Iklim Di Indonesia – Jenis, Perubahan dan Pengaruh Bagi Dunia


Iklim di Indonesia memiliki 3 macam iklim yaitu iklim musim (iklim muson), iklim tropika (iklim panas), dan iklim laut. Namun di indonesia lebih dikenal dengan iklim tropis yang bisa disebut biasanya dengan sebutan iklim panas.  Iklim yang tidak dimiliki oleh negara lain, tak heran jika orang dari mancanegara berdatangan ke indonesia hanya untuk menikmati iklim yang tidak dimiliki dinegaranya sepeti berjemur dibawah terik matahari, merasakan sensasi yang berbeda di musim panas.

Jenis Iklim di Indonesia

Taukah anda dari ketiga iklim tersebut ?? mungkin ini sudah tidak asing lagi di pendengaran anda. kita akan menjelaskan 3 iklim di indonesia diantaranya adalah :

1. Iklim Musim (Iklim Muson)

iklim musonIklim musim terjadi karena angin musim yang bertiup berganti arah setiap setengah tahun sekali, iklim musim ini memberikan dampak negatif ataupun positif. Dengan adanya iklim musim di indonesia akan berganti musim dalam kurun waktu yang ditentukan sekitar 6 bulan sekali . Angin musim terdiri dari angin musim barat daya dan angin musim timur laut. Dengan adanya angin musim yang datang dalam kurun waktu 6 bulan sekali, kita dapat merasakan setiap pergantian musim yang terjadi di indonesia .

Berikut adalah penjelasan dari 2 macam bagian angin dari iklim musim :


- Angin musim barat daya

 Pada angin musim barat daya ini bisa dibilang sifatnya basah . Angin musim barat daya adalah angin musim yang disebut dengan musim hujan, angin yang bertiup pada bulan tertentu ini yaitu dari bulan oktober sampai dengan bulan april sehingga sudah dipastikan bahwa indonesia akan mengalami musim hujan berkepanjangan. Angin musim barat daya ini mempunyai banyak manfaat bagi seluruh makhluk hidup seperti manusia, hewan, dan tumbuhan. Karena musim ini sangat dinanti-tunggu bagi seluruh makhluk hidup .

Bagaimana tidak dinanti-nanti karena sangat menguntungkan sekali bagi makhluk hidup yang memiliki banyak manfaat seperti :

  • menyuburkan panen
  • panen semakin menguntungkan
  • tidak kekurangan sumber air
  • hasil panen subur-subur
  • tumbuhan semakin subur, lebat, indah
  • hewan yang tidak kesulitan mencari sumber air
  • hasil panen semakin meningkat
  • manusia tidak kesulitan menemukan sumber air
  • tingkat kesuburan tanaman semakin berkembang

Begitu banyak manfaat yang bisa kita rasakan ketika musim hujan tiba, sangat menguntungkan dalam kehidupan manusia sehari-hari.


-Angin musim timur laut

Pada angin musim timur laut ini bisa dibilang sifatnya kering. Angin musim timur laut ini disebut juga dengan musim kemarau (musim kering). Angin yang bertiup pada bulan tertentu ini yaitu dari bulan april sampai dengan oktober sehingga sudah bisa dipastikan akan ada musim kemarau yang berkepanjangan. Angin musim ini sangat tidak diinginkan oleh manusia, hewan, dan tumbuhan karena ini sangat merugikan sekali bagi kelangsungan hidup maakhluk hidup.

Berikut adalah kerugian dari adanya musim kemarau :

  • Sulit menemukan sumber air
  • Petani mengalami musim paceklik
  • Hewan kesulitan mencari sumber air
  • hasil panen semakin menurun
  • tingkat kesuburan tanaman semakin berkurang


2. Iklim Tropika (Iklim Panas)

iklim panasIndonesia yang terletak di sekitar garis khatulistiwa meyebabkan Indonesia memiliki iklim tropika atau bisa disebut dengan iklim panas. Karena indonesia memiliki suhu yang tinggi sehingga sekitar tahunan indonesia akan mengalami musim paceklik atau yang disebut dengan musim panas berkepanjangan. Iklim tropis di Indonesia terletak antara 0° – 231/2° LU/LS dan hampir 40 % dari permukaan bumi. Tak heran jika orang indonesia terkadang suka mengeluh dengan cuaca panas yang ada di indonesia karena menyebabkan banyak kerugian yang dialami oleh warga indonesia. Sehingga warga indonesia sangat berharap iklim panas ini segera berakhir berganti dengan musim hujan yang membuat keuntungan banyak bagi warga indonesia.

