6 Ciri- ciri Fauna Indonesia Bagian Timur

Flora dan fauna merupakan salah satu kekayaan yang dimiliki oleh suatu negara, tak terkecuali Indonesia. Flora dan fauna menjadi sebuah kekayaan karena merupakan ciri khas yang dimiliki oleh bangsa atau negara yang membedakannya dengan negara lain. Flora dan fauna di suatu negara memiliki ciri khas atau tipenya sendiri- sendiri sehingga berbeda dengan negara lainnya. Bahkan terkadang di suatu negara pun memiliki beberapa flora dan fauna khas di setiap sudut wilayahnya. Maksudnya adalah suatu negara dibagi atas beberapa penjuru dan di setiap penjuru memiliki flora dan fauna khasnya masing- masing. Sebagai contoh adalah Indonesia, negara kita. Berdasarkan jenis flora dan faunanya, Indonesia dibagi atas tiga wilayah, yaitu wilayah timur atau Australis, wilayah tengah atau Peralihan dan wilayah barat atau Asiatis.

Setiap wilayah Indonesia ini memiliki ciri khasnya masing- masing mengenai flora dan faunanya. Misalnya seperti Indonesia bagian timur yang mana tipe faunanya mirip dengan yang di Australia, sementara  di wilayah bagian barat tipe faunanya mirip dengan yang ada di wilayah Asia (flora Asiatis) yang memiliki ukuran besar- besar. Kali ini kita akan membahas mengenai ciri- ciri fauna tipe Australis atau fauna yang berada di wilayah Indonesia bagian timur. Kita akan membahas mengenai ciri- ciri dan juga contoh dari fauna yang hidup di wilayah timur Indonesia.

Ciri- ciri Fauna Tipe Australis

Fauna atau binatang tipe Australis ini memiliki kesamaan dengan binatang atau fauna yang ada di Benua Australia, maka dari itulah namanya tipe Australis. Binatang- binatang atau fauna di Indonesia bagian timur ini memiliki kenampakan yang khas seperti berbulu, ukurannya kecil, suka memanjat pohon dan lain sebagainya. Untuk mengetahui lebih jelas mengenai ciri- ciri dari fauna Australis, berikut ini merupakan ciri- ciri yang dimiliki oleh fauna Australis:

  1. Berbulu

Salah satu ciri khusus yang dimiliki oleh fauna tipe Australis atau Indonesia bagian timur adalah binatangnya berbulu. Banyak binatang atau fauna tipe Australis ini yang memiliki bulu yang berupa rambut maupun bulu- bulu. Sebagai contoh adalah kanguru atau koala yang memiliki rambut- rambut halus yang pendek dan lebat. Selain itu berbagai jenis burung juga memiliki bulu- bulu yang indah dan terkadang panjang, seperti burung Cenderawasih dan juga burung kasuari.

  1. Mamalia Berukuran kecil

Binatang atau fauna Australis didominasi oleh binatang menyusui atau yang biasa disebut dengan mamalia. Namun mamalia- mamalia Australis ini biasanya memiliki ukuran yang kecil sehingga kebanyakan imut dan menggemaskan. Lain dengan binatang atau fauna Asiatis yang sebagian besar memiliki ukuran jumbo atau besar. Sebagai contoh binatang mamalia Australis adalah koala yang memiliki bentuk lucu dan suka hidup di pohon. Selain koala, Kanguru juga merupakan binatang khas Australis yang memiliki kantong di depannya. Binatang ini tidak berukuran kecil, namun juga tidak terlalu besar.

  1. Banyak terdapat jenis burung

Selain mamalia, ciri dari fauna Autralis lainnya adalah terdapat banyak jenis burung. Burung- burung dari Indonesia timur ini memiliki ke khasan tersendiri, seperti bulu- bulunya yang berwarna- warni, panjang dan juga indah. Beberapa jenis dari binatang burung dari Indonesia timur ini seperti Kasuari dan juga Cenderawasih yang banyak diidam- idamkan manusia dan banyak diburu karena keindahan bulunya. Oleh karena banyak diburu, maka burung Cenderawasih dan juga Kasuari kini telah menjadi binatang yang dilindungi oleh negara. Jika tidak maka populasi burung ini akan cepat habis atau punah.

  1. Berwarna- warni

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa salah satu ciri khas dari fauna Australis adalah terdapat banyak jenis burung. Burung- burung ini memiliki penampakan yang indah. Selain bentuknya, peranan warna juga sangat mendominasi. Adapun keindahan bulu- bulu burung dari Indonesia timur ini karena panjang dan berwarna- warni seperti pelangi. Inilah yang membuat burung tersebut tidak telalu aman karena banyak diburu oleh orang- orang.

  1. Ikan air tawar jumlahnya sedikit

Meskipun terdapat banyak jenis burung, namun ciri dari fauna Australis ini adalah sedikitnya jumlah ikan air tawar. Ikan air tawar yang hidup di wilayah Indonesia timur ini tidak terlalu banyak karena memang karakteristik tempatnya yang tidak terlalu mendukung.

  1. Terdapat binatang berkantung

Binatang bergantung sangat khas dimiliki oleh fauna Australis. Binatang atau fauna yang dimaksud salah satunya adalah Kanguru. Kanguru memiliki kantung di bagian depan untuk melindungi anaknya sehingga anak kanguru selalu bisa ikut induknya di dalam kantung ketika masih bayi. Hal ini juga merupakan salah satu upaya menjaga keselamatan dari gangguan predator.

Nah itulah beberapa ciri khas yang dimiliki oleh fauna Indonesia tipe Australis. Ciri- ciri tersebut mungkin sangat berbeda dengan fauna tipe Asiatis yang berada di wilayah Indonesia bagian barat. Semoga artikel ini bermanfaat untuk kita semua.

, , , , ,
Oleh :
Kategori : Hutan
Video Edukasi

Bulan adalah satelit alami Bumi satu-satunya dan benda langit yang paling terang setelah Matahari. Bagaimana bila bumi tidak memiliki bulan? Simak videonya!

Rekomendasi Film

Inilah rekomendasi film science fiksi yang bikin kamu cerdas seketika karena bikin mikir banget!