7 Kegunaan Satelit dalam Bidang Geologi

Satelit buatan merupakan salah satu teknologi yang dibuat oleh manusia untuk memudahkan dalam berbagai hal. Beberapa hal yang ditunjang dengan adanya satelit seperti halnya komunikasi serta berbagai informasi lainnya yang dibutuhkan oleh manusia dalam berbagai bidang. Dalam cabang bidang geografi, satelit tidak lepas dengan pengembangan Sistem Informasi Geografis. Satelit memang banyak sekali kegunaannya dalam bidang ilmu geografi khususnya dalam cabang- cabang ilmu geografi tersebut. Salah satu cabang ilmu geografi yang banyak dibantu dengan adanya satelit adalah ilmu geologi. Pada kesempatan kali ini kita akan membahas mengenai kegunaan atau manfaat satelit dalam bidang ilmu geologi. Untuk lebih jelasnya, mari kita simak uraian berikut.

Kegunaan Satelit dalam Bidang Geologi

Sebelum membahas kegunaan satelit dalam bidang ilmu geologi, kita perlu mengetahu tentang apa ilmu ilmu geologi terlebih dahulu. Ilmu geologi merupakan salah satu cabang ilmu geografi yang mempelajari tentang Bumi yakni komposisi, struktur, sifat- sifat fisik, serta sejarah pebentukannya. Dalam perkembangannya geologi juga mencakup beberapa hal yang semakin luas. Dengan demikian peranan citra dalam Sistem Informasi Geografis sangatlah berarti. Cara kerja dalam Sistem Informasi Geografi ini menggunakan satelit sebagai alatnya. Oleh karena itulah satelit memiliki banyak kegunaan dalam bidang geologi. Beberapa kegunaan satelit dalam bidang geologi antara lain sebagai berikut:

  1. Menentukan struktur geologi dan macam- macamnya

Salah satu kegunaan satelit dalam ilmu geologi adalah untuk menentukan struktur geologi di suatu daerah. Kita semua tahu bahwa setiap daerah memiliki karakteristik yang berbeda- beda, termasuk struktur tanah dan juga batuan. Nah oleh karena adanya bantuan dari satelit dan segala kecanggihan di dalamnya maka kita akan dapat mengetahui struktur geologi di suatu tempat serta macam- macamnya. Bahkan karena letak satelit yang dapat menjangkau daerah yang luas maka kita akan dapat mengetahu daerah lain yang memiliki struktur geologi yang sama sehingga bisa kita kelompokkan daerah- daerah yang memiliki struktur geologi sama.

  1. Pemantauan daerah bencana seperti gempa dan kebakaran

Kegunaan satelit yang selanjutnya adalah untuk memantau daerah- daerah yang terkena dampak bencana alam, seperti gempa dan juga kebakaran (sebagai contoh adalah kebakaran hutan). Daerah yang terkena dampak bencana akan sulit dipatau apabila kita berada di tempat dengan bidang datar yang sama. Namun karena satelit memantau dari angkasa maka daerah- daerah yang terkena dampak bencana akan lebih mudah terlihat sehingga kita tahu daerah mana saja yang terkena dampak bendana bahkan tingkat keparahannya.

  1. Pemantauan debu vulkanik

Selain pemantauan terhadap bencana alam seperti gempa dan kebakaran, kegunaan satelit lainnya juga termasuk dalam pemantauan arah debu vulkanik. Hal ini sangat penting bagi Indonesia mengingat negara kita ini memiliki banyak sekali gunung api yang masih aktif dan sering mengalami erupsi. Terkadang letusan yang ditimbulkan gunung- gunung api ini bersifat kecil, namun tidak jarang pula bersifat besar dan merusak. Selain arah dari material cair yang dimuntahkannya, perlu diperhatikan pula material yang berupa debu vulkanik karena debu vulkanik juga merupakan material yang berbahaya. Dengan adanya satelit maka kita dapat memantau arah pergerakan debu vulkanik yang cenderung mengikuti arah angin. Dengan demikian petugas bisa memberikan peringatan yang lebih dini kepada masyarakat supaya lebih waspada.