3. Iklim Laut

iklim lautNegara Indonesia adalah negara yang kaya akan objek wisata alam terutama indonesia merupakan negara yang memiliki laut, sungai atau samudera, sungai sangat  memberikan manfaat sungai bagi kehidupan manusia. Oleh karena itu indonesia memiliki iklim laut. Iklim laut adalah iklim yang banyak mendatangkan hujan yang bersifat lembab sehingga indonesia bisa mengalami musim hujan yang berkepanjangan. Dengan adanya iklim laut ini warga indonesia merasakan kenyamanan karena lebih memiliki banyak keuntungan untuk membantu kelangsungan hidupnya.

Iklim laut berada di daerah :


Tropis dan Sub Tropis

Iklim sub tropis adalah area daerah tinggi atau pegunungan yang terletak di daerah tropis atau sub tropis, karena ketinggian berada didaerah pegunungan bisa mengakibatkan kekeringan. Bisa di bilang identik dengan iklim samudera yang iklimnya tersebut ada musim panas serta musim dingin stabil diantara kedua musim. Dan biasanya di ketika musim tropis dan sub tropis datang suhu rata-rata tahunan rendah sehingga sering terjadinya hujan yang di sertai badai sehingga sangat membahayakan keberadaan warga indonesia jika tiba musim ini datang.


Daerah sedang

Sama hal nya dengan iklim tropis dan sub tropis. Daerah sedang memiliki ketinggian yang sedang keadaannya pun menjadi stabil seperti banyaknya awan, banyak hujan di musim dingin. Namun hujan yang turun tidak seperti di daerah tropis dan subtropis yang lebih dominan ke hujan yang disertai badai. Di daerah sedang ini hujan yang turun hanya rintik-rintik yang tidak terlalu membahayakan warga sekitar.


Perubahan iklim di Indonesia

Beberapa kondisi bisa merubah keadaan iklim suatu wilayah, begitu pula yang terjadi di Indonesia. Hal ini akan di tandai dengan adanya perubahan temperatur rata-rata harian yakni :

  • pola curah hujan
  • tinggi muka air laut
  • variabelitas iklim (seperti El nino, La nina dan sebagainya)

Dengan adanya perubahan iklim bisa menyebabkan dampak serius pada pertanian, kesehatan, perekonomian dan lain sebagainya. Peningkatan temperatur harian ini berpengaruh dalam curah hujan yang biasanya ditentukan oleh sirkulasi monsun asia dan australia. Sirkulasi monsun mempunyai dua musim yang berubah dalam kurun waktu 6 bulan sekali yaitu musim hujan dan musim kemarau.

Perubahan iklim ini sangat  berdampak pada  :

  • Produksi bahan pangan terhambat seperti (ikan, jagung, padi, serta kebutuhan pokok lainnya)
  • Resiko banjir seperti di daerah pantai, laut dan daerah yang datarannya rendah
  • Pengiriman barang distribusi yang menggunakan transportasi laut
  • Tempat pariwisata atau objek wisata akan mengalami kerusakan

Dari penjelasan tersebut sudah bisa sangat dipastikan bahwa indonesia memiliki beberapa perubahan iklin yang ditentukan dalam kurun waktu tertentu oleh karena itu warga indonesia harus selalu siap siaga untuk menghadapi datangnya perubahan iklim pada waktu tertentu agar tidak terlalu memberikan dampak kerugian bagi warga indonesia sendiri.

Pengaruh Perkiraan seluruh musim di Indonesia

Indonesia yang terletak pada posisi yang strategis menyebabkan indonesia berada di wilayah yang rentan akan perubahan iklim atau cuaca. Perubahan iklim yang terjadi kurun waktu dalam 6 bulan sekali ini sudah dapat dipastikan sehingga perubahan iklim di indonesia dengan beberapa fenomena yang mempengaruhi iklim di indonesia.

Fenomena yang mempengaruhi iklim di Indonesia yaitu :

1. El Nino dan La Nina

Perubahan El Nino bisa menyebabkan curah hujan di sebagian besar di indonesia semakin  berkurang . Tingkat berkurangnya curah hujan ini tergantung dari tingkat El Nino tersebut. El Nino juga bisa menyebabkan kekeringan panjang di indonesia sehingga memberikan dampak buruk seperti kebakaran hutan, efek rumah kaca, dan asap- asap yang beredar dimana-mana.

