan bisa teratasi terutama yang berhubungan dengan kebutuhan dan perekonomian. Ada pekerjaan yang dapat memberikan gaji besar namun tidak memberikan kehormatan yang tinggi. Namun ada pula pekerjaan yang tidak memberikan gaji tinggi namun memberikan status sosial yang tinggi bagi seseorang sehingga orang tersebut akan mudah untuk dihormati oleh orang lain. Selain itu ada pula pekerjaan yang lebih banyak memberikan layanan sosial kepada masyarakat daripada mencari keuntungan, dan masih banyak jenis pekerjaan lainnya.

Berbagai jenis pekerjaan pasti membutuhkan latar belakang baik berupa pendidikan maupun berupa keahlian atau keterampilan. Misalnya adalah seorang hakim yang pastinya membutuhkan pendidikan dalam dunia hukum, pilot yang membutuhkan pendidikan dalam penerbangan, dokter yang yang harus menempuh pendidikan dokter dan lain sebagainya. Banyak sekali ilmu pengetahuan yang dipelajari dalam dunia pendidikan melahirkan orang- orang yang ahli di bidangnya masing- masing. Terkadang lulusan suatu cabang ilmu pengetahuan bisa bekerja di pada beberapa profesi, termasuk cabang ilmu geografi namun tetap berkaitan. Nah, pada kesempatan kali ini kita akan membedah berbagai pekerjaan yang bisa dilakukan oleh seseorang lulusan geografi atau beberapa profesi yang berhubungan dengan geografi. Untuk mengetahui lebih lengkapnya, yuk kita simak uraian di bawah ini.

Pekerjaan yang Berhubungan dengan Geografi

Bagi kamu yang merasa lulusan bidang geografi, ada berbagai pekerjaan yang bisa kamu pilih untuk masa depanmu. Ada banyak profesi yang berhubungan dengan geografi dan sangat dibutuhkan dalam kehidupan sehari- hari, mengingat bidang geografi sangat dibutuhkan untuk kepentingan manusia. Jadi bagi kamu yang sedang memilih jurusan untuk meneruskan ke sekolah tinggi, geografi bisa menjadi salah satu bidang yang patut kamu coba. Adapun beberapa profesi yang berhubungan dengan geografi tersebut antara lain sabagai berikut:

  1. Perencana Tata Kota

Salah satu pekerjaan yang sangat berhubungan dengan geografi adalah menjadi perencana tata kota. Beberapa hal yang dipelajari dalam geografi antara lain tentang studi kewilayahan. Ahli tata kota memiliki keahlian untuk membuat zonasi, penggunaan lahan, pengembangan dari objek- objek atau tempat yang sudah ada hingga merencanakan objek baru yang akan dibuat. Dalam hal ini ahli tata kota akan bekerja sama dengan pemilik properti atau pejabat yang berwenang di wilayah tersebut.

  1. Ahli Cuaca

Pekerjaan selanjutnya yang berkaitan dengan ilmu geografi adalah sebagai ahli cuaca. Seperti yang kita ketahui sebelumnya bahwa salah satu cabang ilmu geografi yakni klimatologi dan meteorologi yang mempelajari tentang iklim dan juga cuaca. Nah para lulusan yang mengambil jurusan ini nanti diharapkan akan bisa menjadi ahli cuaca. Ahli cuaca dibutuhkan untuk memberikan prediksi cuaca kepada masyarakat. Biasanya prediksi cuaca ini disampaiakan harian ataupun mingguan.

  1. Spesialis SIG

Selanjutnya pekerjaan yang bisa dikerjakan oleh lulusan geografi adalah menjadi spesialis Sistem Informasi Geografis atau SIG. Sistem Informasi Geografis merupakan pengembangan ilmu geografi dengan memanfaatkan teknologi yang modern dengan menggunakan perangkan komputer, satelit, citra, maupun internet dan dapat memberikan output yang lebih akurat. Seiring dengan perkembangan zaman, SIG semakin banyak dibutuhkan sehingga sekarang ini banyak bidang yang membutuhkan teknologi SIG seperti untuk pembengunan beragam fasilitas umum maupun yang berkaitan dengan perusahaan swasta.

  1. Ahli Transportasi

Menjadi ahli transportasi juga berkaitan dengan bidang geografi. Seperti halnya perencanaan tata kota, manajeman jaringan dalam bidang transportasi juga sangat dibutuhkan seiring dengan perkembangan zaman. Hal ini semakin diperlukan mengingat mobiltas penduduk yang semakin tinggi serta jumlah kencaraan yang semakin bertambah. Seorang ahli transportasi harus bisa mengatasi problematikan macet yang sering melanda kota- kota besar, termasuk pula dalam membangun jalur alternatif.

