Categories: Sungai

10 Manfaat Sungai bagi Kehidupan Manusia Sehari Hari

Sungai merupakan salah satu bagian yang tidak dapat dilepaskan dari kehidupan kita sehari – hari. Sungai tidak hanya terdapat pada daerah pedesaan dan pegunungan, namun juga pada daerah perkotaan. Sungai juga sering dikenal dengan nama ‘kali’ dan terkadang ada beberapa orang yang mungkin salah kaprah mengenai sungai dan selokan. Pada dasarnya, asalkan dapat megalirkan air, maka itu sudah bisa disebut dengan sungai. Sungai sendiri dapat terbentuk secara alami, yaitu melalui proses yang dilakukan oleh alam, dan juga dapat terbentuk karena proses campur tangan manusia, atau sekarang kita kenal dengan nama sungai (kali) sodetan.

Manfaat sungai bagi kehidupan manusia memang sangat penting dan sangat vital, seluruh makhluk hidup yang ada di bumi juga membutuhkan sungai. Apa saja manfaat sungai bagi manusia ? Berikut ini adalah beberapa manfaatnya:

  1. Penampung air

Manfaat pertama dari sungai adalah sungai dapat menampung debit air yang turun ke tanah melalui hujan. Air hujan yang turun biasanya akan berkumpul dan mengalir ke suatu tempat. Tempat tersebut yang menjadi penampungan dari air hujan adalh sungai dan juga danau.

  1. Mengalirkan air ke hilir

Air memiliki sifat bergerak dari tempat yang tinggi menuju tempat yang rendah. Dengan berdasarkan sifat air inilah, sungai dapat mengalirkan air dari hulu atau sumber air menuju ke hilir, alias tempat dimana sungai itu bermuara. Hal ini dapat mencegah terjadinya penumpukan air pada hulu, yang dapat berakibat meluapnya air sungai.

  1. Pembangkit listrik

Manfaat sungai yang lain, yang tidak kalah penting dari manfaat lainnya adalah sungai dapat menjadi salah satu energy yang dapat dimanfaatkan sebagai pembangkit listrik. Adalah pembangkit listrik tenaga air atau PLTA, yang merupakan pemanfaatan sungai sebagai pembangkit listrik. Derasnya aliran sungai dimanfaatkan untuk memutar kincir air, sehingga kincir air ini akan menyebabkan aktifnya generator pada pembangkit listrik, dan kemudian akan menghasilkan listrik yang dapat disuplai untuk kebutuhan sehari – hari.

Namun demikian, cukup disayangkan karena meskipun Indonesia memiliki banyak sekali sungai, hanya sedikit sungai yang dimanfaatkan sebagai pembangkit listrik tenaga air.

  1. Pusat dari ekosistem

Ekosistem merupakan suatu kumpulan tempat tinggal dari makhluk hidup dan segala pendukungnya. Secara umum ada beberapa ekosistem yang ada, seperti ekosistem laut, daratan, gurun dan juga sungai.

Daru segi biologis, sungai dapat menjadi rumah bagi segala makhluk hidup yang tinggal dalam ekosistemnya. Jenis ikan – ikan dan tanaman air merupakan salah satu contoh manfaat sungai sebagai pusat dari ekosistem yang ada.

  1. Mencari nafkah

Sungai juga sering dimanfaatkan sebagai sumber nafkah dari berbagai kalangan masyarakat. Dengan kandungan dan keanekaragaman hayati yang banyak, sungai dapat menjadi sumber rezeki. Katakanlah nelayan, yang memanfaatkan sungai sebagai tambak dan juga lokasi untuk memanen ikan untuk kemudian dijual lagi.

Atau bisa juga penambang – penambang batu kali yang menggantungkan hidupnya dengan cara mencari dan menambang batu di sungai – sungai. Berikut ini beberapa jenis mata pencaharian yang memanfaatkan sungai :

  • Nelayan pencari ikan
  • Tambak ikan (berternak ikan)
  • Penambang batu kali
  • Penambang pasir
  • Penambang emas
  • Penambang mineral – mineral bumi lainnya, seperti timah dan sebagainya.
  1. Sumber bahan konsumsi

Selain sebagai salah satu sumber mata pencaharian, beberapa keanekaragaman hayati yang ada di sungai dapat menjadi bahan konsumsi, baik bagi manusia dan makhluk hidup lainnya. Banyak sekali manusia dan hewan yang menggantungkan konsumsi sehari – hari dengan menggunakan sungai. Biasanya bahan konsumsi yang paling umum ditemukan pada sungai ialah jenis ikan – ikan air tawar yang sangat bergizi tinggi bagi kesehatan kita.

