Mengapa Planet Dinamai Bintang Pengembara?

Jika kita berbicara mengenai dunia secara luas, maka kita tak hanya bisa terfokus pada planet bumi saja. fokus kita harus kita tarik lebih jauh dan kita perlebar, maka dengan hal itu barulah kita dapat membahas secara konkrit dan secara baik mengenai dunia. Berbicara mengenai alam semesta atau susunan tata surya maka kita juga akan membicarakan mengenai berbagai macam komponennya.

Sistem tata surya kita ini bisa dikatakan merupakan salah satu dari berbagai sistem tata surya lain yang saling beroprasi secara mandiri. Hal ini lah yang bisa dikatakan cukup menarik, karena setiap sistem tata surya akan memiliki bagian-bagian sendiri yang tidak saling mempengaruhi satu sama lain.

Jika membicarakan mengenai tata surya maka ada banyak sekali komponen yang bisa kita bahas. Kita bisa saja membicarakan  mengenai planet terbesar di tata surya, atau mungkin beberapa fenomena-fenomena astronomis yang sangat jarang terjadi. Pembahasan semacam itu adalah sebuah bahan yang bisa dikatakan cukup menarik dan cukup sering dibicarakan oleh setiap orang. Sistem tata surya masihlah menjadi sebuah hal yang sangat menarik bagi setiap orang di setiap umur.

Kali ini kita akan membahas mengenai sebuah fenomena yang bisa dikatakan sebenarnya tak aneh. Kali ini kita akan membahas mengenai mengapa planet dinamakan bintang pengembara .  Sebenarnya ada alasan yang kuat mengapa sebuah planet disebut demikian. Beberapa alasan yang ada seperti

PLANET PENGEMBARA

Yang harus kita pahami terlebih dahulu dan menjadi  landasan pikir adalah Planet pengembara ini, sama halnya dengan planet di tata surya. Jadi tak ada hal khusus baik dalam bentuk maupun karakteristik dan dan sifat yang dimilikinya. Hanya saja, mengapa planet dinamakan bintang pengembara  karena ia tak memiliki orbit tetap. Hal inilah yang menjadi pembeda utama antara planet biasa dengan planet pengembara atau bintang pengembara ini.

planet pengelanaPlanet pengembara ini tidak memiliki lintasan orbit dikarenakan tidak memiliki bintang induk. Keberadaan bintang induk disini merupakan salah satu yang sangat penting. Karena bintang induk tersebut akan mengikat planet pada orbitnya yang telah baku. Pada sistem tata surya kita ini, bintang induk yang menjadi pengikat adalah Matahari.

Begitu juga dengan bintang induk di sistem tata surya yang lain juga memiliki bintang induknya masing-masing yang juga berfungsi mirip dengan matahari. Ketika planet ini menjadi bintang pengembara maka, otomatis kebanyakan akan berubah menjadi planet yang tidak memiliki satelit.

Berdasarkan penelitian yang ada, pada dasarnya kondisi seperti banyak sekali ditemukan. Dan planet pengembara yang ada di dalam sistem tata surya ini diperkirakan ada jutaan. Sehingga keberadaan dari planet pengembara ini bukanlah sebuah hal yang aneh lagi. Satu hal yang perlu kita perhatikan dengan baik adalah, planet pengembara ini akan berhenti mengembara ketika menemukan bintang induk baru. Ketika ada bintang yang mampu mengikat planet ini kedalam sebuah sistem orbit, maka planet ini akan menjadi planet normal selayaknya planet yang mengorbit pada bintang induk.

PROSES TERBENTUKNYA PLANET PENGEMBARA

Sebelumnya kita sudah sedikit menjawab mengapa planet dinamai bintang pengembara . Namun, belum secara pasti bagaimana proses yang bisa terjadi sehingga planet tersebut harus kehilangan bintang induk dan mengembara. Pada dasarnya ada beberapa teori dan pemikiran yang bisa diterapkan untuk menjelaskan mengenai proses terjadinya fenomena ini.

Proses pembentukan sebuah sistem tata surya dengan planet dan bintang yang mengorbit bukanlah sebuah proses yang sederhana. Pada prosesnya banyak sekali terjadi benturan dan saling lempar satu sama lain. Hal inilah yang sangat mungkin terjadi pada sebuah planet yang harus terlempar keluar dari sistem orbitnya. Sebuah planet dapat terlempar keluar dari orbitnya ketika terjadi gangguan gravitasi. Penyebab dari gangguan gravitasi ini sendiri bisa berasal dari beberapa penyebab. Bisa saja dari akibat gangguan dari planet lain berdekatan dan bersinggungan. Namun, bisa juga disebabkan oleh benda langit lain seperti komet dan meteor atau asteroid. Ketika planet terlempar maka, dia akan menjadi benda mati.

Untuk dapat menemukan planet pengembara di alam semesta bukanlah sebuah hal yang sangat mudah. Hal ini karena ketika planet telah berubah menjadi planet pengembara, maka planet tersebut akan menjadi objek dingin dan benda mati. Artinya disini adalah, kita tak akan bisa mendeteksi panjang gelombang dari planet tersebut. Sedangkan untuk dapat mengidentifikasi suatu benda planet memerlukan bantuan panjang gelombang dan sedikit sumber cahaya sebagai media penolong. Namun, hingga saat ini ada beberapa benda langit yang dianggap sebagai planet pengembara.

Itulah tadi pembahasan mengenai mengapa planet dinamai bintang pengembara . Pada dasarnya planet pengembara adalah planet yang sama saja dengan planet yang lain tak ada hal yang berbeda. Hanya saja yang membedakan adalah tidak adanya bintang induk untuk menjadi pusat orbit. Semoga informasi tadi bermanfaat.

, , , ,
Oleh :
Kategori : Astronomi
Video Edukasi

Bagaimana cara merasakan bumi berputar? Apa dampaknya bila bumi tidak berputar?

Rekomendasi Film

Inilah rekomendasi film science fiksi yang bikin kamu cerdas seketika karena bikin mikir banget!