Oposisi Mars: Pengertian, Ciri- ciri, Proses, dan Dampak

oposisi marsSeperti yang kita ketahui bersama, oposisi biasa diartikan sebagai posisi yang berlawanan. Namun dalam ilmu Astronomi, penyebutan oposisi suatu planet di tata surya adalah ketika planet yang bersangkutan terlihat sangat terang, lebih terang daripada biasanya serta bisa muncul sepanjang malam. Nah, yang dimaksud dengan oposisi Mars adalah ketika posisi planet Bumi berada di antara matahari dan planet Mars. Hal ini tentu saja akan membuat planet Mars jauh lebih terang daripada biasanya, bahkan akan dapat kita lihat sepanjang malam dari matahari terbenam hingga matahari terbit kembali.

 

Sebenarnya bukan planet Mars saja yang bisa beroposisi dengan Bumi. Planet- planet superior (planet yang mengorbit matahari diluar orbit Bumi) juga bisa beroposisi. Hanya saja, planet yang mungkin bisa kita lihat menggunakan mata telanjang hanya tiga planet, yakni Mars, Jupiter dan Saturnus. Nah, posisi oposisi ini akan terjadi ketika Bumi berpapasan atau berada di dekat planet tersebut pada orbitnya. Maka pada saat itulah planet tersebut akan terlihat sangat terang. Terangnya planet ini tidak lain karena terkena oleh pantulan sinar matahari yang berada di posisi yang berlawanan dengan planet yang bersangkutan tersebut.

Ciri- ciri Oposisi Mars

Peristiwa oposisi planet Mars mungkin akan kita ketahui ketika kita sudah melihat beberapa cirinya. Adapun ciri- ciri dari peristiwa oposisi Mars antara lain sebagai berikut:

  • Planet Mars terlihat lebih terang daripada biasanya, bahkan terlihat sangat terang
  • Planet Mars akan terlihat sepanjang malam
  • Cemerlangnya kenampakan planet Mars akan mengalahkan bintang lain atau planet yang biasanya lebih terang

Nah itulah beberapa tanda dari datangnya oposisi Mars. Ciri atau tanda ynag disebutkan di atas bisa kita lihat dari Bumi dan dengan mata telanjang apabila keadaan langit cerah. Apabila ingin lebih dekat melihat Mars, maka bisa dilihat menggunakan teleskop. Hal ini tentu akan lebih menakjubkan.


Proses Terjadinya Oposisi Mars

Proses terjadinya oposisi Mars sebenarnya sangatlah sederhana. Terjadinya oposisi Mars tidak lain akan bersangkutan dengan aktivitas revolusi Bumi, yakni perputaran Bumi mengelilingi matahari. Untuk mengetahui lebih rinci atau lebih dalam mengenai proses terjadinya oposisi Mars, berikut ini merupakan poin- poinnya.

  1. Bumi melakukan revolusi Bumi pada orbitnya

Terjadinya peristiwa oposisi pastilah disebabkan karena adanya aktivitas revolusi planet. Revolusi planet adalah aktivitas planet yang mengelilingi matahari. Bumi akan mengelilingi matahari, sementara Mars juga. Orbit- orbit planet berbentuk Elips sehingga akan sangat beraturan. Karena orbitnya elips maka terkadang kita menemukan posisi yang sangat dekat, dan terkadang kita akan berada di posisi yang sangat jauh dengan suatu planet.

  1. Bumi berada pada posisi sejajar dengan planet Mars

Dalam aktivitas revolusi planet, maka akan dijumpai posisi sejajar dengan planet Mars. Posisi ini akan terjadi ketika Bumi melintas dekat dengan Planet Mars atau ketika papasan/ bertemu. Hal ini tentu akan terjadi karena kala revolusi Bumi lebih cepat atau pendek daripada planet- planet superior lainnya.

  1. Posisi Bumi berada antara Planet Mars dengan matahari pada satu garis lurus

Nah pada waktu berada atau berpapasan dengan planet Mars, maka pada saat itu posis Bumi ada di tengah- tengah matahari dan Mars. Hal ini akan membuat ketiganya berada pada satu garis lurus.

  1. Mars akan terlihat lebih terang

Pada waktu berada di garis lurus itulah pantulan sinar matahari yang diterima oleh planet yang beroposisi lebih banyak. Hal ini akan berakibat pada terangnya palnet tersebut apabila dilihat dari Bumi.

Nah, itulah beberapa proses terjadinya oposisi Mars. Oposisis Mars akan menyebabkan planet Mars lebih besar kelihatannya. Hal ini tidak terjadi setiap saat, melainkan hanya waktu- waktu tertentu saja.


Dampak Oposisi Mars pada Kehidupan Manusia

Sebenarnya tidak ada dampak yang berarti dari adanya peristiwa ini. Dampak yang paling kelihatan adalah kenampakan planet Mars yang berkali- kali lebih terang daripada biasanya. Hal ini membuat planet Merah ini semakin cemerlang dan bisa kita nikmati bersama.

Waktu Terjadinya Oposisi Mars

Oposisi Mars tidak terjadi setiap saat. Bumi melewati di antara Matahri dan Mars setidaknya dalam waktu rata- rata 2 tahun 49 hari. Meskipun demikian jangka waktu antara satu oposisi dengan oposisi lainnya bisa bervariasi, bisa saja 2 tahun 1 bulan atau 2 tahun 2 bulan.

Selama ini banyak oposisi Mars yang telah terjadi dan menjadi fenomena alam yang menakjubkan. Beberapa peristiwa oposisi Mars yang telah terjadi antara lain sebagai berikut:

  • 22 Mei 2016
  • 6 Maret 2014
  • Tahun 2003

Fenomena Oposisi Mars di Tahun 2018

Oposisi Mars tahun ini akan terjadi pada tanggal 27 Juli 2018, di mana saat itu jarak antara Mars dan Bumi mencapai 57,6 juta kilometer, dan akan mencapai puncaknya pada tanggal 31 Juli, yaitu dengan jarak 57,4 juta kilometer.

, , ,
Oleh :
Kategori : Astronomi