Fenomena Aphelion : Pengertian – Penyebab – Waktu – Dampak – Contoh

Sebagai manusia yang hidup dan menempati bumi tentu saja kita tahu jika bumi yang kita tempati dan tinggali ini merupakan salah satu bagian dari sistem tata surya. Dan itu tentu saja sudah menjelaskan jika bumi bisa mengalami fenomena yang berkaitan dengan sistem tata surya, seperti misalnya mengalami gerhana bulan atau matahari. Selain fenomena yang jarang kita saksikan dan biasanya hanya bisa kita saksikan beberapa tahun sekali ternyata ada satu fenomena lain yang mungkin masih asing dan belum familiar di telinga kita. Fenomena itu adalah fenomena aphelion, salah satu fenomena yang dipercaya masyarakat Indonesia mengubah suhu udara akhir-akhir ini menjadi dingin. Sebenarnya apa fenomena ini? Simak ulasannya berikut ini!

  • Pengertian Aphelion

aphelion

Baru-baru ini masyarakat sedang geger dengan fenomena yang dinamakan Aphelion. Mungkin banyak dari Anda yang belum mengetahui Aphelion dan tidak familiar ketika mendengar fenomena yang satu ini. Aphelion sendiri merupakan salah satu fenomena yang baru-baru ini dikatikan dengan perubahan suhu yang menjadi agak dingin di beberapa wilayah yang tersebar di beberapa daerah Indonesia.

Banyak sekali yang berpendapat jika Aphelion inilah yang menyebabkan mengapa udara menjadi dingin. Benarkah? Sebelumnya mari kita mengetahui terlebih dahulu apa itu pengertian dari fenomena ini sehingga tidak sampai salah informasi ya. Baca juga petir abadi Catatumbo.

Menurut Kepala Lapan Thomas Djamaluddin, Aphelion merupakan salah satu fenomena yang biasa. Beliau mengatakan jika fenomena ini selalu terjadi tiap tahunnya atau rutin, Aphelion sendiri adalah suatu kondisi dimana letak bumi sedang berada pada tiitk paling jauh dari matahari. Dan sekedar informasi tambahan saja, orbit bumi itu sebenarnya tidak terbentuk lingkaran sempurna melainkan memiliki bentuk elips sehingga selain memiliki titik terjauh juga ada titik terdekatnya dari matahari. Titik paling dekat matahari dengan bumi itu merupakan kebalikan dari Aphelion dan disebut sebagai Perihelion. Jadi sekarang Anda sudah mengerti bukan pengertian dari Aphelion?

  • Waktu Terjadinya Aphelion

Aphelion ini merupakan salah satu fenomena yang normal di bumi dan tidak berbahaya sama sekali. Mungkin banyak yang bertanya bagaimana Aphelion bisa terjadi dan kapan terjadinya? Kami sudah membahas secara lengkap apa itu pengertian dari Aphelion dan juga lawannya yaitu Perihelion. Menurut keterangan dari lembaga BMKG, fenomena Aphelion yang baru saja viral karena dikaitkan dengan  suhu dingin di beberapa daerah di Indonesia ini terjadi setahun sekali. Seperti yang sudah kita bahas, Aphelion yang merupakan titik terjauh orbit bumi dari matahari itu terjadi setiap bulan Juli. Sedangkan untuk titik orbit terkdekat bumi dengan matahari atau yang disebut sebagai Perihelion terjadi pada tiap awal tahun atau pada bulan Januari.

  • Penyebab Aphelion

Tadi kita sudah menyinggung sedikit tentang orbit bumi di atas, seperti yang kita ketahui jika bumi memiliki orbit yang tidak bulat, bundar, atau lingkaran sempurna. Jika mungkin Anda sering berpikir jika bumi yang kita pijak ini memiliki bentuk lingkaran sempurna maka Anda salah. Sebenarnya bumi mempunyai orbit elips atau oval, nah karena memiliki bentuk yang tidak sempurna lingkaran akhirnya terbentuklah titik terdekat dan juga titik terjauh bumi dari matahari yang disebut sebagai Aphelion dan juga Perihelion. Yang mana kedua siklus itu merupakan konsekuensi dari bentuk orbit bumi yang elips tadi. Jadi sekarang sudah jelas kan apa yang menjadi penyebab dari fenomena bumi yaitu Aphelion? Itu semua terjadi sebagai sebuah konsekuensi. Baca juga bahaya awan cumolonimbus.