Kebakaran hutan ini sangat membahayakan bagi beberapa ekosistem, dengan ini cara yang akan melindungi dari kerusakan hutan :

Sedangkan La Nina adalah kebalikan dari El Nino yang bisa meyebabkan curah hujan di sebagian besar indonesia mengalami penurunan suhu muka laut. La Nina tidak dapat di prediksikan dan sehingga periodenya pun tidak tetap. La nina terjadi sekitar tiga atau tujuh tahun sekali, dan dapat berlangsung 12 atau 36 bulan

 2. Dipole Mode

Peristiwa Dipole Mode ditandai dengan adanya perbedaan anomali suhu permukaan laut antara samudera hindia tropis bagian barat dengan samudera hindia baian timur. Anomali ini memiliki kondisi yang sangat dingin lebih dingin dari cuaca normal.

3. Sirkulasi Monsun Asia – Australia

Angin monsun adalah angin yang berhembus dan berganti arah dua kali  atau polanya berlawanan sepanjang tahun. Ada dua macam angin munson yaitu angin munson Asia dan angin munson Australia.

4. Daerah Pertemuan Angin Antar Tropis (Inter Tropical Convergence Zone / ITCZ)

Daerah pertemuan angin antar tropis merupakan tempat daerah panas dan selalu naik dan agak jarang ada angin. Di daerah ini terjadi pertemuan antara angin pasat timur laut dan angin pasat tenggara yang menyebabkan udara terangkat dan bisa menghasilkan badai konvektif.

5. Suhu Permukaan Laut di Wilayah Indonesia

Suhu permukaaan laut di wilayah indonesia mempunyai pengaruh sangat peting terhadap curah hujan, sehingga bisa terdeteksi dari perubahan pada suhu.

Dan itu adalah penjelasan dari perkiraan seluruh musim di indonesia, perkiraan musim indonesia yang bisa di deteksi dan diperkirakan oleh BMKG (Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika) kapan akan terjadinya perubahan iklim atau cuaca di indonesia.

Keunggulan Iklim Di Indonesia

Indonesia adalah negara yang berada di Benua Asia yang tepatnya di bagian Asia Tenggara dan indonesia merupakan negara yang memiliki iklim tropis yang memiliki banyak keunggulan yang berbeda-beda diantara negara lain. Tak heran jika indonesia sering didatangi orang yang berasal dari mancanegara hanya untuk menikmati keindahan alam yang ada di indonesia.

Keunggulannya adalah :

  • Indonesia memiliki 3 musim yaitu iklim musim, iklim tropis, dan iklim laut
  • Indonesia bisa melakukan kegiatan ekonomi sepanjang tahun
  • Indonesia memiliki musim kemarau dan musim hujan yang datang setiap setengah tahun sekali
  • Indonesia memiliki cuaca yang tidak terlalu panas dan juga tidak terlalu dingin
  • Indonesia dengan beranekaragam kekayaaan alam
  • Indonesia dengan hamparan tanah yang luas, subur dan mudah untuk ditanami tumbuh-tumbuhan, padi, bunga dan lain sebagainya
  • Indonesia yang memiliki berbagai macam laut, pantai, dan pulau yang terbentang luas.
  • Indonesia dengan kekayaan wisata alam

Dan itulah keunggulan dari Indonesia yang mempunyai banyak keunggulan yang tidak di miliki di negara lain. Oleh karena itu abadikan dan lestarikan akan keindahan alam dan anekaragam kekayaan alam yang ada di indonesia.

Pengaruh Iklim di Indonesia dengan Dunia

Indonesia memiliki 3 iklim yang berganti dalam waktu tertentu, hal ini banyak mempengaruhi bagi kehidupan manusia, terlebih jika sudah menjadi kebutuhan pokok bagi manusia.  dengan adanya pergantian iklim atau musim, memberikan pengaruh yang menguntungkan atau merugikan bagi warga indonesia. Di Indonesia iklim memiliki banyak pengaruh bagi dunia serta memiliki dampak positif dan negatifnya .

Berikut adalah pengaruh iklim di indonesia terhadap dunia :



Dampak terhadap sektor pariwisata

Perubahan iklim yang terjadi pada sektor pariwisata dapat mempengaruhi karakteristik dan pola kunjungan wisatawan baik dari dalam maupun dari mancanegara. Beberapa tempat pariwisata akan mengalami banjir, kekeringan, longsor, angin kencang, dan kerusakan terumbu karang . Sehingga dapat berpengaruh bagi daya tarik tempat wisata tersebut yang bisa mengurangi para pengunjung baik dari dalam maupun dari macanegara. Hal ini justru menyebabkan kerugian bagi pihak sektor pariwisata dikarenakan sedikit kunjungan dari wisatawan.


