4 Fungsi Kelembaban Udara bagi Makhluk Hidup dan Bumi

Udara merupakan elemen yang sangat penting bagi kehidupan makhluk hidup. Tanpa adanya udara, manusia tidak akan bisa bertahan hidup. Ada banyak faktor yang mempengaruhi keadaan udara, seperti tekanan udara, dan kelembaban udara. Kelembaban udara merupakan jumlah kandungan uap air yang terdapat di dalam udara. Kelembaban udara dapat diukur dengan suatu benda yang dinamakan higrometer. Lalu, apakah kelembaban udara ini sangat penting? Dan apa sih fungsinya?

Kelembaban udara merupakan salah satu keadaan udara yang banyak diperhatikan oleh manusia. Hal ini karena kelembaban udara sendiri dapat mempengaruhi berbagai hal yang berhubungan dengan kegiatan manusia. maka dari itulah keadaan kelembaban udara sangat penting untuk diperhatikan. Lalu, sebenarnya apa saja sih fungsi atau manfaat dari kelembaban udara sehingga banyak orang sangat menganggapnya penting? Tentu banyak ya. Beberapa manfaat atau fungsi kelembaban udara antara lain sebagai berikut:

  1. Menjadi salah satu faktor penentu pertumbuhan tanaman.

Salah satu fungsi dari kelembaban udara adalah sebagai salah satu penentu dari pertumbuhan tanaman. Seperti yang kita ketahui bersama bahwasannya banyak faktor yang dapat mempengaruhi pertumbuhan tanaman. Selain pembagian iklim, jenis tanaman, kesuburan tanah, cahaya matahari, pupuk, ada pula kelembaban udara. Apabila kelembaban udara ini baik maka pertumbuhan tanaman juga akan lebih cepat dan tentunya lebih bagus. Lalu, berapa prosesntase kelembaban udara yang baik? Untuk lingkungan indoor atau di dalam ruangan, kelembaban normal itu sekitar 4-%-60%. Nah, lalu apa yang akan terjadi pada tanaman apabila kelembaban udara rendah? Tanaman akan beresiko mengering meskipun tidak jarang disiram.

  1. Menjaga kestabilan kesehatan tubuh

Siapa yang menyangka ternyara kelembaban udara sangat berkaitan dengan kesehatan kita. tubuh kita secara langsung berinteraksi dengan udara, karena kita bernafas menghirup udara. Nah, udara yang lembab ini akan mempengaruhi kesehatan kita. Apabila kita berada di dalam suatu ruangan yang mempunyai kelembaban udara terlalu rendah maka kita akan mudah terserang batuk atau bahkan flu. Hal ini bisa terjadi apabila kita berada di ruangan yang menggunakan AC. Namun, tidak dipungkiri juga bahwa kelembaban udara yang terlalu tinggi juga akan menimbulkan dampak yang tidak baik. Ruangan yang memiliki kelembaban udara terlalu tinggi maka akan membuat pernapasan kita menjadi terganggu.

  1. Menjaga suhu Bumi agar tidak terlalu panas

Fungsi kelembaban udara yang paling global adalah untuk menjaga suhu planet Bumi supaya tidak terlalu panas akibat paparan sinar matahari atau pemanasan global. Kita tahu bahwa Bumi menempati urutan ketiga planet di tata surya dari matahari, hal ini menyebabkan sinar matahari yang sampai ke Bumi lumayan banyak. Apabila matahari sedang terik maka permukaan Bumi akan terasa sangat panas. Kelembaban udara yang merupakan kendungan uap air di udara bebas akan membantu menjaga kestabilan suhu kerak Bumi.

  1. Menjaga keawetan dan kualitas barang- barang tertentu

Terkadang berbagai barang yang kita punyai memiliki perawatan khusus karena sangat sensitif dengan keadaan yang ada di sekitarnya. Salah satu keadaan yang mempengaruhi kualitas barang adalah suhu dan juga kelebaban udara. Sebagai contoh adalah tas dengan bahan kulit memiliki perawatan khusus yang tidak boleh diletakkan di sembarang tempat dan harus disimpan di dalam ruangan yang memiliki kelembaban udara yang cukup.

Nah itulah beberapa peranan dan juga fungsi dari kelembaban udara yang ada di sekitar kita. Kelembaban udara yang baik maka akan mendatangkan berbagai manfaat. Kelembaban udara kurang maupun berlebih akan menyebabkan berbagai masalah muncul. Demikianlah informasi yang dapat kami sampaikan mengenai kelembaban udara. Semoga bermanfaat untuk kita semua.

, , , , , ,
Oleh :
Kategori : Iklim