  • Dampak Aphelion

Yang selanjutnya kita akan membahas mengenai dampak dari Aphelion. Banyak orang yang mengatakan jika suhu atau udara dingin yang beberapa hari ini terjadi disebabkan karena adanya Aphelion. Padahal sebenarnya bukan, hawa dingin yang kita alami dan rasakan selama beberapa hari ini sebenarnya bukan disebabkan karena Aphelion namun memang karena tekanan udara dari belahan utara yang lebih rendah dibandingkan dari selatan sehingga udara terasa lebih dingin. Saat ini angin yang bertiup ke arah Indonesia berasal dari Indonesia yang memang sedang musim dingin sehingga udara menjadi lebih dingin.

Selain itu untuk dampak dari Aphelion untuk bumi sendiri menurut lembaga BMKG Indonesia tidak ada dampak yang signifikan. Para ahli mengatakan jika dampak Aphelion pada bumi ini tidak terlalu signifikan pada bumi dan juga tidak menjadi penyebab mengapa akhir-akhir ini suhu menjadi dingin. Jadi jika selama ini Anda mengira suhu dingin yang Anda rasakan dikarenakan fenomena bernama Aphelion ini maka Anda salah ya. Suhu dingin dipengaruhi datangnya arah angin, bukan karena Aphelion yang saat ini sedang kita bahas.

Selain itu banyak juga orang yang mengira jika Aphelion dan juga Perihelion ini merupakan salah satu penyebab mengapa di bumi terdapat beberapa musim seperti misalnya kemarau, dingin, atau hujan. Karena titi dekat dan titik jauh itulah, padahal yang menyebabkan bumi bisa memiliki beberapa musim itu bukanlah Aphelion tetapi bumi bisa memiliki musim yang berbeda-beda dikarenakan kemiringan sumbu bumi. Jadi sekarang Anda sudah tahu kan apa yang menyebabkan perubahan-perubahan musim di bumi dan juga dampak dari Aphelion?


  • Contoh Fenomena Aphelion yang Pernah Terjadi

Untuk yang terakhir kita akan membahas mengenai fenomena Aphelion di bumi yang kita pijak ini. Seperti yang sudah kita ulas sedikit di atas tadi jika Aphelion tidak memiliki dampak yang signifikan di bumi ketika terjadi. Tidak seperti gerhana matahari atau gerhana bulan yang bisa kita ketahui secara langsung, mungkin jika Aphelion ini sedang terjadi kita sebagai manusia yang tinggal di bumi tidak akan mengetahuinya.

Aphelion sendiri terjadi secara rutin tiap bulan Juli dan pasti jatuh pada awal Juli atau tanggal muda. Pada tahun 2018 ini Apheliom terjadi pada tanggal 6 Juli. Tanggal terjadinya Aphelion ini bisa dibilang tetap atau tidak terlalu berubah secara signifikan  sehingga mudah untuk diprediksi. Aphelion akan terjadi antara tanggal 3 hingga 6, pada salah satu tanggal itulah Aphelion pasti terjadi dalam sehari dimana titik bumi berada paling jauh dari matahari. Untuk fenomena Aphelion pada tahun berikutnya akan terjadi pada tanggal 4 Juli 2019. Baca juga negara berkembang di Australia.

Itu tadi beberapa informasi yang bisa kami sampaikan kepada Anda mengenai Aphelion. Semoga artikel yang kami berikan bisa bermanfaat dan berguna bagi Anda semuanya!

, , , , , ,
Oleh :
Kategori : Fenomena Alam