Dampak terhadap sektor pertanian

Perubahan iklim yang terjadi pada sektor pertanian sangat mempengaruhi terhadap hasil dari pertanian tersebut. Beberapa sawah akan mengalami kekeringan, hujan yang terlalu berlebihan, dan penanaman padi yang tidak teratur. Dikarenakan perubahan iklim cuaca yang dapat mempengaruhi hasil dari pertanian yang ada di wilayah pedesaan sehingga para petani terkadang mendapatkan keuntungan atau kerugian dengan hasil yang di dapat dari panen padinya.


Dampak terhadap transportasi

Kita sudah tau bahwa indonesia merupakan negara yang padat penduduk dan kemacetan hampir diseluruh sudut kota, jadi sudah tidak heran lagi jika penghuni nya tidak beraturan dikarenakan dengat padatnya penduduk dan kemacetan yang hampir setiap harinya terjadi. Termasuk dengan adanya perubahan iklim yang sudah selalu terjadi setiap tahun membuat dampak terhadap transportasi mengalami kemacetan, perjalanan yang tidak tepat waktu, menerobos jalan, menggunakan lahan jalan sebebasnya. Dan dari peristiwa ini lah yang dapat menimbulkan efek rumah kaca dan pemanasan global di setiap sudut kota sehingga diperlukannya observasi penghijauan di setiap kota agar hasilnya bisa sejuk, nyaman, dan kemacetan transportasi bisa berkurang.


Dampak iklim terhadap tanaman

Dengan adanya pergantian iklim atau musim pada kurun waktu tertentu dapat meberikan berbagai dampak pada apapun terutama dampak terhadap tanaman, dengan cuaca yang panas atau dengan musim hujan berkepanjangan iklim juga memberikan pengaruh banyak bagi tanaman seperti tanaman menjadi layu, kering, mudah mati atau tempat yang di tanami tanaman terlalu lembab sehingga menyebabkan memperlambat pertumbuhan tanaman


Dampak ekologis bagi wilayah pesisir (mangrove)

Dengan adanya pemanasan global yang ada di indonesia telah memberikan dampak buruk bagi wilayah pesisir karena dapat menyebabkan terjadinya badai dan abrasi yang dapat merusak ekosistem daerah pesisir(mangrove), selain itu juga pemanasan global bisa memberikan dampak bagi kehidupan biota laut yang mengakibatnya potensi kematian dan pemutihan terumbu karang di perairan tropis.


Dampak pada daerah arid dan gurun

Gurun adalah suatu daerah yang hanya menerima curah hujan yang sedikit karena daerahnya yang di permukaan tinggi mengakibatkan daerah gurun tidak bisa menerima musim hujan yang berkepanjangan, kondisi daerah gurun ini sangat gersang dengan sinar matahari yang sangat terik dan penguapan yang tinggi. Hal ini menyebabkan hanya tumbuhan yang berduri saja seperti kaktus yang dapat tumbuh di tempat ini. Tumbuhan yang memiliki banyak bunga dan tumbuhan lebat lainnya tidak akan bisa untuk tumbuh di daerah gurun ini.


Dampak dalam kehidupan manusia
 

Dampak perubahan musim dan iklim ini sangat memberikan pengaruh terhadap manusia sebagai penduduk duni baik terhadap kesehatan, lingkungan, ekonomi maupun dalam pelestarian flora dan fauna. Dampak yang sebagian besar merugikan ini diakibatkan oleh diri kita sendiri yang kurang kesadaran sehingga menimbulkan dampak bagi lingkungan kita sendiri.

Misalnya pembangunan di sembarang tempat yang tidak memperhatikan kelestarian lingkungan sekitar, penebangan hutan secara liar serta pembukaan lahan dengan cara membahkar pohon-pohon yang ada dihutan yang dapat menyebabakan pemanasan global dan merusak lingkungan yang ada sekitar . Untuk itu semakin ditingkatkan lagi kesadaran diri dan tanggung jawabnya untuk saling menjaga lingkungan untuk tidak mengotori dan memanfaatkan sesuatu yang bukan pada tempatnya.


Dan itulah pengaruh dari iklim indonesia terhadap dunia yang bisa kapan saja menimbulkan dampak negatif atau positif bagi setiap sektor yang berbeda. Inilah hasil dari penjelasan iklim di indonesia, pembagian iklim, perubahan iklim, perkiraan seluruh iklim, dan pengaruh iklim pada dunia.

Semoga apa yang sudah dijelaskan bisa bermanfaat serta bisa diambil kesimpulannya .

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , ,
Post Date: Thursday 10th, September 2015 / 08:40 Oleh :
Kategori : Iklim