  1. Pemantauan distribusi sumber daya alam

Kegunaan satelih sebagian besar memang untuk kegiatan pemantauan. Selanjutnya satelit juga berfungsi dalam kegiatan pemantauan distribusi sumber daya alam. Kita tahu bahwa karakteristik tanah di berbagai saerah berbeda- beda antara satu dengan lannya. Maka dari itulah sumber daya alam khususnya flora yang tumbuh juga berbeda- beda antara satu daerah dengan daerah lainnya. Nah, dengan bantuan satelit kita akan bisa memantau distribusi atau persebaran sumber daya alam di daerah- daerah. Sehingga dengan ini maka kita bisa mengetahui dimana daerah yang memiliki sumber daya alam lebih dan mana daerah yang kekurangan sumber daya alam. Dengan demikian maka bisa melengkapi antara satu dengan lainnya.

  1. Pemantauan pencemaran laut dan lapisan minyak di laut

Pemantauan yang dilakukan oleh satelit memanglah menjangkau daerah yang luas sehingga diperoleh hasil yang efektif. Salah satu yang dipantau oleh sitra satelit adalah mengenai pencemaran laut. Pencemaran laut bisa disebabkan oleh berbagai hal seperti kebocoran kilang minyak atau karena pembuangan limbah cair. Pencemaran laut dapat menimbulkan dampak yang serius karena dapat mecemari biota- biota laut dan membuatnya mati. Oleh karena itulah pencemaran laut perlu untuk dipantau. Satelit juga akan bisa mendeteksi lapisan minyak yang berada di laut serta kadarnya. Dengan demikian kita akan bisa menginformasikan daerah mana saja yang terkena dampak pencemaran dan juga tingkat keparahannya.

  1. Pemanfaatan bidang pertahanan dan militer

Satelit juga bermanfaat dalam bidang pertahanan dan juga kemiliteran. Hal ini akan sangat membantu bagi negara dalam memperkuat pertahanan negaranya. Satelit akan bisa memantau daerah mana saja yang perlu untuk diperketat penjagaannya dan juga daerah mana saja yang sekiranya rawan untuk dimasuki musuh.

  1. Pemantauan permukaan, disamping pemotretan dengan pesawat terbang dan aplikasi Sistem Informasi Geografis (SIG)

Satelit memiliki banyak sekali kegunaan khususnya dalam bidang geologi. Satelit ini sangat erat kaitannya dengan perkembangan Sistem Informasi Geografis sehingga akan dapat mencptakan berbagai penemuan yang sangat memudhkan manusia dalam berbagai bidang. Kebanyakan kegunaan dari satelit memang berupa pemantauan karena letaknya yang mengambang di udara sehingga akan lebih akurat dan mencakup wilayah yang besar. Adapun pmantauan ini selain dari satelit juga dilakukan pemantauan atau pemotretan dengan pesawat terbang.

Demikianlah berbagai macam manfaat satelit, khususnya dalam bidang geologi dan beberapa lainnya dalam ilmu geografi secara umum. Dari uraian di atas tampak jelas bahwa satelit merupakan benda yang sangat penting keberadaannya dalam berbagai bidang kehidupan manusia. Satelit merupakan benda yang sangat canggih sehingga bisa memberikan informasi dengan sangat detail dan susah untuk dilakukan manusia. Satelit tidak hanya memudahkan dalam  bidang geografi saja, namun juga bidang yang lain seperti komunikasi. Demikianlah informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat untuk kita semua.

, , , ,
Oleh :
Kategori : Geologi
Video Edukasi

Bulan adalah satelit alami Bumi satu-satunya dan benda langit yang paling terang setelah Matahari. Bagaimana bila bumi tidak memiliki bulan? Simak videonya!

Rekomendasi Film

Inilah rekomendasi film science fiksi yang bikin kamu cerdas seketika karena bikin mikir banget!