  1. Kartografer

Kartograf merupakan salah satu cabang ilmu geografi yang menangani bidang pembuatan peta. Nah, orang yang memiliki keahlian dalam membuat peta disebut dengan kartograf. Kartograf sangat dibutuhkan oleh instansi- instansi baik negeri maupun swasta, hal ini karena pentingnya suatu peta. Selain itu para kartograf juga sangat berperan dalam pembuatan atlas, buku dan media lainnya.

  1. Manajemen Lingkungan

Manajemen lingkungan juga merupakan salah satu profesi yang berkaitan dengan geografi. Mengapa harus ada manajemen lingkungan? Hal ini karena adanya berbagai masalah lingkungan yang terjadi karena peradaban manusia. Maka dari itulah dibutuhkan seorang analis lingkungan. Seorang analis lingkungan akan berperan menata lingkungan agar terlihat lebih baik dengan tidak menghambat kegiatan manusia. oleh karena itulah banyak instansi swasta maupun negeri yang akhir- akhir ini menggalakkan program- program yang ramah lingkungan supaya lingkungan kita tetap terjaga dengan baik.

  1. Peneliti/ Penulis

Sebenarnya seorang peneliti ataupun penulis merupakan profesi yang global atau umum yang bisa dilakukan oleh lulusan bidang manapun. Salah satu lulusan yang bisa menyumbangkan peneliti atau penulis adalah lulusan geografi. Seorang lulusan geografi akan melakukan penelitian di bidang geografi. Penelitian geografi akan menyumbangkan hasil penelitian yang berperan dalam bidang kelingkungan.

  1. Surveyor

Surveyor merupakan orang- orang yang bertugas untuk mencari lokiasi suatu mineral yang berada di bawah kerak bumi. Hal ini bisa dilakukan oleh seorang ahli geografi karena mereka juga mempelajari tentang kebumian. Seorang surveyor banyak dibutuhkan oleh perusahaan –perusahaan swasta untuk memperoleh tambang- tambang baru yang diharapkan bisa menghasilkan banyak keuntungan.

  1. Guru

Pekerjaan lain yang berkaitan dengan geogrfai adalah menjadi seorang pendidik baik itu guru maupun dosen. Pendidik yang dilahirkan dari kalangan lulusan geografi tentu akan menyampaikan ilmu geografi pula, yakni menjadi guru geografi atau dosen geografi yang akan mengajarkan ilmi geografi ke generasi selanjutnya sehingga akan menciptakan ahli geografi yang baru.

  1. Vulkanolog

Vulkanolog merupakan orang yang meneliti atau mengamati mengenai kondisi kegunung apian. Gunung api perlu untuk selalu diamati karena keadaannya bisa berpengaruh terhadap kehidupan masyarakat di sekitarnya. Manusia harus selalu memantau keadaan gunung api supaya bisa memastikan bahwa keadaan tetap aman dan apabila gunung api sedang bergejolak maka petugas harus segera memberikan peringatan kepada masyarakat. mbang baru yang diharapkan bisa menghasilkan banyak keuntungan.eorang  ha;i yang baru.au dose

  1. Manajemen Bencana

Banyak sekali jenis bencana alam di bumi ini, terlebih di wilayah yang kompleks yang mana bisa terjadi beberapa jenis bencana alam sekaligus. Oleh karena itulah perlu adanya manajemen bencana alam. Manajemen bencana alam ini berkaitan dengan ilmu geografi. Dalam manajeman bencana alam selain menetapkan langkah- langkah penyelamatan juga melakukan langkah- langkah pencegahan.

  1. Tour Guide

Selanjutnya adalah tour guide atau seorang pemandu wisata. Seorang pemandu wisata harus menguasai medan tempat iya bekerja. Selain harus ahli dalam sejarahnya, juga harus bisa menjawab pertanyaan- pertanyaan wisatawan termasuk apabila ada yang bertanya mengenai gejala- gejala alam yang terjadi di masa lampau sehingga terbentuk kenampakan alam seperti saat ini. dan hal inilah yang berkaitan dengan ilmu geografi.

  1. Demographer

Demographer merupakan orang yang ahli dalam ilmu kependudukan. Kita tahu bahwa geografi tidak hanya mengkaji mengenai fenomena litisfer saja namun juga mengenai kependudukan. Nah, salah satu pekerjaan yang dapat dilakukan adalah menjadi seorang ahli kependudukan.

  1. Petugas Taman Kota

Kemudian petugas taman kota. Keberadaan taman kota memabg sangat penting sebagai paru- paru kita, oleh karena itulah harus dirawat keberadaannya. Salah satu yang merawat taman kota adalah orang yang ahli geografi.

Nah itulah beberapa pekerjaan yang berhubungan dengan ilmu geografi. Cabang Ilmu geografi cakupannya memang sangat luas sehingga bermacam- macam pekerjaan yang dapat dilakukan oleh lulusan ilmu geografi. Semoga informasi yang kami sampaikan bermanfaat untuk kita semua.

, , , ,
Oleh :
Kategori : Ilmu Sosial