  1. Tempat rekreasi

Selain fungsi hutan bakau, anda juga dapat memanfaatkan sungai jika anda merasa bosan dan penat dengan aktivitas anda sehari – hari. Kalau begitu anda harus mencoba bersenang – senang dan berekreasi ke daeraha sungai. Banyak sekali jenis hiburan yang bisa anda dapatkan ketika anda berada di sungai. Berikut ini adalaha beberapa jenis hiburan dan rekreasi yang dapat anda lakukan ketika anda berada di sungai :

  • Berenang
  • Bermain air
  • Arung jeram
  • Piknik
  1. Lokasi mencari ketenangan dan relaksasi

Beberapa orang memanfatkan sungai sebagai lokasi yang tepat untuk mencari ketenangan dan mendapatkan pencerahan. Hal ini disebabkan oleh suara air sungai dan juga suara aliran sungai yang dapat memberikan efek relaksasi bagi tubuh anda. suara aliran sungai ini juga memiliki manfaat untuk :

  • Menghilangkan stress dan depresi
  • Relaksasi

Sejak daman dahulu beberapa sungai dipercaya memiliki kekuatan magis, shingga banyak kalangan masyarakat yang melakukan kegiatan bertapa dan meditasi pada daerah pinggir sungai dan hulu sungai. Alasannya adalah alasan spiritual dan untuk mencapai tingkat kehidupan yang baik lagi.

  1. Untuk kebutuhan sehari – hari

Sungai juga memiliki manfaat yang sangat penting untuk pemenuhan kebutuhan sehari – hari. Selain seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, yaitu sungai dapat menjadi sumber mata pencaharian dan sumber bahan konsumsi, manfaat lain dari sungai terdapat pada pemenuhan kebutuhan sehari – hari, seperti :

  • Mandi
  • Mencuci dan membersihkan
  • Untuk keperluan MCK
  • Diambil airnya untuk keperluan air minum dan keperluan rumah tangga sehari – hari

Namun demikian, manfaat sungai sebagaimana disebutkan diatas sudah agak ditinggalkan karena modernisasi. Meskipun demikian, bagi anda yang memiliki rumah di pinggir sungai – sungai besar, hal ini masi sering menjadi kebiasaan.

  1. Mencegah banjir

Sungai merupakan salah satu faktor lingkungan yang dapat mengatur munculnya penyebab banjir atau air bah. Apabila sungai memiliki kedalaman tertentu yang baik dan terawatt, maka kondisi ini dapat mengurangi resiko banjir pada suatu daerah. Sudah banyak sekali kasus banjir yang terjadi sebagai akibat dari meluapnya sungai. Maka dari itu kondisi sungai yang baik dan terawatt dapat membantu mencegah banjir.

Itulah beberapa manfaat sungai bagi kita dan lingkungan sekitar. Marilah kita melestarikan keberadaan sungai yang ada di sekitar kita agar menjadi lebih bermanfaat bagi kehidupan kita. Semoga artikel ini bermanfaat

Recent Posts

5 Letusan Gunung Berapi Paling Dahsyat Di Indonesia

Siapa sangka ternyata negara Indonesia memiliki sejarah tentang letusan gunung berapi cukup banyak. Diketahui jika…

5 months ago

6 Letusan Gunung Berapi Paling Dahsyat Di Dunia

Hampir sebagian besar gunung berapi yang ada di dunia pernah mengalami  erupsi atau letusan. Setiap…

5 months ago

4 Gunung Indonesia Yang Bersalju

Negara Indonesia merupakan negara iklim tropis dan hanya memiliki dua musim saja, yakni musim kemarau…

5 months ago

5 Gunung Yang Ada Di Tengah Laut

Gunung merupakan sebuah daerah yang sangat menonjol dibandingkan dengan sekitarnya dan dapat mencapai tinggi lebih…

5 months ago

9 Gunung Paling Angker di Indonesia

Gunung memiliki keindahan dan pesonanya tersendiri terutama bagi para pecinta alam. Namun siapa sangka dibalik…

5 months ago

Kenapa Warna Air Danau Kelimutu Berubah-Ubah?

Nusa Tenggara Timur merupakan sebuah provinsi di negara Indonesia yang memiliki keindahan alam yang sangat…

6 months ago