Gunung

4 Gunung Indonesia Yang Bersalju

Negara Indonesia merupakan negara iklim tropis dan hanya memiliki dua musim saja, yakni musim kemarau dan musim penghujan. Namun pada kenyataannya beberapa tempat di negara ini memiliki salju dan selalu ada sepanjang tahun.

Tempat ditemukannya salju ini berada di kawasan pegunungan. Seperti yang diketahui, negara Indonesia memiliki banyak jenis gunung yang tersebar mulai dari ujung pulau Sumatera, pulau Jawa, Bali, Nusa Tenggara Barat hingga Papua.

Dan gunung-gunung yang berada di Papua merupakan satu-satunya gunung bersalju di Indonesia. Berikut daftar gunung di Indonesia yang memiliki salju.

1. Puncak Jaya

Puncak Jaya merupakan salah satu gunung bersalju dan menjadi bagian dari Pegunungan Barisan Sudirman. Gunung ini memiliki tinggi mencapai 4.884 meter di atas permukaan laut. Dengan tinggi yang dimilikinya menjadikan Puncak Jaya sebagai gunung paling tinggi di Indonesia.

Gunung ini selalu diselimuti oleh salju atau biasa disebut sebagai gletser dan menjadi fenomena alam yang luar biasa. Bahkan keberadaan salju di Puncak Jaya merupakan satu-satunya gletser tropis di Asia.

Adanya perubahan iklim terutama pemanasan global, membuat gletser mencair. Tercatat di tahun 2010, ketebalan gletser Puncak Jaya sekitar 32 meter dan terus mengalami penipisan setiap tahunnya hingga mencapai 7 meter.

Pendakian ke gunung ini tidaklah mudah dan hanya sedikit orang yang berhasil mencapai puncak. Hal ini dikarenakan Puncak Jaya tertutup oleh salju sehingga untuk dapat mencapai bagian puncak haruslah dilakukan bersama-sama dengan cara berjalan atau trekking.

2. Puncak Sumantri

Gunung Indonesia yang juga memiliki salju yakni Puncak Sumantri yang masuk ke dalam wilayah Papua Barat, tidak jauh dari Gunung Puncak Jaya. Puncak Sumantri memiliki tinggi mencapai 4.870 meter di atas permukaan laut dengan jenis puncak yang amat tajam.

Salju yang berada di bagian puncaknya memberikan keindahan warna tersendiri untuk Puncak Sumantri yang batuannya berwarna abu kehitaman.

Meskipun begitu, keberadaan salju pada Puncak Sumantri terus mengalami penipisan bahkan hanya ditemukan beberapa titik saja. Hal ini  diakibatkan pemanasan global yang terjadi di planet Bumi beberapa dekade silam.

3. Puncak Carstensz Timur

Puncak Carstensz Timur masuk ke dalam kelompok pegunungan Jayawijaya yang masih satu lokasi dengan Puncak Jaya. Gunung ini mempunyai tinggi mencapai 4.840 meter di atas permukaan laut.

Untuk meraih Puncak Carstensz Timur, jalur yang harus ditempuh tidaklah mudah. Ada banyak perlengkapan yang harus dipersiapkan mulai dari jaket khusus untuk melindungi tubuh dari hujan es dan dinginnya suhu udara, sepatu es, tali, martil dan lain sebagainya.

Hal ini bukan tanpa alasan, sebab Puncak Carstensz Timur adalah tebing berbatu yang sangat terjal, sehingga hanya pendaki profesional saja yang diizinkan melakukan pendakian ke gunung ini.

4. Pucak Mandala

Gunung Puncak Mandala menjadi gunung berikutnya yang lokasinya berada di kawasan Barisan Sudirman wilayah Pegunungan Jayawijaya, Papua. Tingginya mencapai 4.720 meter di atas permukaan laut dan masuk sebagai salah satu gunung tertinggi di Indonesia.

Bagian puncak dari Puncak Mandala terselimuti oleh salju atau gletser karena lokasinya yang berada sangat tinggi dari permukaan laut. Sayangnya keberadaan gletser tersebut terus mengalami penyusutan akibat pemanasan global.

Untuk dapat mencapai Puncak Mandala dibutuhkan peralatan pendakian lengkap dan biaya yang tidak sedikit. Tidak hanya itu, dibutuhkan kesiapan fisik yang kuat sebab cuaca di sekitar gunung yang cukup ekstrim, mulai dari hujan es hingga disertai angin yang cukup kencang.

Recent Posts

5 Letusan Gunung Berapi Paling Dahsyat Di Indonesia

Siapa sangka ternyata negara Indonesia memiliki sejarah tentang letusan gunung berapi cukup banyak. Diketahui jika…

7 months ago

6 Letusan Gunung Berapi Paling Dahsyat Di Dunia

Hampir sebagian besar gunung berapi yang ada di dunia pernah mengalami  erupsi atau letusan. Setiap…

7 months ago

5 Gunung Yang Ada Di Tengah Laut

Gunung merupakan sebuah daerah yang sangat menonjol dibandingkan dengan sekitarnya dan dapat mencapai tinggi lebih…

8 months ago

9 Gunung Paling Angker di Indonesia

Gunung memiliki keindahan dan pesonanya tersendiri terutama bagi para pecinta alam. Namun siapa sangka dibalik…

8 months ago

Kenapa Warna Air Danau Kelimutu Berubah-Ubah?

Nusa Tenggara Timur merupakan sebuah provinsi di negara Indonesia yang memiliki keindahan alam yang sangat…

8 months ago

6 Gunung Yang Masih Aktif di Sumatera

Pulau Sumatera merupakan salah satu pulau besar yang dimiliki oleh negara Indonesia. Pulau ini berdekatan…

8 months ago